taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Cara Promosi Channel YouTube di Google yang mudah dilakukan

Inilah Cara Promosi Channel YouTube di Google yang mudah dilakukan

YouTube merupakan salah satu situs web dimana Anda dapat membuat video, menonton dan berbagi video. Jika Anda sudah memiliki channel YouTube namun masih bingung bagaimana cara promosinya, kali ini kami akan membagikan cara promosi channel YouTube di Google.
Cara Promosi Channel Youtube
Sebelumnya, banyak cara melakukan channel YouTube Anda seperti melalui radio, TV, forum, newsletter, dan platform media sosial lainnya. Namun, kali ini kami akan membahas mengenai cara promosi channel Youtube di Google. Kenapa harus di Google? 

Promosi di Google bisa membidik target audiens yang spesifik, biaya dapat dikelola sendiri, hasil iklan Google dapat sesuai keinginan, laporan Google yang akurat, dan iklan lebih optimal dengan bantuan tools.

Cara Promosi Channel Youtube di Google

1. Membuat Blog 

Bukan suatu hal yang asing lagi jika blog dapat memberikan manfaat pada perkembangan bisnis yang tengah dijalankan, termasuk channel YouTube. Saat Anda sudah membuat konten melalui YouTube, coba tuangkan dalam tulisan di dalam blog.

Jangan lupa memberikan informasi channel. Dengan rutin membuat konten blog akan membantu channel Anda menjadi lebih maju lagi. 

2. Menggunakan Google Ads

Dengan menggunakan Google Ads akan terfokus pada pengguna yang ingin melihat kontennya. Google Ads memungkinkan untuk menentukan target audiens iklan yang jelas dan spesifik. Terutama dalam segi demografis yang meliputi lokasi, usia, jenis kelamin, dan perangkat yang digunakan untuk mengakses internet.

Menariknya, Google Ads juga bisa melihat kecenderungan audiens dengan konten dan topik tertentu. Oleh sebab itu, cara promosi channel YouTube di Google menggunakan Google Ads merupakan pilihan yang tepat.

3. Membuat Channel Berbagai Negara

Selain menggunakan blog dan Google Ads, pertimbangkanlah untuk membuat channel berbagai bahasa atau wilayah. Anda dapat menggunakan teks otomatis, terjemahan manual, atau menggunakan alat dan layanan pihak ketiga.

Untuk penambahan subtitle atau teks akan memungkinkan videonya dilihat lebih banyak penonton termasuk orang dengan gangguan pendengaran, atau tidak mengerti bahasa Anda. 

4. Menggunakan YouTube API

YouTube API atau Application Programming Interface merupakan metode yang bermanfaat untuk menghubungkan atau berkomunikasi antar aplikasi atau website.

Adapun manfaat lain dari YouTube API yaitu sebagai alat pemantau subscriber suatu channel YouTube, menampilkan informasi berkaitan dengan channel pada aplikasi lain, mendapatkan embedded seluruh video, melakukan autentikasi pengguna ke dalam akun YouTube, hingga mengelola video yang diunggah.

5. Menyebarkan Link di Blog Anda

Selanjutnya, menyebarkan link di blog Anda juga bisa menjadi cara promosi melalui Google selanjutnya. Anda bisa menggunakan URL yang menyertakan channel video. Kirim link tersebut melalui blog yang kemungkinan dapat menampilkan konten Anda.

Cara menyebarkan link URL channel YouTube adalah hal mendasar dan mudah. Anda dapat melihat link di bagian atas tepat browser yang digunakan. Copy URL dan bagikan di blog.

6. Menggunakan Judul yang Menarik

Tidak hanya menyediakan konten menarik dan bermanfaat, Anda juga perlu membuat judul yang menarik dengan menambahkan thumbnail hingga memasukkan tag di video YouTube yang akan Anda unggah. 

Cara membuat judul menarik bisa menggunakan angka dan tanda kurung, memperhatikan panjang judul, dan kata kunci yang relevan. Kata kunci hal penting dalam algoritma mesin pencari. Anda dapat menggunakan beberapa tools untuk mendapatkan kata kunci relevan seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, atau Google Trends.

Jangan berpaling terlebih dahulu, Anda dapat menyimak sejumlah informasi tambahan berikut ini.

Baca juga:





Itulah cara promosi channel YouTube di Google yang bisa Anda praktekkan. Semoga channel YouTubenya semakin berkembang dan maju ya? 

Penulis: Erisa 
Related Posts