taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Contoh Inovasi Bisnis Digital dan Cara Mengembangkankan Bagian Marketing

5 Contoh Inovasi Bisnis Digital dan Cara Mengembangkankan Bagian Marketing

Tanpa kita sadari peradaban manusia kini semakin berubah karena mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih. Maka tak heran, perubahan itu mampu mempengaruhi sektor industri sehingga alami perubahan dari waktu ke waktu.
Contoh Inovasi Bisnis
Akibat perubahan itu masyarakat mengenalnya dengan sebutan Revolusi Industri yang merupakan salah satu tahapan perkembangan teknologi. Teknologi yang semakin canggih juga membuat pelaku bisnis tidak ketinggalan untuk memanfaatkannya.

Kehadiran inovasi bisnis digital yang menggunakan teknologi canggih mulai dari proses produksi bahkan mencakup bagian pemasaran. Tentu saja, bagi generasi muda hal ini harus mereka ketahui mengingat perkembangan bisnis digital yang berkembang pesat.

Perlu untuk diketahui, inovasi bisnis digital tidak hanya berlaku pada penjual produk digital saja, karena bisa lebih dari itu. Bisnis digital ini mencakup semua jenis usaha yang mana menjual produk barang atau jasa secara  online, dan baik itu menggunakan website atau aplikasi.

Meskipun dapat dikatakan bahwa peluang bisnis digital cukup besar, namun sebagian pebisnis di Indonesia justru tidak menyadarinya terutama pebisnis di kalangan tua. Pengguna internet kini lebih didominasi kalangan anak muda bahkan memimpin pasar internet seperti perusahaan E-Business atau E-Commerce. 

Hal inilah kenapa pebisnis dari  kalangan tua tidak mengetahui bisnis digital ini karena mereka tidak bersentuhan dengan internet bahkan komputer. Sebagai informasi penggunaan internet dalam bisnis itu memiliki banyak keuntungan yang akan didapat perusahaan dan pelaku bisnis.

Misalnya seperti transaksi yang tidak ada batas ruang dan waktu, komunikasi dengan pelanggan lebih informatif, pemasaran lebih mudah, serta dapat meminimalisir biaya produksi. Inilah yang membuat bisnis digital dapat membantu menemukan relasi dan menambah jumlah produksi barang dagang atau jasa.

Maka dari itu, sangat diperlukan inovasi bisnis digital dengan analisis yang tepat baik dalam riset produk maupun segi pemasaran. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan ide untuk mengembangkan produk dengan pertimbangan sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan. 

Meskipun kamu bisa mendapatkan berbagai informasi tentang inovasi bisnis digital dari internet. Kamu harus tetap menggunakannya secara bijak, jangan sampai kamu hanya bergantung dengan teknologi saja. 

Jadikanlah internet sebagai inspirasi dalam suatu inovasi, untuk mengembangkan dan menemukan kreativitas. Berikut ini ada 5 contoh bentuk inovasi bisnis digital yang perlu kamu ketahui agar bisnis kamu bisa semakin berkembang dan sukses.

5 Contoh Inovasi Bisnis Digital

1. Jual Beli Produk

Tahukah kamu jual beli produk berbasis digital tidak berbentuk fisik, melainkan berbentuk gambar, audio, video, ebook, perangkat lunak, dan lain-lain. Produk-produk tersebut akan diubah kedalam bentuk file sehingga dapat dikirim melalui Internet.

Karena menyukai hal-hal yang praktis, permintaan jual beli masyarakat pada produk digital akan semakin meningkat. Jadi, inovasi bisnis digital ini tidak hanya praktis, tetapi juga ramah lingkungan karena tidak membuang waktu, tenaga, dan tidak ada barang terbuang sia-sia. 

Contohnya, daripada membeli buku cetak yang memakan banyak tempat, memilih ebook lebih praktis karena bisa disimpan di dalam komputer dan hp.

2. Pembuatan Website dan Aplikasi Mobile

Beralihnya ke sistem bisnis digital, pastinya setiap pelaku usaha membutuhkan website dan aplikasi mobile. Keperluan website pun tidak bakal surut karena instansi pemerintah, perusahaan dan platform berita semuanya memerlukan website.

