taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah 7 Keuntungan dan Resiko Usaha Hidroponik untuk Pemula

Inilah 7 Keuntungan dan Resiko Usaha Hidroponik untuk Pemula

Teknik bercocok tanam saat ini kian beragam. Salah satu teknik bercocok tanam yang sedang viral adalah teknik hidroponik. Cara bercocok tanam yang satu ini kian banyak peminatnya. Kini banyak masyarakat yang tertarik untuk mengambil peruntungan di bidang pertanian. 
Resiko Usaha Hidroponik
Bercocok tanam dengan teknik hidroponik memang bisa menghasilkan keuntungan yang banyak dibandingkan dengan teknik konvensional. Meskipun begitu Anda perlu tahu bahwa usaha bercocok tanam dengan teknik hidroponik memiliki resiko yang besar. Berikut di bawah ini keuntungan dan resiko usaha hidroponik untuk pemula.

Keuntungan Usaha Hidroponik

Teknik hidroponik sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menjual hasil tanaman yang lebih sehat dan berkualitas. Usaha ini memiliki beberapa keuntungan yang perlu Anda perhitungkan. Berikut di bawah ini keuntungan usaha hidroponik untuk pemula.

1. Dapat Ditanam Di Tanah yang Tidak Subur

Keuntungan bercocok tanam dengan teknik hidroponik untuk pemula adalah dapat menanam di tanah yang tidak subur. Anda sebagai pemula tidak perlu menentukan lokasi bercocok tanam yang subur. 

Menanam dengan teknik hidroponik tidak membutuhkan tanah yang subur. Melainkan tanaman ini hanya membutuhkan cahaya, air, dan CO2. Cahaya adalah faktor yang paling penting untuk metabolisme pertumbuhan.

2. Tidak Membutuhkan Tanah yang Luas

Berbisnis hidroponik salah satu keuntungannya adalah tidak membutuhkan tanah yang begitu luas. Membuka usaha hidroponik bisa dimulai dengan luas tanah sekitar 7 cm x 7 cm. Untuk menambah kapasitas menanam Anda bisa memanfaatkan tangga, pot  dan lainnya. 

3. Hasil Panen Lebih Bagus dan Lebih Bersih

Keuntungan yang paling besar dari bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik adalah hasil panennya lebih bagus dan lebih bersih dibandingkan dengan teknik konvensional. Kualitas yang lebih bagus ini bisa mematok harga yang lebih besar dan keuntungan yang didapat tentu akan lebih besar.

Resiko Usaha Hidroponik

Usaha hidroponik tidak lepas dari resiko bisnis yang akan Anda alami ketika menjalaninya. Berikut di bawah ini resiko bisnis usaha hidroponik untuk pemula. 

1. Membutuhkan Modal yang Besar

Meskipun usaha hidroponik tidak membutuhkan tanah yang luas, akan tetapi tetap saja Anda akan membutuhkan modal usaha yang besar. Ada banyak perlengkapan dan peralatan bercocok tanam teknik hidroponik yang perlu Anda siapkan. 

Bercocok tanam dengan teknik hidroponik tentu tidak hanya membutuhkan sekop dan cangkul saja.  Anda akan membutuhkan peralatan hidroponik yang beragam. 

2. Persaingan Usaha yang Tinggi

Ide usaha hidroponik memang masih terbilang baru, namun usaha ini sudah banyak peminatnya. Jadi salah satu resiko usaha yang akan Anda hadapi adalah persaingan usaha yang sangat tinggi.

3. Pertumbuhan Alga

Resiko yang mungkin akan Anda alami ketika bertanam dengan hidroponik adalah kekurangan nutrisi, tenggelam dan penyakit. Hal ini diakibatkan ganggang yang tumbuh diluar kendali di kebun hidroponik Anda. 

Pertumbuhan ganggang atau alga ini sebenarnya bisa Anda atasi dengan menggunakan wadah, tabung dan tutup buram. Jika Anda melihat pertumbuhan ganggang jangan mengikisnya, melainkan dengan membersihkan dan mensanitasi seluruh wadah dan isi ulang wadah dengan air yang bernutrisi. 

4. Kurang Pencahayaan

Resiko tanaman hidroponik yang selanjutnya adalah kurangnya pencahayaan yang diterima tanaman. Tanaman hidroponik membutuhkan cahaya untuk tetap berkembang sesuai dengan kebutuhannya. 

Hindari tanaman hidroponik diletakkan di dalam rumah, karena hal ini menyebabkan kurang terpenuhinya cahaya yang masuk. Kurangnya pencahayaan ini bisa berakibat tanaman hidroponik tidak berkembang dengan baik. Tips tanaman yang diletakkan di dalam ruangan agar tetap mendapatkan cahaya adalah dengan memberikan lampu khusus tanaman. 

Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya tepat di bawah ini.

Baca juga:





7 keuntungan dan resiko usaha hidroponik di atas adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Resiko dan keuntungan di atas harus benar-benar Anda pikirkan mengenai solusi cara mengatasinya agar bisnis hidroponik Anda semakin berkembang pesat. 
Related Posts