taupasar.com

we read, we create and we share it.

Auto Banyak Pelanggan! Pahami 8 Analisis Pasar untuk Bisnis MUA

Auto Banyak Pelanggan! Pahami 8 Analisis Pasar untuk Bisnis MUA 

Beberapa tahun belakangan ini, profesi sebagai Make Up Artist (MUA) semakin berkembang dan banyak diminati. Tidak seperti dulu, jika ingin make up untuk acara wisuda, nikahan, dan acara lainnya harus ke tempat salon.
Analisis Pasar untuk Bisnis
Kini, tidak perlu capek-capek datang ke salon untuk merias wajah. Karena MUA bisa datang ke rumah klien kapan saja sesuai perjanjian.

Jadi apa itu MUA?

Make Up Artist (MUA) adalah seniman profesional yang menggunakan kulit, terutama wajah sebagai karyanya dan produk makeup sebagai alatnya. Make Up Artist itu memiliki fokus berbeda misalnya riasan untuk acara formal seperti pengantin tradisional dan upacara adat.

Selain itu bisa juga pada face and body painting, atau special effect seperti yang biasa digunakan pada film-film fiksi. Profesi MUA tidak hanya fokus mendandani artis saja, MUA bisa menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan yang ada di muka kliennya.

Make Up Artist (MUA) mampu diperhitungkan karena membuat keahliannya sebagai profesi pendukung karya seni. Selain merias wajah, MUA wajib memiliki kemampuan social skill karena akan bertemu dengan pelanggan berbagai macam perilaku yang berbeda-beda. 

Selain itu, salon rias biasanya menggunakan peralatan lebih banyak dan tempat yang lebih besar sehingga perlu modal yang sangat besar pula. Sedangkan bisnis MUA cukup memiliki peralatan kosmetik yang biasanya berkolaborasi dan didukung dengan brand make up.

Peluang pasar bagi MUA itu sangat besar, karena untuk datang ke acara formal atau non formal harus menampilkan penampilan yang prima. Jasa MUA tidak hanya artis saja yang boleh menggunakannya, masyarakat umum pun boleh menggunakan jasa MUA.

Untuk bisa didandani oleh MUA, klien harus melakukan booking jauh-jauh hari dan membayarkan DP sesuai kesepakatan bersama. Terkadang seorang MUA bisa mendandani 3-10 orang per hari, maka dari itu sebelum hari H klien harus memboking MUA jauh hari agar bisa menggunakan jasanya.

Hal yang menarik lainnya,semakin mahalnya tarif yang dipasang jasa MUA ternyata semakin dicari.
5 alasan mengapa MUA menjadi peluang lapangan pekerjaan yang menggiurkan di masa yang akan datang;
  • Tidak semua orang mempunyai keterampilan merias wajah dengan baik.
  • Memiliki penghasilan yang menggiurkan karena tarif jasa lumayan cukup tinggi.
  • Termasuk gaya hidup dan kebutuhan yang terus menerus bagi masyarakat.
  • Dapat  menunjang berkembangnya bidang usaha lain seperti Party, Entertainment, dan Modelling
  • Didukung dan kolaborasi make up dari berbagai brand.
Sebelum terjun ke dunia MUA sangat perlu melakukan analisa untuk strategi pemasaran.
Strategi ini menjadi pondasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran atas usaha bisnis MUA selanjutnya. 

Profesi MUA tidak mungkin bisa memenuhi semua kebutuhan atau keinginan yang beragam.
Analisis pasar untuk bisnis MUA membantu mengidentifikasi pasar mana yang akan dilayani sebagai target pemasaran.

Cara Analisis Pasar untuk Bisnis MUA

1. Tentukan Target Pasar

Daya tahan make up merupakan kategori yang cukup baik, karena hal ini sangat bermakna bagi jasa MUA. Sehingga memiliki ragam dan kualitas produk yang baik serta diminati pelanggan untuk menggunakan jasanya.

Selain itu, mengenai penetapan harga juga harus ditentukan apakah memilih ekonomi kelas menengah keatas atau kebawah. Penggunaan promosi pada MUA terdiri dari penjualan pribadi, Iklan, mouth to mouth,frekuensi dan promosi menggunakan sosmed.

