taupasar.com

we read, we create and we share it.

Yuk, Intip 9+ Tips Mengatur Keuangan Bisnis yang Paling Direkomendasikan

Yuk, Intip 9+ Tips Mengatur Keuangan Bisnis yang Paling Direkomendasikan

Berbisnis merupakah salah satu upaya yang dilakukan sebagian orang untuk mendapatkan penghasilan. Orang-orang menjadikan bisnis sebagai mata pencaharian utama dan juga sebagai usaha sampingan. Bisnis pun memiliki beragam jenis, mulai dari bidang pengadaan barang hingga di bidang pelayanan jasa.
Tips Mengatur Keuangan
Agar bisnis tetap berjalan lancar dan mendatangkan penghasilan bagi para pelaku bisnis, tentu harus didasari dengan strategi yang tepat. Banyak strategi yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis yang dimilikinya, salah satunya adalah dengan menerapkan tips mengatur keuangan bisnis . 

Mengatur keuangan pada bisnis tentu menjadi hal yang penting sekali untuk diperhatikan. Selain dapat dijadikan sebagai pengembang bisnis, hal tersebut juga berpotensi mendatangkan investor untuk berinvestasi pada bisnis yang sedang ditekuni. Jika Anda penasaran dengan caranya, simak pembahasannya di bawah ini.

Memiliki Pengetahuan Dasar Pengelolaan Keuangan

Tips pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mendalami pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan dalam bisnis. Di dalam dunia bisnis, terdapat empat dasar laporan keuangan yang penting untuk diketahui. Di antara dasar laporan keuangan tersebut adalah:
  • Laporan penghasilan
  • Laporan arus kas
  • Laporan neraca
  • Laporan modal
Jika Anda dapat mempelajarinya dengan seksama, maka Anda dapat menentukan langkah selanjutnya yang tepat untuk mengembangkan bisnis. 

1. Melakukan Perencanaan yang Baik

Segala sesuatu dapat berjalan dengan baik jika memiliki perencanaan yang matang. Hal ini juga berlaku di dunia bisnis. Jika Anda menginginkan bisnis yang berkembang, maka lakukanlah perencanaan yang baik dan matang, terutama untuk poin keuangan. 

Anda dapat mengatur pengeluaran keuangan untuk hal-hal yang telah dianggarkan sebelumnya. Kemudian, jangan lupa untuk mencatat pemasukan agar arus kas tetap stabil. Dengan begitu, keuangan suatu bisnis atau perusahaan dapat diukur dan dipantau dengan baik.

2. Membuat Anggaran secara Rutin

Pembuatan anggara memiliki keterkaitan yang erat dengan perencanaan yang matang. Tujuan dari pembuatan anggaran ini adalah untuk membatasi pengeluaran agar tidak membengkak. Anggaran suatu bisnis dapat dibuat setiap bulan atau setiap minggu. Jika anggaran dibuat secara teratur, maka efisiensi sebuah usaha pun dapat meningkat seiring berjalannya waktu.

Saat Anda akan membuat anggaran, jangan lupa untuk mempertimbangkan catatan yang terdapat pada buku kas. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui anggaran yang akan ditambah dan juga dikurangi. Anda juga harus dapat memastikan antara anggaran yang akan dibuat dengan anggaran sebelumnya agar memiliki kesinambungan satu sama lainnya.

3. Mengawasi Arus Kas Keuangan

Tips selanjutnya saat mengatur keuangan bisnis adalah dengan mengawasi arus kas keuangan. Hal ini bertujuan agar bisnis atau perusahaan tidak mengalami kebocoran. Tips yang satu ini tentu memiliki dasar ilmu akuntansi yang baik sehingga arus kas pun dapat teratasi dengan baik.

4. Melakukan Pemutaran Arus Kas

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan ketika mengatur keuangan bisnis adalah dengan memutar arus kas lebih cepat. Hal ini penting sekali untuk dilakukan karena jika perputaran arus kas melambat, maka akan berpengaruh pada aspek bisnis yang lainnya. Oleh karena itu, usahakan agar arus kas bisnis yang dimiliki berjalan dengan seimbang.

5. Mengembangkan Usaha dengan Memanfaatkan Laba

Laba atau keuntungan yang didapatkan dari suatu bisnis tentu harus digunakan dengan efisien, salah satunya adalah untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Anda dapat menyiasatinya dengan menyisihkan minimal 10% dari laba untuk ditambahkan ke dalam modal usaha. Dengan begitu, maka bisnis yang sedang dijalani pun dapat berkembang seiring berjalannya waktu.

6. Memisahkan Uang Bisnis dengan Uang Pribadi

Tips jitu lainnya dalam mengatur keuangan bisnis adalah dengan memisahkannya dari uang pribadi yang dimiliki. Tujuan utama dari langkah yang satu ini adalah agar Anda terhindar dari memakai uang bisnis untuk keperluan pribadi.

Banyak ditemukan bisnis yang terpaksa gulung tikar karena tidak terlalu memperhatikan pemisahan uang bisnis ini. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan pemisahan, bahkan jika perlu membuat dua rekening yang berbeda untuk bisnis dan keperluan pribadi. Tanamkan juga komitmen di dalam diri Anda untuk tidak menggunakan kas usaha dalam memenuhi kebutuhan pribadi.

7. Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat menjadi salah satu hal penting bagi para pelaku bisnis. Hal ini sangat penting untuk disiapkan bahkan sebelum Anda memutuskan untuk membuka usaha. Anda juga dianjurkan untuk menyimpannya secara bijak agar tidak terpakai oleh hal yang tidak begitu penting. 

Penting sekali untuk diingat bahwa jangan menggunakan dana darurat ini jika situasi yang Anda hadapi masih dapat dikendalikan dan diselesaikan.

8. Memperhatikan Harta, Utang, dan Modal

Tiga hal yang tak kalah penting di dunia bisnis adalah harta, utang, dan juga modal. Anda harus memiliki catatan yang jelas mengenai tiga hal tersebut agar terhindar dari pembayaran ganda atau klaim secara sepihak oleh pemberi atau penerima utang. Patikan juga untuk melakukan pengecekan secara berkala agar tidak ada barang yang hilang tanpa disadari.

Simak juga informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah beberapa tips mengatur keuangan bisnis yang dapat Anda lakukan selaku pelaku bisnis. Hal-hal tersebut di atas dapat dilakukan secara bersamaan dan juga berurutan agar bisnis yang dimiliki dapat berkembang setiap harinya. 
Related Posts