taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah 7 Strategi Pemasaran dalam Bisnis Ritel

Inilah 7 Strategi Pemasaran dalam Bisnis Ritel

Sebelum membahas mengenai strategi pemasaran dalam bisnis ritel. Kita cari tahu dulu apa ritel? Dikutip dari laman dinkop-umkm.jatengprov.go.id, retail atau ritel penjualan barang secara langsung kepada konsumen akhir. Berbeda dengan bisnis grosiran, konsumen bisnis ritel tidak menjual kembali produk yang sudah mereka beli. 
Strategi Pemasaran dalam Bisnis
Biasanya bisnis ritel melibatkan penjualan atau pembelian barang atau jasa sedikit-sedikit atau eceran untuk kepentingan konsumsi pribadi, keluarga atau rumah tangga bukan untuk menjualnya kembali atau keperluan bisnis.

Sebagian besar pelaku bisnis memilih berbisnis ritel karena peluang pasarnya datang langsung dari konsumen akhir. Tidak heran jika perkembangan bisnis ini juga semakin pesat. Anda dapat  melihat berbagai bisnis ritel seperti minimarket, toko kelontong, hingga toko lebih besar lagi seperti Matahari, Hero, Alfamart, dan Indomaret yang banyak dicari konsumen.

Inilah Strategi Pemasaran dalam Bisnis Ritel

Walaupun terbilang mudah, sayangnya bisnis ritel memiliki persaingan pasar yang sangat tinggi, oleh sebab itu, sebelum Anda terjun pada bisnis ini, ketahui dulu apa saja strategi pemasaran dalam bisnis ritel berikut ini:

1. Menentukan Target Pasar

Pertama Anda perlu menentukan dulu target pasar mana yang dibidik. Sebisa mungkin tentukan target masyarakatnya. Misalnya, Anda akan menekan harga lebih murah karena ingin menjangkau konsumen menengah ke bawah atau mengutamakan kualitas barang bagus untuk menjangkau konsumen menengah ke atas.

2. Lokasi Strategis

Lokasi bisnis ritel sangat mempengaruhi pada tingkat penjualan bisnis ini. Sesuaikan lokasi dengan jenis bisnis ritel apa yang akan Anda jalankan, sebab lokasi juga dapat menentukan potensi pasar. Contohnya, jika lokasinya di tengah permukiman, Anda dapat membuka bisnis ritel toko kelontong. Sedangkan, untuk di perkotaan dapat membuka bisnis ritel minimarket.

3. Membuat Etalase yang Menarik

Fungsi dari membuat etalase menarik yaitu bisa menarik pelanggan. Cobalah menggunakan warna yang mudah terlihat atau desain toko minimalis. Etalase akan lebih baik apabila mencerminkan produk yang Anda jual. Namun, tidak ada salahnya jika ingin mengubahkan secara dramatis agar terlihat unik. Intinya, buatlah etalase yang dapat meningkatkan visibilitas konsumen.

4. Melibatkan Pelanggan Anda Melalui WhatsApp dan Pemasaran Email

Pasti Anda juga setuju kan, pemasaran apapun akan kurang lengkap jika tidak melakukan pemasaran melalui WhatsApp atau email? Ya, karena bentuk pemasarannya juga lebih hemat dan efektif. Caranya, beritahu pelanggan Anda mengenai penawaran baru atau produk baru yang sedang Anda luncurkan, hingga mengirimkan penawaran diskon berbeda melalui WhatsApp atau email.

5. Menggunakan Media Sosial

Selanjutnya, gunakan media sosial untuk menjangkau pelanggan lebih besar lagi. Seperti, Facebook, Instagram, dan Pinterest. Platform tersebut memberikan peluang bagus untuk memasarkan produk Anda. Untuk mendapatkan feedback dari pelanggan, Anda dapat mencoba menjalankan iklan berbayar dan meminta pelanggan memberikan umpan balik.

6. Menciptakan Loyalitas Pelanggan

Memiliki pelanggan loyal merupakan strategi tepat meningkatkan penjualan. Tidak hanya itu, dengan loyalitas pelanggan dapat membantu menghadapi persaingan pasar. Untuk menciptakan loyalitas pelanggan bisa melalui program promosi dengan mengadakan event promosi setiap akhir bulan, memberikan kartu diskon pada para member, dan lain-lain.

7. Memperlihatkan Bisnis Secara Offline

Tidak peduli seberapa kuat melakukan pemasaran online, namun jangan mengabaikan pemasaran secara offline. Anda bisa memanfaatkan alat periklanan lokal seperti koran lokal, brosur, billboard, dan lain-lain.

Sebagai tambahan informasi Anda juga bisa menyimak sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Itulah strategi pemasaran dalam bisnis ritel. Bagaimana apakah Anda sudah yakin akan menjalankan bisnis ini? 

Penulis: Erisa Agustira
Related Posts