taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah 3 Cara Menghitung Modal Usaha Minuman Kekinian Untuk Anda

Inilah 3 Cara Menghitung Modal Usaha Minuman Kekinian Untuk Anda

Modal bagi pengusaha minuman adalah aspek utama yang perlu Anda siapkan. Anda tidak akan bisa menjalankan usaha minuman sama sekali jika tidak memiliki modal dalam jenis apapun.
Cara Menghitung Modal Usaha
Banyak kemungkinan pengusaha minuman mengalami kerugian. Tentu kemungkinan ini juga berlaku untuk Anda yang pengusaha pemula. Maka untuk menghindari kerugian perlu untuk mengetahui cara menghitung modal usaha minuman agar usaha Anda bisa balik modal.

Tiga Jenis Modal Usaha Minuman

Secara umum modal usaha minuman terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Capital Expenses, Operasioal Expenses dan Modal usaha bahan baku minuman. Berikut di bawah ini penjelasan ke tiga jenis modal usaha tersebut.

1. Capital Expenses

Modal usaha Capital expenses adalah modal untuk pengadaan barang perlengkapan dan peralatan dengan masa yang cukup lama atau disebut juga fixed asset. Contohnya seperti bangunan untuk usaha, blender, dan lainnya.

2. Operasional expenses

Operasional expenses adalah modal usaha yang ditujukan untuk biya operasional. Contoh operasional usaha yang perlu Anda siapkan modalnya adalah biaya sewa lokasi usaha, biaya pemakaian listrik, biaya gaji karyawan.

Setipa biaya di atas perlu disiapkan jauh-jauh hari sebelum munculnya tagihan-tagihan kepada bisnis minuman Anda. Maka jenis modal usaha ini harus disiapkan anggarannya secara berkala per bulan untuk setiap biaya yang dibuhkan.

3. Biaya Bahan Baku

Modal usaha yang perlu Anda perhitungkan selanjutnya adalah biaya bahan baku untuk usaha minuman Anda. Misalnya jika Anda akan menjual minuman es teh manis kekinian, maka ada biaya bahan baku seperti the, air, gula, cup, perasa, dll yang perlu kamu perhitungkan setiap bulannya.

Jenis modal ini bisa berubah-ubah setiap bulannya, Anda perlu mempertimbangkannya dengan stok bahan baku yang masih ada. Misalnya jika stok bahan baku sudah habis akan berbeda modal yang diperlukannya ketika stok bahan baku masih ada untuk 500 cup minuman.

Bagaimana Cara Menghitung Modal Usaha Minuman Bisa Balik Modal?

Seorang pengusaha sudah seharusnya mengetahui cara menghitung modal usaha yang akan dijalankannya. Termasuk juga dalam memulai usaha minuman. Anda perlu mempelajari cara menghitung modal usaha minuman di bawah ini.

1. Capital Expensive

Ingin sukses dengan bisnis minuman Anda yang perlu Anda siapkan adalah peralatan untuk membuat minuman sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya jika Anda akan membuka usaha minuman es teh manis plus pop ice kekinian yang perlu Anda siapkan adalah termos es, sendok pengaduk, booth, dan lain-lain.

Untuk lebih jelas mengenai modal minuman es the manis plus pop ice jenis capital expensive berikut di bawah ini –perhitungannya.
  • Termos es    200.000
  • Sendok pengaduk      30.000
  • Sendok es batu,      15.000
  • Blender    500.000
  • Booth 2.000.000
  • Toples untuk gula     15.000
  • Toples untuk toping            75.000
  • Box untuk bahan baku       200.000
Total perhitungan modal untuk biaya capital usaha minuman es teh manis plus pop ice di atas adalah 3.035.000

2. Biaya Operasional

Berikut di bawah ini perhitungan biaya operasional untuk usaha minuman es teh manis plus pop ice kekinian.
  • Listrik      450.000
  • Cup minuman    400.000
  • Gaji karyawan 1.000.000
  • Biaya ongkos    300.000
Total biaya operasional untuk usaha minuman es teh manis plus pop ice adalah 2.150.000 per bulannya. Maka setidaknya Anda harus menyiapkan modal untuk biaya operasional usaha minuman sebesar 2 juta 200 ribu rupiah.

3. Biaya Bahan Baku

Di bawah ini perhitungan untuk biaya bahan baku untuk usaha minuman es teh manis plus pop ice.
  • Teh         500.000
  • Perasa untuk teh 100.000
  • Gula 400.000
  • Air         300.000
  • Pop ice 500.000
  • Toping 400.000
Dari perhitungan biaya bahan baku usaha minuman es the manis plus pop ice di atas maka modal yang Anda perlukan untuk bahan baku adalah 2.200.000 .

Total dari 3 jenis modal usaha minuman kekinian di atas maka Anda perlu menyiapkan modal sekitar 8 juta rupiah. Modal ini tentu akan balik modal dengan cepat, karena minuman ini tidak pernah sepi dari pembeli. Target pasarnya pun dari berbagai kalangan dan usia. 

Anda juga bisa menyimak informasi lainnya yang tak kalah menarik, tepat dibawah ini.

Baca juga:





Semoga informasi cara mengjitung modal usaha minuman kekinian di atas bermanfaat dan salam sukses untuk Anda pengusaha minuman kekinian.
Related Posts