taupasar.com

we read, we create and we share it.

Aman! Inilah Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Aman! Inilah Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Informasi mengenai cara mendapatkan modal usaha tanpa riba bisa Anda simak melalui artikel berikut. Ini tentunya akan sangat berguna bagi Anda yang ingin mencari modal untuk keperluan usaha tanpa terikat dengan riba.
Cara Mendapatkan Modal Usaha
Tentunya dalam sebuah usaha memerlukan yang namanya modal. Namun, modal tersebut tidaklah sedikit diperlukan untuk menjalankan sebuah usaha. Oleh karena itu, mencari modal usaha adalah langkah yang tepat untuk Anda lakukan.

Beberapa Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Anda tentunya tidak ingin merasakan riba ketika meminjam uang untuk keperluan modal usaha Anda. Silahkan simak beberapa cara mendapatkan modal usaha tanpa riba di bawah ini agar Anda bisa terbebas dari riba.

1. Menggunakan KTA Syariah atau Kredit Tanpa Agunan Syariah

Untuk Anda yang ingin mendapatkan modal usaha namun masih sesuai dengan syariat islam yaitu tanpa adanya riba, Anda bisa menggunakan KTA Syariah atau Kredit Tanpa Agunan Syariah.

Ini adalah salah satu produk perbankan berupa pinjaman tanpa agunan dengan menerapkan prinsip Syariah Islam. Untuk produk KTA syariah, tidak ada agunan atau jaminan, namun KTA syariah menawarkan limit pinjaman yang lebih tinggi. 

Nasabah kemudian harus menyerahkan surat yang berisi pernyataan tentang tujuan meminjam uang. Oleh karena itu, nasabah wajib memberitahukan kepada bank tujuan dana yang dipinjam, dan bank menjamin bahwa tujuannya sesuai dengan syariat Islam.

2. Menggunakan Pegadaian Syariah

Cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang berikutnya adalah dengan menggunakan pegadaian syariah. Untuk produk ini tidak jauh berbeda dengan pegadaian tradisional, karena sama-sama menawarkan sejumlah agunan dalam bentuk produk. 

Namun, pegadaian syariah ini memiliki sistem perdagangan yang sedikit berbeda dari pegadaian tradisional. Pegadaian syariah ini tidak dapat memperoleh keuntungan berupa bunga atau bagi hasil. Namun, pelanggan harus membayar untuk pemeliharaan produk tambahan. 

Besarnya upah tergantung dari jenis produk yang dijadikan jaminan. Kemudian ada biaya lain yang harus dibayar pelanggan, seperti biaya pemeliharaan barang, penggantian dan penyimpanan barang yang hilang. Tentu saja pegadaian syariah ini memiliki asuransi.

3. Memanfaatkan Pinjaman Online Syariah

Saat ini semakin banyak lembaga keuangan non bank yang menawarkan pinjaman online termasuk pinjaman syariah. Untuk menghindari bunga dan riba, pinjaman syariah online menggunakan akad Murabahah dan Ihara. 

Ada banyak lembaga keuangan non-bank yang berizin atau terdaftar di OJK sehingga nasabah bisa lebih tenang meminjam online di lembaga keuangan syariah tersebut. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan ini untuk tambahan modal usaha Anda.

4. Memanfaatkan Kartu Kredit Syariah

Cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang terakhir adalah Anda bisa memanfaatkan adanya kartu kredit berbasis syariah yang tersedia. Dengan produk kartu kredit syariah Anda tidak perlu khawatir mengenai adanya riba yang tidak sesuai syariat agama Islam.

Kartu kredit ini digunakan sebagai imbalan atas penggunaan fitur kartu dimana skema bunga kartu kredit membayar biaya keanggotaan bulanan. Kartu kredit ini dilindungi oleh jaminan dan perjanjian pinjaman. Kartu ini hanya dapat digunakan untuk membeli barang-barang Halal dan tidak termasuk riba.

Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Itulah tadi beberapa informasi mengenai cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang telah Anda baca. Untuk Anda yang saat ini sedang mencari tambahan modal tanpa mengandung riba, Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi diatas.

Penulis: Rizal
Related Posts