taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Jenis Bisnis Waralaba Paling Populer di Indonesia: Brand Lokal Hingga Internasional

7 Jenis Bisnis Waralaba Paling Populer di Indonesia: Brand Lokal Hingga Internasional

Bisnis waralaba atau biasa dikenal juga dengan franchise adalah suatu jenis usaha yang terbilang cukup banyak diminati saat ini. Hal itu sebab dengan bisnis tersebut kita tidak perlu membangun sebuah brand atau menyiapkan barang untuk dijual. Hanya dengan memiliki modal yang cukup dan siap memulai bisnis. Namun sebelumya Anda harus sudah memiliki tujuan dalam berbisnis.
Bisnis Waralaba Populer
Namun, jika Anda masih bingung mengambil bisnis apa yang akan diambil, tidak perlu khawatir. Berikut akan dijelaskan jenis bisnis waralaba paling populer di Indonesia. Banyaknya yang memilih bisnis waralaba ini sebab keuntungannya juga tidak main-main. Bahkan dengan caranya yang mudah dan lebih simpel juga memudahkan para penggunanya.

Ada juga istilah dalam bisnis waralaba ini yang perlu Anda ketahui sebelum memulai. Franchise merupakan istilah yang memang sering digunakan, artinya yaitu bisnis waralaba. Selain itu ada juga Franchisee, istilah ini digunakan bagi penerima waralaba. Penerima waralaba ini mencakup pihak yang akan menggunakan dan memanfaatkan nama, menjual produk dari pihak lain.

Selain itu ada juga istilah Franchisor yang artinya pihak yang memberi izin untuk menjual, menggunakan hak dan memasarkan produk yang mereka miliki atau biasa disebut pewaralaba. Istilah tersebut memang cukup penting untuk Anda ketahui sebelum mengetahui jenis bisnis waralaba paling populer di Indonesia. Hal itu agar Anda tidak kesulitan dalam berproses ataupun memahami setiap tahapnya.

Jenis Bisnis Waralaba Secara Umum

Secara umum bisnis waralaba ini terbagi menjadi 3 jenis. Dimana jenis umum ini berdasarkan barang yang di perjual belikan. Dengan begitu jenis bisnis waralaba secara umum ini memang perlu diketahui agar bisa memilih sesuai keinginan. Berikut 3 jenis bisnis waralaba yang perlu Anda ketahui dan pilih sesuai keinginan serta tujuan melakukannya.

1. Waralaba Produk

Jenis bisnis waralaba paling populer di Indonesia ini menawarkan sebuah produk atau benda tertentu untuk dijual. Contoh produk yang dijual waralaba ini antara lain, seperti minuman tahi tea, fried chicken, coffee shop, kedai kebab dan masih banyak lagi. Sehingga waralaba produk ini memang sudah banyak dipilih karena selain mudah, hasilnya juga cukup menjanjikan.

2. Waralaba Jasa

Selanjutnya ada juga jenis waralaba jasa, produk yang ditawarkannya ini dalam bentuk barang. Maka sudah pasti waralaba jasa ini menawarkan atau menjual produk dalam bentuk layanan jasa tertentu. Contoh dari waralab jasa ini, yaitu salon, pelatihan, tempat les dan lain sebagainya. Waralaba jasa ini juga cukup menjanjikan dengan memberikan jasa tertentu sesuai kemampuan.

3. Waralaba Gabungan

Jenis bisnis waralaba paling populer di Indonesia ini merupakan penggabungan atau pencampuran dari waralaba produk dan waralaba jasa. Sehingga produk yang ditawakan oleh waralaba gabungan ini adalah sebuah layanan jasa yang juga menyediakan produk untuk dijual. 

Contoh bisnis waralaba gabungan ini adalah tempat les yang juga menyediakan produk berupa alat tulis untuk para muridnya. Sehingga keuntungan yang didapatkan juga double tentunnya.

Ketiga jenis waralaba tersebut yang nantinya harus Anda pilih untuk bisa memulai bisnis. Jenis waralaba tersebut tentunya menjanjikan, yang menentukan keberhasilannya adalah usaha yang Anda lakukan. Pilih jenis waralaba diatas seuai dengan tujuan, keinginan dan minat yang Anda miliki. Dengan begitu bisnis yang akan Anda jalannkan bisa berjalan dengan sangat baik.

