taupasar.com

we read, we create and we share it.

Terdapat 11 Resiko Bisnis Sarang Burung Walet Yang Perlu Anda Ketahui

Terdapat 11 Resiko Bisnis Sarang Burung Walet Yang Perlu Anda Ketahui

Resiko sarang burung walet, yaitu dengan harga jual yang sangat tinggi. Namun, sarang burung walet seringkali dikaitkan dengan bisnis superfood untuk kalangan Sultan di Asia Tenggara dan Asia Timur.
Dengan iming-iming yang sangat memikat membuat sejumlah orang ingin mencoba usaha ini. 
Resiko Bisnis
Banyak sekali para pengusaha yang memiliki ilmu dan dana minim berusaha untuk mencoba peruntungannya di dunia bisnis walet.

Seperti yang dikatakan oleh banyak orang, khususnya Kalimantan dan Sumatera yang akhirnya merugi ketika mencoba bisnis burung walet. Biasanya mereka hanya mampu bertahan selama satu tahun saja.

Apa Sajakah Resiko Bisnis Sarang Burung Walet?

Berbagai jenis resiko bisnis sarang burung walet untuk pebisnis. Dengan adanya ilustrasi ini maka Anda dapat menjadikan sebuah rujukan ketika ingin memulai bisnis ini. Apa sajakah rujukan tersebut? Berikut adalah poin-poin penjelasannya.

1. Adanya Predator

Akan mengalami kesulitan ketika menangkar walet di alam bebas. Sebab akan sulit untuk menghindari adanya predator.  Mengingat bahwa burung walet tidak termasuk hewan pemangsa. Terdapat berbagai jenis hewan yang dikenal sangat suka memangsa burung walet.

Apa sajakah itu? Yaitu kelelawar  tikus dan burung hantu. Sedangkan untuk burung hantu biasanya akan memangsa burung walet yang sedang keluar dari rumah. Biasanya sang pemangsa tersebut menunggunya di dekat jendela. Untuk tikus sangat gemar memangsa burung walet kecil yang belum dapat terbang.

2. Tidak Lepas dari Pencurian

Dengan adanya burung walet, maka tidak lepas dengan adanya pencuri. Dimana para pencuri yang mengincar sarang burung walet. Apalagi jika sarang burung walet tersebut sudah banyak dan sukses. Pastinya akan semakin diincar oleh pencuri. 

Sebagai contoh jika pekerja tidak dapat menjaga burung walet. Maka dapat dipastikan akan dicuri oleh orang.

3. Burung Walet Tidak Menghampiri

Salah satu faktor risiko bisnis sarang burung walet berikutnya yaitu ketika sudah berusaha memanggil burung walet. Namun, burung tersebut tidak datang. Hal ini disebabkan karena pemilihan suara yang tidak sesuai sehingga burung tersebut tidak bersedia datang.

4. Burung Walet Tidak Nyaman

Selanjutnya adalah risiko yang sangat sering terjadi, yaitu burung walet merasa tidak nyaman. Hal ini sering kali dijumpai ketika burung walet sudah datang menuju sarang atau menginap. 

Namun, tiba-tiba tidak mau datang, hal ini disebabkan karena dalam penempatan tweeter tidak sesuai atau kurang nyaman. Resiko lain penyebab burung walet tidak datang, karena disebabkan adanya bau yang tidak disenangi oleh burung walet.

5. Anak Burung Walet Pindah

Resiko bisnis burung walet selanjutnya adalah rumah yang kurang nyaman. Bisa juga rumah  atau sarang tidak lembab. Biasanya hal itu terjadi karena kelembaban yang ada di rumah walet mengalami naik turun. Kemudian yang selanjutnya adalah adanya suara tarik atau suara panggil mengalami perubahan. 

Imbasnya burung walet menjadi bingung dan akhirnya burung tersebut tidak mau datang. Selain itu  terdapat pula hama yang ada di rumah walet. Di mana makanan dari burung walet tersebut ikut dimakan oleh hama sehingga burung walet merasa makanan tidak cukup.

6. Amplifier Mengalami Rusak

Pengetahuan yang sangat minim tentang merawat speaker ampli, kabel, pompa air dan humidifier. Dapat menyebabkan adanya pembengkakan tarif pengoperasian tidak sesuai anggaran.  Lalu rumah walet yang lembab demi mengundang burung walet betah. Kerap menjadi berbanding terbalik, hal itu berkaitan dengan adanya kebutuhan. Seperti perangkat elektronik yang tidak tahan lama.

7. Naik Turunnya Harga Jual

Permintaan pasar akan mempengaruhi harga jual dari burung walet. Sebab tidak ada yang mengatur secara resmi mengenai harga komoditas ini. Sebagai contoh tentang harga burung walet yang akan meninggi ketika menjelang Tahun Baru Cina.

8. Barang Mengalami Kerusakan

Penyimpanan yang kurang memadai dapat menyebabkan sarang burung walet menjadi rusak sehingga kualitasnya akan menurun dengan demikian harga dari sarang burung walet menjadi susah untuk dijual dengan harga yang tinggi.

9. Adanya Rival Usaha

Sebuah persaingan memang sangat sulit untuk dihindarkan. Apalagi sudah diketahui bahwa risiko bisnis sarang burung walet sangatlah banyak. Nah, salah satunya adalah rival dalam persaingan bisnis. Selain itu, lokasi bisnis Anda berdekatan dengan sarang burung walet lama. Aktivitas ini yang mengakibatkan susah untuk melejit dengan cepat.

10. Adanya Penolakan Warga

Tweeter sangat mengganggu, sebab bersuara lantang di sepanjang hari. Inilah yang membuat para warga sangat terganggu. Sebagai contoh mengenai kasus, seperti di Kalimantan. Di mana banyak warga yang menolak usaha ini karena menimbulkan suara yang sangat bising.

11.Adanya Penipuan

Berbagai kasus mengenai bisnis sarang burung walet. Seringkali terjadi banyak kasus tersebut mengenai penipuan. Di mana sang pemilik ditipu oknum yang mengatakan bahwa telah ahli dalam mendatangkan burung walet. Hal ini dikarenakan oknum tersebut ingin mengincar uang si pemilik usaha.

Bisnis burung walet memang sangat menguntungkan. Namun, tak jarang sebagian besar orang banyak mengalami kegagalan. 

Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Apalagi terdapat resiko bisnis sarang burung walet. Salah satunya, yaitu tentang bagaimana cara untuk mendatangkan burung walet menuju kandang yang sudah dibuat. Hal ini membuat bisnis tersebut sangat susah.

Penulis: Farah
Related Posts