taupasar.com

we read, we create and we share it.

Apa Saja Pelanggaran Etika Bisnis dalam Perusahaan?

Apa Saja Pelanggaran Etika Bisnis dalam Perusahaan?

Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat dan cepat. Dampak dari pelanggaran etika berbisnis hanya dirasakan di lingkungan perusahaan saja. Saat ini dampak dari pelanggaran tersebut dapat dirasakan oleh banyak orang dan menyebar. 
Pelanggaran Etika Bisnis
Seorang pengusaha wajib mengetahui pelanggaran apa saja yang harus dihindari dalam berbisnis. Khususnya bagi pengusaha pemula yang belum banyak pengalaman berbisnisnya. Berikut di dibawah ini pelanggaran etika bisnis dalam perusahaan yang wajib Anda hindari. 

Apa Itu Pelanggaran Etika Bisnis dalam Perusahaan?

Etika bisnis adalah aturan atau etika yang harus dipatuhi oleh para pengusaha baik sekala kecil maupun sekala besar. Etika bisnis adalah aspek penting dalam berbisnis dan tidak boleh melanggarnya demi persaingan yang sehat. Pelanggaran etika bisnis biasanya disebabkan persaingan antar pengusaha.

Sebagai pengusaha pemula penting untuk mempelajari etika apa saja dalam berbisnis. Agar Anda dapat menghindari konflik yang lebih besar dengan para pesaing bisnis. Berikut di bawah ini pelanggaran etika bisnis dalam perusahaan yang sering terjadi dan  tidak boleh dilakukan. 

1. Melakukan Penipuan

Etika bisnis yang sering dilanggar adalah kejujuran yang dilakukan para pengusaha. Adanya bisnis dijalankan secara online, akhir-akhir ini banyak penjual online yang melakukan penipuan kepada para pelanggannya. 

Membeli barang, sudah melakukan transfer ke penjual sesuai dengan kesepakatan. Ternyata sudah satu bulan lebih barang tidak datang. Menghubungi kembali penjualnya, ternyata nomor kita sudah diblokir olehnya. Bagaiman perasaan Anda jika mengalaminya? Kecewa? Tentu saja. Ini adalah pelanggaran yang sering terjadi. 

Penipuan yang sering terjadi dalam berbisnis online selain mengenai barang tidak dikirim, tetapi juga seringnya barang yang diterima pelanggan kualitas dan kuantitasnya tidak sesuai dengan penjelasan ketika promosi atau etalase toko. Hal ini merupakan tindakan penipuan dalam berbisnis, karena kejujuran adalah hal terpenting dalam berbisnis. 

2. Menggunakan Ide Bisnis Orang Lain Tanpa Sepengetahuannya

Menggunakan ide bisnis orang lain tanpa sepengetahuannya atau mencurinya adalah tindakan pelanggaran etika bisnis dalam perusahaan. Tindakan pelanggaran ini biasanya dikarenakan persaingan bisnis yang terus meningkat. Anda akan terkena pasal 17 ayat (1) UU nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang. 

3. Menggunakan Foto Produk Milik Orang Lain

Adanya bisnis online membuat Anda bisa melakukan promosi dengan mudah. Cukup dengan menggunakan foto produk yang unik dan menarik Anda bisa mempromosikannya melalui media sosial. Namun hal ini banyak sekali pelanggaran yang dilakukan. 

Salah satu pelanggaran yang sering dilakukan adalah menggunakan foto produk milik orang lain. Hal ini biasanya berakibat pada kualitas barang yang diterima pelanggan dengan foto produk yang diposting tidak sesuai. Sebagai pengusaha pemula sebaiknya Anda menghindari hal ini jika ingin sukses dengan bisnis saat ini. 

Produk yang diterima pelanggan tidak sesuai dengan foto produk akan menyebabkan mereka tidak membeli lagi dan bisa jadi membuat rating jelek terhadap toko Anda. Maka demi kelangsungan bisnis Anda sebaiknya hindarilah menggunakan foto produk milik orang lain. 

4. Melakukan Spamming

Spamming adalah tindakan promosi yang justru merupakan spamming atau mengganggu orang lain. Tindakan spamming yang sering dilakukan biasanya berupa berkomentar di akun-akun media sosial milik artis, selebritis, tokoh masyarakat, berisi promosi produk. 

Selain itu ada yang mengirim email chat ke akun-akun orang lain secara terus menerus setiap harinya. Hal ini merupakan tindakan spamming yang tidak boleh Anda lakukan. Hal ini dikarenakan Anda mengganggu orang lain dan bisa merugikan bisnis Anda. orang-orang biasanya akan memblokir akun media sosial yang melakukan spamming.

Semakin banyak akun media sosial memblokir akun Anda, maka kesempatan Anda untuk menghasilkan cuan lebih banyak akan semakin sulit. Karena target marketnya semakin sedikit yang disebabkan oleh ketidaksukaan para pengguna media sosial terhadap cara promosi Anda. maka hindarilah tindakan spamming demi kelangsungan bisnis Anda. 

Dapatkan informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 4 pelanggaran etika bisnis dalam perusahaan bagi pemula ataupun suhu. Pelanggaran etika bisnis bisa menyebabkan bisnis Anda sulit untuk berkembang dan sulit menghadirkan pelanggan yang setia.  Sehingga bukannya semakin sukses malah semakin buruk dan bahkan mengalami kebangkrutan. 
Related Posts