taupasar.com

we read, we create and we share it.

Keuntungan dan Resiko Usaha Es Kelapa Muda

Keuntungan dan Resiko Usaha Es Kelapa Muda

Membuka usaha tidak akan lepas dari keuntungan dan resiko yang akan dihadapi. Termasuk juga usaha es kelapa muda ada keuntungan dan resiko yang akan Anda terima. Dua hal ini harus Anda tahu dan Anda pikirkan cara mengatasinya sebelum memulai usaha es kelapa muda. 
Resiko Usaha Es
Keuntungan yang akan Anda terima tentunya tidak hanya dari laba, melainkan dari segi target dan modal. Resiko usaha kelapa muda pun beragam yang perlu Anda pikirkan solusinya. Berikut di bawah ini keuntungan dan resiko usaha es kelapa muda.

Keuntungan Usaha Es Kelapa Muda

1. Usaha yang Memiliki Target yang Luas

Usaha ini termasuk usaha kuliner jenis minuman, yang mana minuman merupakan salah satu kebutuhan manusia setiap hari. Usaha ini tentunya memiliki target yang luas melihat minuman salah satu kebutuhan semua orang setiap hari. 

Usaha es kelapa muda memiliki target market dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Anda tidak perlu khawatir mengenai target market, karena usaha ini sudah pasti memiliki target yang luas. Terbukti banyak pengusaha es kelapa muda yang tetap bertahan selama bertahun-tahun.

2. Modal Usaha yang Kecil

Usaha ini membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal mulai dari 500 ribuan saja, dengan modal tersebut Anda sudah bisa memulai usaha es kelapa muda gula aren dan gula watu. 

3. Mudah Membuatnya

Membuat es kelapa muda tidak membutuhkan peralatan khusus yang banyak dan beragam. Cara membuatnya pun tidak ada langkah-langkah khusus yang menyulitkan. Anda bisa membuat es kelapa muda dengan mudah dan simpel.

4. Cocok Diminum di Semua Musim 

Keuntungan usaha es kelapa muda selanjutnya adalah usaha ini cocok untuk di segala musim. Anda bisa menjual tidak hanya es tetapi kelapa bakar dan jenis minuman kelapa muda lainnya. Usaha ini biasanya akan sangat laku di musim kemarau di siang hari. 

Resiko Usaha Es Kelapa Muda

1. Susahnya Mendapatkan Kelapa Muda yang Pas

Resiko usaha es kelapa muda yang pertama adalah susahnya mendapatkan kelapa muda yang pas dan siap untuk dibuka. Resiko ini yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari kerugian usaha yang besar.  Kerugian akibat salah memilih kelapa bisa diatasi dengan belajar mengenali kelapa muda yang sudah siap untuk dibuka. 

Kelapa yang terlalu tua tidak bisa dijual, sedangkan kelapa muda yang bagus isinya akan menghasilkan tiga porsi gelas dan kelapa muda yang belum siap untuk dibuka cuma bisa menghasilkan 1 atau 2 porsi gelas saja. Maka penting sekali untuk mengenali jenis kelapa yang siap dijual.

2. Susahnya Mendapatkan Supplier Kelapa Muda

Resiko usaha es kelapa muda yang selanjutnya adalah susahnya mendapatkan supplier kelapa muda. Kesulitan ini akan sangat terasa ketika musim kemarau. Permintaan kelapa muda di musim panas semakin banyak sedangkan supplier biasanya membatasi  distribusi kelapa muda yang bagus. 

3. Memerlukan Lokasi Usaha yang Strategis

Beberapa usaha memang tidak memerlukan lokasi usaha yang strategis, tetapi berbeda dengan usaha es kelapa muda yang sangat membutuhkan lokasi usaha yang strategis. Agar memiliki pelanggan yang ramai dan terus berkembang, maka lokasi usaha merupakan hal yang perlu Anda pikirkan matang-matang. 

Anda bisa memilih lokasi usaha di sekitar pasar, kampus, sekolah dan pusat perbelanjaan. Tentu saja harga sewa di tempat yang ramai sangat besar yang juga bisa menghambat usaha es kelapa muda Anda. Biaya sewa yang mahal bisa menyebabkan modal yang Anda butuhkan juga banyak. 

Anda juga bisa mendapatkan tambahan informasi menarik lainnya tepat di bawah ini.

Baca juga:





Di atas adalah keuntungan dan resiko usaha es kelapa muda yang perlu Anda pikirkan dan siapkan strategi mengatasinya. Semoga usaha es kelapa muda ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar dan semakin berkembang. 
Related Posts