2. Melihat Persaingan

Analisis pasar untuk bisnis MUA dengan melihat persaingan bisnis, sehingga kamu bisa menentukan apakah layak menggunakan jasa atau tidak. Melihat persaingan berpotensi mengetahui seluk beluk kompetitor mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga layanannya.

Caranya dengan membandingkan tingkat persaingan jasa MUA milik kamu dengan milik kompetitor. 
Hal ini tentu saja bisa membantumu untuk mempertahankan kualitas dan siap bersaing dengan pesaing.
Fungsi lain dari analisis pasar untuk bisnis MUA yaitu agar jasa kamu tidak kalah saing. 

Maka dari itu, carilah kelebihan dan kelemahan dari kompetitor, lalu implementasikan agar bisa menciptakan hasil yang lebih baik dari kompetitor.

3. Membuat Rencana Jangka Panjang

Membuat rencana untuk jangka panjang juga termasuk dalam analisis pasar untuk bisnis MUA.
Hal ini akan membantu dalam membuat planning bisnis jangka panjang. Dengan begitu bisa menjalankan bisnis lebih optimal.

4. Mengurangi Risiko Kerugian

Analisis pasar untuk bisnis MUA selanjutnya adalah mengurangi risiko kerugian di masa yang akan mendatang. Setiap bisnis memang berisiko mengalami kerugian, maka dari itu wajib melakukan analisa pasar untuk menghindarinya.

Meskipun tidak bisa dihindari, setidaknya bisa mengurangi resiko kerugian dan membantu bisnis kamu agar tidak berpotensi gagal.

5. Membangun Tren Bisnis

Manfaat dari melakukan analisis pasar untuk bisnis MUA adalah berpotensi mendapatkan tren bisnis.
Dari hasil analisa yang sudah dilakukan bisa memunculkan ide-ide baru pada bisnis yang sedang dijalankan saat ini.

Inovasi yang lahir dari ide kreatif akan membantu membangun bisnis agar menjadi trendsetter. 
Jika sudah demikian, maka tak heran kamu akan dibanjiri banyak pelanggan karena bisa memberikan nuansa baru dalam merias.

6. Memiliki Keunikan Sendiri

Memiliki gaya make up yang unik menjadi salah satu poin penting dalam analisis pasar untuk bisnis MUA yang tidak boleh kamu abaikan. Jasa MUA tidak terpengaruh pada kepemilikan tempat usaha sendiri atau bersatu dengan tempat tinggal.

Sebab pelanggan tidak memasaahkan MUA memiliki tempat sendiri atau tempat usaha menyatu dengan rumahnya. Para pelanggan akan tertarik pada  keunikan dan ciri khas dari MUA itu sendiri. 

7. Analisa Keinginan Pelanggan

Alangkah baiknya sebelum menjalankan bisnis MUA, pilihlah produk-produk make up berkualitas sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal. Dengan begitu, calon pelanggan tidak akan ragu menggunakan jasa MUA kamu dan merekomendasikan kepada teman-temannya.

8. Mengatur Keuangan

Selanjutnya analisis pasar untuk bisnis MUA adalah bisa mengatur uang pribadi dengan uang bisnis.
Sebagai pebisnis sudah sewajibnya untuk bisa memisahkan antara uang kebutuhan dan keinginan. Pengeluaran utamanya adalah membeli makeup.

Cobalah membuat rekening khusus untuk pemasukan dan pengeluaran bisnis dari jasa MUA. 
Kemudian buat anggaran bulanan. Dengan pola penghasilan yang tidak pasti, kamu perlu mengunci pengeluaran.

Kemudian hitung kebutuhan dana tujuan finansial, yang mana keuntungan bisnis bisa dialokasikan mengembangkan bisnis. Sebagian lagi bisa untuk mempercepat pencapaian tujuan finansial pribadi seperti Dana Menikah dan Dana Rumah, dan lain sebagainya. 

Untuk memastikan tujuan finansialnya terpenuhi, kamu perlu menetapkan kapan dan berapa kebutuhan dana yang diperlukan. Kemudian, kamu bisa menghitung berapa jumlah dana yang harus diinvestasikan untuk masing-masing tujuan finansial yang diinginkan. Gimana, sudah mulai tertarik untuk buka bisnis MUA?

Simak informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga.





Demikian pembahasan tentang analisis pasar untuk bisnis MUA, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi. Semoga berhasil ya!
Related Posts