taupasar.com

we read, we create and we share it.

Makin Sukses! Sistem CRM (Customer Relationship Management) dan Apa Keuntungannya dalam Bisnis?

Makin Sukses! Sistem CRM (Customer Relationship Management) dan Apa Keuntungannya dalam Bisnis?

Menjalani sebuah usaha atau bisnis memang ada pahit manisnya, terkadang mudah dijalani dan terkadang pula susah. Maka dari itu, sebelum berencana membuka usaha kamu harus memikirkan matang-matang sisi baik dan buruknya di suatu bisnis.
Sistem CRM
Misalnya saja memiliki kendala terhadap dalam mengelola seluruh administrasi bisnis yang berhubungan langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan. Sulitnya meningkatkan penjualan,dan masih banyak lagi pertanyaan dan keluhan yang dirasakan untuk meningkatkan bisnisnya.

Untuk mengatasi semua permasalahan yang kamu alami dalam menjalani sebuah usaha atau bisnis adalah dengan menerapkan sistem CRM.

Apa itu CRM?

CRM yaitu Customer Relationship Management merupakan sebuah metode yang mana pengelolaan hubungan antara konsumen dan perusahaan. Adanya metode ini bertujuan untuk memaksimalkan bagian komunikasi dan pemasaran dalam bisnis. 

Metode CRM dapat diartikan sebagai pendekatan yang digunakan untuk mengelola segala bentuk interaksi antara konsumen dan pebisnis. Baik itu melalui via email, maupun media sosial lain yang saat ini banyak digunakan untuk menjangkau lebih banyak konsumen. 

Tidak interaksi saja yang dilaporkan, tetapi  juga bisa membantu menjaring konsumen berkualitas atau setia dengan metode CRM. Pada dasarnya CRM sebagai alat strategi membantu proses perusahaan atau bisnis dalam mengelola dan mengakses data pelanggan.

Mengumpulkan data pelanggan dengan metode CRM yang efektif membantu menciptakan hubungan kuat dengan pelanggan. Dengan metode ini diharapkan bisa mendorong lebih banyak penjualan dan mampu meningkatkan pendapatan perusahaan. 

Data metode CRM tidak diperlukan sebagai cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan saja.
Akan tetapi juga membantu perusahaan untuk mengetahui apakah bisnis tersebut berfungsi secara efektif dan di area mana yang perlu perbaikan.

Ingin tahu Sistem CRM (Customer Relationship Management) dan apa keuntungannya dalam bisnis, berikut pembahasannya. Sistem CRM (Customer Relationship Management) dan Apa Keuntungannya Dalam Bisnis yang Perlu Diketahui.

Apa Saja Keuntungannya?

1. Mempermudah Proses Segmentasi Pelanggan

CRM secara otomatis akan mengelompokkan daftar kontak kamu berdasarkan kriteria yang telah dibuat sebelumnya. Dengan demikian, kamu secara mudah bisa menemukan orang yang ingin dihubungi pada waktu tertentu.

Disamping itu, CRM dapat mengurutkan kontak berdasarkan lokasi, jenis kelamin, usia, tahap pembeli, dan sebagainya. Sehingga dengan metode CRM bisa memproses menjangkau pelanggan menjadi lebih efektif dan efisien. Makanya, kamu tidak perlu ribet lagi membuat segmentasi pelanggan yang tepat. Karena CRM bisa menjadi solusinya.

2. Mempercepat Komunikasi dengan Pelanggan

Tahukah kamu penggunaan CRM bisa membuat membuat pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan balasan atas permintaan mereka. 

Pastinya bisa menghemat waktu antara kamu dengan pelanggan. CRM sudah dilengkapi dengan dokumen, surat, kutipan, set template email, dan lain-lain. Semua itu bisa disesuaikan dan siap digunakan untuk meningkatkan komunikasi kamu dengan pelanggan.

3. Mempertahankan Pelanggan

Sistem CRM (Customer Relationship Management) dan apa keuntungannya dalam bisnis yang kamu dapat yaitu bisa mempertahankan pelanggan. Selain mendapatkan pelanggan baru, metode CRM juga bisa mempertahankan pelanggan hingga menjadi loyalitas terhadap bisnis kamu.

Berdasarkan penelitian Frederick Reichheld dari Bain & Company  bahwa peningkatan customer retention atau mempertahankan pelanggan. Dapat meningkatkan keuntungan bisnis hingga mencapai 25% – 95% dengan metode CRM (Customer Relationship Management).

