taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Jasa

7 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Jasa

Kepuasan pelanggan bagi seorang pengusaha adalah hal utama, karena kepuasan pelanggan bisa mempengaruhi tingkat penjualan bisnis Anda. Semakin besar tingkat kepuasan pelanggan, maka semakin meningkat juga penjualan produk Anda. ada beberapa cara untuk meningkatkan kepuasan.
Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Berikut di bawah ini cara meningkatkan kepuasan pelanggan melalui kualitas jasa. 

7 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan 

Salah satu cara menghadapi persaingan dengan kompetitor bisnis adalah dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Ada banyak cara yang dapat Anda dilakukan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas jasa. Di bawah ini cara meningkatkan kepuasan pelanggan melalui kualitas jasa. 

1. Menjaga Kualitas Produk

Salah satu jasa yang harus Anda tingkatkan adalah dengan menjaga kualitas produk dan terus meningkatkannya. Jika Anda senantiasa menjaga kualitas produk maka para pelanggan pun akan setia menggunakan produk dan jasa Anda. Semakin baik kualitasnya Anda pun memiliki pelanggan yang loyal. 

2. Menerima Kritik dan Saran

Kritik dan saran dari pelanggan harus dijadikan acuan untuk terus meningkatkan kualitas produk dan jasa bisnis Anda. jika ingin terus tumbuh dan meningkat penghasilannya dari bisnis, maka Anda harus dapat menerima saran dan kritik dari pelanggan Anda. 

Kritikan dan saran yang baik maupun buruk harus diterima dengan pemikiran terbuka. begitupun dengan keluhan yang mereka alami dan utarakan, harus Anda terima dan dijadikan bahan untuk terus meningkatkan kualitas bisnis Anda. 

3. Melayani Pelanggan dengan Ramah

Pelayanan terhadap pelanggan sangat penting untuk Anda perhatikan. Anda harus memastikan bahwa pelayanan bisnis Anda baik dari segi kecepatan waktu, informasi dan lainnya dengan memberikan yang terbaik. Dengan begitu para pelanggan Anda pun semakin puas dan segera menemukan solusi. Selain itu pelayanan juga harus ramah.

4. Menjalin Komunikasi yang Baik

Demi kelancaran bisnis Anda sangat penting untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para pelanggan Anda.Dengan komunikasi yang baik dan efektif bisa memberikan kepuasan terhadap pelanggan Anda. Maka buatlah media untuk mempermudah komunikasi dengan pelanggan.

5. Sering Melakukan Survey Kepuasan Pelanggan

Informasi kepuasan pelanggan harus terus diupgrade. Cara untuk terus mengupgradenya adalah dengan rutin melakukan survey kepuasan pelanggan. Dengan begitu Anda bisa terus menjaga dan meningkatkan kualitas jasa Anda. 

6. Memberikan Berbagai Penawaran

Salah satu cara meningkatkan kepuasan pelanggan melalui kualitas jasa adalah dengan memberikan berbagai penawaran. Pertama Anda bisa memberikan penawaran berupa garansi. Misalnya bila barang diketahui cacat bukan disebabkan oleh pembeli, diberikan garansi  selama 1 tahun untuk mendapatkan pelayanan lebih seperti service, dll. 

Selain garansi, Anda bisa menawarkan diskon, potongan harga, gratis ongkir, dan lainnya kepada pelanggan. Hal ini dapat memberikan efek produk Anda lebih menggoda, murah dan berkualitas. Dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak calon pelanggan yang baru dan setia. 

7. Mengapresiasi Para Pelanggan Anda

Pelanggan Anda akan senang jika mereka di berika apresiasi oleh bisnis Anda karena telah memilih produk dan jasa Anda. Cara memberikan apresiasi kepada pelanggan bisa dengan mengucapkan terimakasih, memberikan hadiah, dan lainnya. Hal ini juga dapat menjaga komunikasi yang baik dengan para pelanggan usaha Anda. 

Ini dia informasi menarik lainnya untuk Anda.

Baca juga:





Di atas adalah 7 cara meningkatkan kepuasan pelanggan melalui kualitas jasa usaha Anda. Tips dan Cara di atas dijamin bisa meningkatkan jumlah pelanggan setia bisnis Anda setiap harinya. Dengan begitu pendapatan usaha Anda semakin meningkat. 
Related Posts