Jenis Bisnis Waralaba Berdasarkan International Franchise Association

Jenis bisnis waralaba paling populer di Indonesia dikelompokkan menurut International Franchise Association (IFA). International Franchise Association (IFA) ini merupakan hubungan kontrak antara franchisor dan franchisee dalam bisnis waralaba. Berikut beberapa jenis bisni waralaba berdasarkan International Franchise Association (IFA).

1. Product Franchise

Pertama ada product franchise yang merupakan sebuah usaha waralaba dimana pemilik dari brand akan memiliki kontrol penuh terhadap pihak yang mendistribusikan produknya. Dimana nantinya pihak pemiliki dan pendistributor tersebut akan memiliki kesepakatan, yaitu franchise atau pebisnis waralaba akan mendapatkan hak penuh untuk menggunakan merek dan hak cipta.

2. Manufacturing Franchise

Jenis bisnis waralaba paling populer di Indonesia, manufacturing franchise ini merupakan sebuah hak yang dimiliki franchise untuk membuat suatu produk dari brand tertentu. Dimana brand tersebut harus yang dimiliki franchisor kita sebagai pebisnis waralaba yang berhak mencampur dan mengolah bahan baku yang disediakan pemilik brand tersebut.

3. Bussines Opportunity Ventures

Bussines Opportunity Ventures ini yang mewajibkan kita untuk membeli dan melakukan pendistribusian atau pemasaran produk yang berasal dari perusahaan tertentu. Jadi jenis waralaba satu ini cukup simple, dimana Anda hanya perlu melakukan pemasaran produk yang sudah tersedia pada perusahaan tertentu dengan menentukan target pasar terbaik.

4. Bussines Format Franchising

Jenis bisnis waralaba paling populer di Indonesia selanjtunya yaitu Bussiness Fromat Franchising. Jenis waralaba satu ini, merupakan bisnis yang bisa dibilang sebagai suatu format yang menyeluruh atau lengkap. Jenis waralaba Bussines Format Franchising ini akan menjual produk milik franchisor dengan menjalankan suatu kesepakatan dan sistem yang disesuaikan.

Ada juga manfaat dari bisnis waralaba ini yang akan Anda dapatkan. Untuk Franchisee atau penerima waralaba, keuntungan utamanya yaitu akses ke merek terkenal, dukungan oprasional berkelanjutan termasuk akses ke pemasok dan pelatihan karyawan, serta dukungan dalam mendirikan bisnis menggunakan manual oprasi yang standar dari perusahaan induk.

Banyaknya jenis bisnis waralaba paling populer di Indonesia membuat banyak orang sangat tertarik untuk mengikutinya. Bahkan dengan adanya benefit yang bisa didapatkan juga menjadi faktor banyaknya pengguna. Dalam bisnis waralaba ini Anda menggunakan modal orang lain untuk mengembangkan usaha serta memperluas cakupan layanannya.

Bahkan dalam bisnis waralaba ini juga bisa mengurangi resiko usaha sekaligus memberikan untung untuk orang yang membeli waralaba. Omset dan putaran bisnis dari pewaralaba (franchisor) ini juga bahkan meningkat. Sehingga akan mempermudah dalam proses pengaturan, pengawasan dan manajemen, sebab masing-masing cabang diawasi oleh terwaralaba (franchises).

Jenis bisnis waralaba paling populer di Indonesia ini banyak, bahkan dibagi menjadi beberapa kelompok juga. Maka dari itu, Anda harus bisa memahami setiap jenisnya dengan baik untuk mendukung keberhasilan dalam memulai bisnis. Dengan begitu tentunya benefit atau keuntungannya juga bisa Anda dapatkan sendiri dalam menjalankan bisnis waralaba ini.

Apalagi bisnis waralaba saat ini memang sudah banyak diminati. Bahkan juga menjadi bisnis yang paling banyak diminati oleh masyarakat luas. Sehingga sudah tentu keuntungan yang akan didapatkan juga sangat menjanjikan. Dengan jaminan tingkat resiko yang sangat rendah, tentu membuat Anda akan lebih bebas dalam menjalankan bisnis waralaba tersebut.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah jenis bisnis waralaba paling populer di Indonesia yang bisa Anda pilih. Menjalankan bisnis dengan usaha yang baik akan memberikan hasil yang baik pula. Sehingga faktor keberhasilan melakukan bisnis tentunya ada ditangan Anda sendiri sebagai yang menjalankan.
Related Posts