taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Cara Meningkatkan Pelayanan Customer Service Agar Usaha Anda Berkembang

5 Cara Meningkatkan Pelayanan Customer Service Agar Usaha Anda Berkembang

Dalam sebuah usaha kualitas pelayanan adalah hal utama untuk dijaga. Customer akan puas dan tidak puas bisa disebabkan dari kualitas pelayanan yang kita tawarkan. Pastikan Anda memberikan kualitas pelayanan yang baik, agar pelanggan pun puas dan jadi beli lagi ke usaha Anda.
Cara Meningkatkan Pelayanan Customer
Memberikan pelayanan yang baik dan bisa membuat customer loyal tidaklah mudah. Satu kali saja Anda memberikan pelayanan yang membuat mereka kecewa, bisa membuat usaha Anda mendapatkan stigma yang jelek di mata orang-orang. Pelayanan yang harus dijaga utamanya di bagian customer service. 

Di bawah ini cara meningkatkan pelayanan customer service agar usaha Anda semakin berkembang.

Cara Meningkatkan Pelayanan Customer Service 

Customer service adalah pelayanan utama yang harus Anda perhatikan dalam meningkatkan bisnis. Menjalankan usaha apapun menjaga kualitas pelayanan agar tetap bagus adalah keharusan untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa Anda. bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar cara meningkatkan pelayanan customer service di bawah ini penjelasannya.

1. Menjelaskan Tugas dan Kewajiban Karyawan 

Penting untuk melatih karyawan dalam melakukan pelayanan terhadap pelanggan di toko Anda. berikan penjelasan mengenai tugas, kewajiban dan aturan-aturan dalam bekerja di perusahaan Anda. Bisa dengan memberikan masa training untuk karyawan baru selama satu bulan dan 3 bulan sekali untuk karyawan lama. 

Dengan melakukan training minimal 3 bulan sekali untuk karyawan lama agar mereka lebih memahami mengenai tugas dan kewajibannya dalam pekerjaannya. Melatih karyawan khususnya bagian yang langsung berhubungan dengan pelanggan adalah hal penting untuk memberikan pelayanan karyawan Anda terhadap pelanggan. 

2. Melatih Kemampuan Memahami Pelanggan

Cara meningkatkan pelayanan customer service selanjutnya adalah dengan melatih mereka untuk memiliki kemampuan memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan. Selain itu, latih juga untuk memahami karakter para pelanggan, hal ini agar para customer mampu memberikan pelayanan sesuai dengan karakter customer

3. Melatih Karyawan untuk Bersikap Tenang dengan Pelanggan

Para customer service sangat penting untuk memiliki sikap yang tenang agar bisa fokus dalam menyelesaikan masalah yang terjadi. Karena jika customer service tidak tenang bisa melakukan kesalahan fatal. 

Sikap tenang ini sangat dibutuhkan dalam kondisi apapun, apalagi ketika pelanggan menyampaikan keluhannya terhadap toko Anda. pastikan mereka berusaha menjaga nada suara agar tidak menggunakan nada tinggi dan tidak kasar. Tetap berusaha agar tidak terpengaruh dengan emosi pelanggan ketika menyampaikan keluhannya. 

4. Melatih Customer Service untuk Memiliki Pengetahuan

Para customer service harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai produk, jasa, branding dari usaha Anda. Jadi pastikan bahwa mereka menguasai pengetahuan seputar perusahaan Anda. hal ini agar ketika pelanggan bertanya mengenai usaha Anda, mereka mampu menjawabnya.

Selain itu mereka juga akan menyampaikan berbagai pertanyaan, kendala, bahkan keluhan terhadap produk dan jasa Anda. maka pastikan bahwa karyawan bagian customer service bisa menanggapinya dengan cepat dan tepat. Maka sangat penting seorang customer service untuk memiliki pengetahuan yang detail seputar hal tersebut. 

Jangan sampai customer service Anda menjawab tidak tahu kepa pelanggan. Jadi seorang customer service harus mengetahui minimalnya seputar cara pemakaian dan kualitas produk Anda. 

5. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Seorang customer service memiliki tugas untuk berkomunikasi langsung dengan para pelanggan. Maka, sudah hal utama bagi Anda untuk memiliki kemampuan mengkomunikasikan informasi kepada pelanggan dengan baik dan tepat. 

Terus berusaha dan berlatih menyampaikan informasi agar tersampaikan dengan baik dan benar. Mengkomunikasikan informasi tidak baik akan menimbulkan salah faham antara perusahaan dengan para pelanggan Anda. 

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 5 cara meningkatkan pelayanan customer service agar usaha Anda semakin berkembang dan sukses. 5 cara di atas dijamin dapat meningkatkan kualitas pelayanan usaha Anda. semakin meningkat pelayanan dijamin dapat meningkat pula keuntungan yang Anda dapatkan dari usaha Anda. 
Related Posts