taupasar.com

we read, we create and we share it.

Memahami Lebih Jauh Kegunaan Laporan Keuangan Bisnis, Yuk Simak Di Sini!

Memahami Lebih Jauh Kegunaan Laporan Keuangan Bisnis, Yuk Simak Di Sini!

Bagi Anda yang sedang menekuni dunia bisnis, tentu saja banyak hal yang harus diperhatikan agar bisnis tetap berjalan dengan lancar. Hal-hal tersebut dapat meliputi yang sederhana hingga yang paling kompleks, salah satunya adalah perihal keuangan. Keuangan memang menjadi hal penting karena nantinya akan mempengaruhi banyak aspek di dalam bisnis.
Kegunaan Laporan Keuangan
Agar keuangan di dalam bisnis menjadi lancar, penting sekali untuk memahami kegunaan laporan keuangan bisnis. Adanya laporan keuangan tidak hanya berpengaruh pada kondisi keuangan, tetapi juga pada kinerja karyawan, perubahan posisi keuangan perusahaan, hingga cara pengusaha dalam mengambil keputusan untuk bisnis yang sedang dijalankan.

Lalu, apa saja kegunaan laporan keuangan bisnis yang lainnya? Simak pembahasannya di bawah ini.

Apa itu Laporan Keuangan Bisnis?

Laporan keuangan bisnis merupakan suatu dokumen yang memuat informasi tentang suatu keadaan keuangan dalam bisnis atau perusahaan pada masa periode tertentu. Di dalam laporan tersebut memuat banyak informasi penting, seperti neraca, laba rugi, hingga laporan perubahan ekuitas. 

Laporan keuangan ini dibuat oleh beberapa pihak internal di dalam bisnis, salah satunya adalah akuntan atau accounting staff. Akuntan ini memiliki tanggung jawab dalam menyusun laporan keuangan suatu perusahaan. Kemudian, laporan keuangan tersebut dipresentasikan dan dipertanggungjawabkan di hadapan direktur dan jajaran pemilik bisnis atau perusahaan.

Apa Kegunaan Laporan Keuangan Bisnis?

Setelah mengetahui pengertian laporan keuangan bisnis, di bawah ini merupakan manfaat adanya laporan keuangan bagi para pelaku bisnis atau perusahaan.

1. Memisahkan dengan Jelas Antara Aset Bisnis dan Aset Pribadi

Dengan adanya laporan keuangan bisnis, pelaku usaha dapat memisahkan antara aset pribadi dengan aset bisnis yang dimilikinya. Hal ini tentu sangat penting untuk dilakukan karena dapat meminimalisir risiko pada bisnis yang sedang dijalani. Tidak hanya itu, pemisahan aset ini juga dapat membuat perusahaan lebih profesional dalam menjalankan bisnis.

2. Memiliki Tolak Ukur untuk Pengambilan Keputusan

Kegunaan lainnya dari membuat laporan keuangan adalah proses pengambilan keputusan menjadi lebih terarah. Jika terjadi perkembangan pada perusahaan, maka pelaku bisnis dapat memilih strategi yang lebih baik untuk tahun selanjutnya. Begitupun jika adanya penurunan, maka pelaku usaha pun harus segera bertindak agar tidak rugi di masa depan.

Selain itu, adanya laporan keuangan bisnis pun menjadi hal yang bermanfaat bagi manajemen perusahaan. Hal ini tidak lain karena dapat dijadikan sebagai acuan dalam membeli aset, menaikkan gaji karyawan, mencari tambahan modal, menambah pinjaman, pembagian dividen, hingga pembagian bonus. Oleh karenanya, penting sekali untuk memperhatikan laporan keuangan bisnis bagi berbagai pihak yang terlibat di dalamnya.

3. Berkesempatan Mendapatkan Pinjaman Modal

Peminjaman modal tentu bukanlah hal asing bagi sebagian pelaku bisnis. Hal ini dilakukan sebagai pemutaran keuangan agar tetap stabil. Peminjaman modal ini tentu memiliki tujuan yang jelas, salah satunya agar bisnis dapat berjalan lancar. 

Jika Anda sebagai pelaku bisnis menginginkan penambahan untuk pinjaman modal, maka buatlah laporan keuangan bisnis yang jelas terlebih dahulu. Dengan laporan keuangan yang baik dan rinci, maka kreditur pun akan bertindak cepat dalam memberikan pinjaman modal kepada para pelaku usaha.

4. Sumber Informasi untuk Perhitungan Pajak

Pelaku bisnis atau pemilik perusahaan tentu sudah tidak asing dengan adanya perhitungan pajak. Besaran nominal pajak yang harus dibayarkan mengacu pada laporan keuangan yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk memastikan laporan keuangan bisnis memiliki kebenaran yang jelas, sehingga tidak akan ada perusahaan maupun pihak lainnya yang merasa dirugikan.

5. Melihat Jumlah Keuntungan yang Didapatkan

Bagi para pelaku bisnis atau pemilik perusahaan, melihat jumlah keuntungan sangat diperlukan. Hal ini sangat berpengaruh pada kepercayaan investor dalam menanamkan investasi atau memberi modal kepada bisnis yang sedang Anda tekuni.

Oleh karena itu, pastikanlah agar perusahaan Anda memperhatikan laporan keuangan dengan cermat dan teliti, sehingga bisnis yang sedang dijalankan pun dapat semakin berkembang.

6. Mengetahui Potensi Penjualan

Di dalam laporan keuangan bisnis, tentu akan ditemukan poin produk yang paling banyak dijual. Hal ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk meningkatkan penjualan pada produk tersebut.

Tidak hanya itu, Anda pun dapat melakukan inovasi lainnya sehingga bisa mendapatkan peluang bisnis pada produk yang lainnya. Dengan begitu, pemasukan bisa saja bertambah karena adanya potensi penjualan yang dibuat.

7. Menganalisis Perputaran Utang dan Piutang

Kegunaan laporan keuangan bisnis yang lainnya adalah Anda dapat melakukan analisa pada utang dan piutang yang sedang berjalan. Utang dan piutang tentu tidak akan terpisah denga bisnis, hal ini karena adanya ketergantungan erat di antara keduanya. 

Untuk membuat utang dan piutang menjadi lebih efisien, diperlukan adanya laporan keuangan bisnis. Oleh karenanya, cermatilah laporan keuangan bisnis, sehingga Anda dapat mengelola utang dan piutang dengan jelas.

SImak informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah pengertian dan beberapa manfaat mengenai kegunaan laporan keuangan bisnis. Dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan dan bisnis memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Dengan begitu, para investor pun bisa memberikan kepercayaan pada bisnis yang sedang Anda jalankan.
Related Posts