taupasar.com

we read, we create and we share it.

Jenis Bisnis Plan yang Banyak Diminati di Indonesia

Jenis Bisnis Plan yang Banyak Diminati di Indonesia

Saat ini ada banyak jenis bisnis yang bisa dicoba. Namun banyak juga yang berjalannya hanya sesaat, karena kurangnya inovasi dalam berbisnis sehingga kurangnya minat atas produk yang dijual. Kurangnya inovasi ini dipengaruhi oleh tidak ada bisnis plan yang lebih detail mengenai usaha yang dijalankannya. 
Jenis Bisnis
Bisnis plan adalah rencana bisnis yang detail mengenai konsep usaha, produk, keuangan dan lainnya dalam menjalankan suatu bisnis. Agar usaha Anda bisa bertahan lama, maka penting sekali untuk merencanakan usaha tersebut ke depannya. Berikut di bawah ini pengertian dan beberapa jenis bisnis plan yang banyak diminati di Indonesia.

Apa Itu Bisnis Plan?

Bisnis plan adalah rancangan khusus yang berupa tujuan, visi, misi, latar belakang  dan rencana-rencana usaha ke depannya. Agar lebih jelas sangat dianjurkan di dalam business plan terdapat jangka waktu untuk mencapai tujuan-tujuan usaha yang telah direncakan. Rancangan ini bisa disimpan dalam bentuk dokumen ataupun tidak. 

Suatu usaha apapun jenisnya dan dalam bidang apapun, sangat dianjurkan untuk merencanakan dan menuliskan bisnis plan. Bisnis plan dirancang untuk tujuan yang lebih besar, meskipun jenis usaha Anda merupakan bisnis rumahan membuat rancangan bisnis penting juga. 

Setiap plan yang telah disusun merupakan usaha untuk menghindari resiko kegagalan bisnis. Hal ini juga bisa dijadikan strategi untuk memasarkan produk usaha dan mengembang usaha yang sedang Anda jalankan.  Berikut di bawah ini contoh jenis bisnis plan yang banyak diminati di Indonesia bidang usaha rumahan.

1. Analisis Keuangan Usaha

Usaha rumahan merupakan usaha yang bisa dijalankan dari rumah. Usaha ini juga penting untuk membuat dan merancang business plan. Di dalam business plan sangat penting untuk memuat perkiraan anggaran dan arus kas dalam beberapa tahun ke depan. 

Di dalam business plan usaha rumahan penting juga untuk menganalisis apakah usaha Anda layak untuk dijalankan ataukah tidak. Selain itu penting juga untuk menganalis kapan balik modal dari usaha tersebut. Hal ini untuk menghindari kegagalan dalam menjalankan bisnis. 

2. Analisis Sumber Daya Manusia dan Promosi Usaha

Meskipun usaha Anda merupakan usaha rumahan, tidak ada salahnya Anda merencanakan untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten di bidangnya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan konsumen produk usaha Anda yang ke depan semakin bertambah.

Analisis SDM juga untuk mempermudah Anda dalam melakukan perputaran produk sesuai dengan kebutuhan konsumen dan SDM yang Anda miliki. Semakin meningkat jumlah penjualan produk, maka akan semakin banyak pula penghasilan yang Anda dapatkan dari usaha tersebut.

Membuat perencanaan promosi usaha juga merupakan hal dasar bagi  usaha rumahan. Saat ini Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk melakukan promosi usaha. Anda bisa membuat rencana promosi dengan membuat akun Facebook, Instagram dan Tiktok khusus untuk jualan produk usaha Anda. 

Selain media sosial yang perlu Anda pertimbangkan lainnya adalah digital marketing seperti SEO, Facebook ads, Instagram ads atau Google ads? Selain itu penting juga untuk mempertimbangkan jalur komunikasi yang bisa dipakai untuk melayani pelanggan Anda. Apakah melalui WhatsApp? Facebook? Ataukah melalui Telegram?

3. Analisis Pasar Usaha Rumahan

Usaha rumahan juga penting untuk melakukan analisis pasar dari usahanya. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Misalnya Anda perlu menganalisis dan mempertimbangkan kelebihan atau keungggulan dari usaha Anda, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan datang dalam menjalankan usaha tersebut.

Selain analisis SWOT di atas, memulai usaha rumahan juga penting untuk melakukan analisis mengenai target pasar, segmentasi pasar, kompetitor atau pesaing usaha Anda, supplier dari produk usaha Anda, dan manajemen stok produk hingga manajemen resiko usaha.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah pengertian dan contoh jenis bisnis plan yang banyak diminati di Indonesia. Jenis usaha apapun sangat penting sekali untuk membuat perencanaan bisnis terlebih dahulu untuk menghindari dari kegagalan dalam menjalankan bisnis.
Related Posts