Aplikasi mobile yang merupakan bagian inovasi bisnis digital ini juga memenuhi kebutuhan bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan suatu usaha. Kamu bisa membuat sebuah aplikasi yang bisa melayani kebutuhan komunitas seperti permainan, pendidikan, musik, komunikasi, dan lain-lain.

3. Perbankan Digital

Dahulu orang-orang biasanya menyimpan uang di celengan, dompet, bahkan di bawah bantal. Dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi, hal itu sudah diubah dalam bentuk bank digital.

Bank digital ini sebagai pemasaran melalui saluran elektronik, khususnya aplikasi mobile banking. Bank digital tidak memiliki cabang, hanya ada kantor pusat, dan semua perbankan pelanggan dilakukan secara online. 

Melakukan pembayaran dalam inovasi bisnis digital akan mempromosikan penggunaan e-money bahkan juga bekerja sama dengan merchant. Sebuah bank digital memiliki banyak keuntungan. Melalui aplikasi mobile, pelanggan bisa melakukan pembayaran tagihan secara online.

4. Layanan Bidang Kesehatan 

Siapa sangka kini layanan bidang kesehatan juga beralih secara online, sehingga kamu bisa konsultasi dan minta obat resep tanpa ke rumah sakit. Layanan kesehatan tidak hanya memberikan saran kesehatan dari dokter saja, tetapi berbagi informasi kesehatan melalui situs web maupun blog yang dimilikinya.

5. Layanan Pembuatan Konten Optimisasi Mesin Pencari (SEO)

Perlu diketahui, hampir seluruh platform bisnis saat ini telah menerapkan SEO (Search Engine Optimization) untuk menarik konsumen. Optimisasi mesin pencari (SEO) merupakan serangkaian strategi yang diterapkan untuk mencapai posisi yang lebih tinggi di mesin pencari.

Biasanya Pengguna hanya mengunjungi situs web yang berada di halaman pertama atau baris pertama pencarian Google. Oleh karena itu, semua merek situs web bersaing menerapkan strategi SEO agar pengunjung tetap terlibat.

Zaman sekarang yang merupakan Era Industri 4.0, inovasi bisnis digital akan bekerja di mana-mana baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Kelima bidang ini hanyalah beberapa dari bisnis digital yang ada dalam skala besar di zaman sekarang.

Selain 5 contoh tadi, kamu juga dapat mengembangkan inovasi bisnis digital serupa sebagai solusi kebutuhan dan keinginan masyarakat saat ini. Dalam inovasi bisnis digital tentunya kaku harus tahu bagaimana cara pemasaran yang tepat agar bisnis kamu bisa berkembang dengan pesat.

Cara Pemasaran yang Tepat

1. Influencer

Menggunakan jasa influencer termasuk bagian inovasi bisnis digital agar pemasaran produk atau jasa semakin berkembang. Karena jasa influencer ini mampu meningkatkan jumlah konsumen dan mendongkrak dan memperkuat suatu brand dari bisnis yang dijalankan. Influencer yang siap membantu promosikan suatu bisnis ini dianggap menjadi tren yang kerap dilakukan pelaku bisnis.

2. Video Marketing

Inovasi bisnis digital dibidang marketing ini dengan menggunakan video marketing yang menjadi sarana dalam mempromosikan suatu produk. Hal ini juga memudahkan konsumen dalam mempelajari produk yang mereka inginkan. 

Menggunakan cara ini kamu harus bisa membuat video kreatif, hal ini bertujuan untuk menarik pelanggan untuk menjadi konsumen setia.

3. Direct Message

Sudah tidak diragukan lagi bahwa sosial media menjadi platform yang sering digunakan untuk berbelanja baik kalangan muda maupun kalangan tua. Banyaknya pengguna belanja online pastinya tidak asing dengan direct message (DM).

Fitur ini memudahkan menjangkau pelanggan. Ketika menemukan sebuah produk yang diinginkan, pelanggan langsung chat lewat DM. 

Simak informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai 5 contoh inovasi bisnis digital dan bagaimana cara mengembangkan bisnis yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat dan juga bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk bisnis digital yang akan kamu rintis, semoga sukses.
Related Posts