Lebih besar mencari pelanggan baru yang membutuhkan biaya 5-25 kali lipat daripada mempertahankan pelanggan, menurut data Harvard Business Review. Maka dari itu keuntungan dengan menggunakan metode CRM bisa menjaga hubungan dan mempertahankan pelanggan pada bisnis kamu.

4. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Sistem CRM (Customer Relationship Management) dan apa keuntungannya dalam bisnis bisa meningkatkan customer service. Perlu diketahui bahwa adanya customer service merupakan garda terdepan bagi suatu bisnis.

Karena hal ini menjadi salah satu faktor terbesar yang dapat menentukan apakah pelanggan kamu setia atau memilih cari yang lain. Agar tidak memberikan pelayanan yang buruk, maka perlu pelajari CRM karena menambah pengetahuan kebutuhan spesifik dan interaksi pelanggan. 

Pelayanan pelanggan atau customer service menjadi lebih baik jika karyawan mampu meningkatkan respons terhadap karakteristik pelanggan. Metode CRM memberikan semua hal yang diperlukan tentang data-data pelanggan dalam satu tampilan. Sehingga secara keseluruhan bisa melihat data pelanggan mulai dari percakapan, deals, detail kontak, maupun meeting.

5. Meningkatkan Penjualan

Penggunaan metode CRM pada bisnis yang kamu lakukan bisa membangun jalur jualan dan membantu proses penjualan. Tak hanya itu saja, bisa menganalisis semua data penjualan pada satu tempat terpusat serta mengotomatiskan tugas-tugas utama.

Dengan begitu, hal ini akan  berpotensi meningkatkan penjualan dan produktivitas karena menggunakan sistem CRM. Adanya sistem metode CRM, dapat memudahkan membangun proses penjualan yang disesuaikan kapan dan di mana saja sesuai kebutuhan.

6. Menjalin Komunikasi Internal Lebih Baik

Sistem CRM (Customer Relationship Management) dan apa keuntungannya dalam bisnis bukan hanya memfasilitasi komunikasi antara bisnis dan pelanggan. Tetapi juga memudahkan anggota beserta tim masing-masing departemen untuk berkomunikasi satu sama lain.

Disatukan dalam platform, anggota tim bisa mengirimkan catatan, peringatan, menandai satu sama lain pada proyek, serta mengirim pesan dan email.

7. Analisis dan Laporan Terperinci

Banyaknya data pelanggan untuk dianalisis menjadi hal yang merepotkan, karena membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Makanya, sistem CRM ini dilengkapi dengan kemampuan analitik bawaan untuk mengkontekstualisasikan data-data kamu.

Selain itu, mampu memecahkannya menjadi item yang dapat ditindaklanjuti, dan menjadikannya metrik yang mudah dipahami. Menggunakan CRM, selain bisa mengetahui analisis dan laporan pelanggan, juga dapat mengetahui pencapaian anggota dan tim secara keseluruhan.

8. Mengurangi Biaya Customer Service

Pelayanan yang cepat dan tepat pastinya meningkatkan efisiensi biaya customer service atau layanan pelanggan. Karena berkaitan dengan data laporan keluhan dan solusi, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu dalam melayani tiap konsumen. 

Sehingga tim customer service bisa melayani lebih banyak konsumen dengan biaya yang sama, hal itu didapatkan jika menggunakan metode CRM.

9. Meningkatkan Pendapatan

Sistem CRM (Customer Relationship Management) dan apa keuntungannya dalam bisnis mampu meningkatkan pendapatan. Memiliki hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen, membuat pemasaran produk meningkat dengan teknik war of mouth. 

Konsumen akan merekomendasikan produk bisnis kamu secara gratis karena pengalaman pelayanan mereka terima memuaskan. Baik itu dalam jangka panjang maupun jangka pendek, hal ini akan bernilai positif karena mampu meningkatkan keuntungan dalam berbisnis.

Secara otomatis produk dan jasa bisnis kamu ikut mendapatkan keuntungan pendapatan karena meningkatnya jumlah pelanggan. CRM tidak hanya sekedar meningkatkan dan mempertahankan loyalitas pelanggan, tetapi juga mampu meningkatkan performa bisnis secara keseluruhan.

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:




Demikian pembahasan mengenai Sistem CRM (Customer Relationship Management) dan apa keuntungannya dalam bisnis yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat. Sukses selalu, semangat!
Related Posts