taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Cara Promosi Channel Youtube Lewat Instagram

10 Cara Mempromosikan Channel YouTube di Instagram

YouTube adalah salah satu platform sebagai sarana untuk membagikan dan menonton konten video, dengan memiliki lebih dari satu miliyar pengguna per bulan. Angka yang sangat besar yang menjadikan platform ini salah satu media dengan pengguna aktif terbesar di dunia.

promosi youtube di ig
Promo Youtube di IG - Pixels

Besarnya angka tadi juga didukung oleh semakin bertambahnya creator atau sering disebut youtuber dari waktu ke waktu. Melonjaknya jumlah Youtuber ini menjadikan "persaingan" antar channel semakin seru. Meskipun mungkin dalam prakteknya tidak ada niatan untuk bersaing, namun dari kaca mata industri itu tetap saja disebut share market atau berbagi penonton.

Tidak heran banyak channel, khususnya yang sedang baru dibangun memutuskan untuk melakukan promosi channel mereka. Tujuan utamanya biasanya adalah memberi tahu target penonton mereka, bahwa mereka saat ini juga punya konten di youtube.

Pentingnya Promosi Channel Youtube

Banyak sekali youtuber yang saat ini memiliki pendapatan hingga milyaran rupiah. Wajar jika hal itu membuat antusiasme banyak orang mencoba masuk ke dunia ini sangat besar. Berbagai macam latar belakang dan profesi saat ini bisa dijadikan konten Youtube sehingga peluang untuk masuk ke media ini jadi semakin besar.

Kamu tertarik berkarir dan memiliki pendapatan dengan menjadi seorang Youtuber? Untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube kamu harus mendaftar dan diterima di Program Partner YouTube (YPP), tentu dengan beberapa syarat agar diterima salahsatunya harus memiliki 1.000 subscriber, memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam 12 bulan terakhir.

Dengan adanya persyaratan tadi dan jumlah channel dengan tema serupa begitu banyak, maka promosi adalah salah satu cara untuk bisa mendapatkan target tersebut. Promosi disini jangan dianggap suatu program yang rumit. Logika dasarnya, promosi channel youtube adalah segala sesuatu yang bisa membuat orang tahu bahwa kita memiliki channel.

Khususnya channel yang baru merintis, jangan berfikir terlalu jauh soal promosi apalagi berbayar. Manfaatkan apa yang kita punya untuk alat promosi. Kontak Whatsapp atau sosial media seperti IG atau FB juga bisa kita masukkan ke dalam daftar tempat promosi konten youtube.

Promosi Konten Channel Youtube Lewat IG (Instagram)

Untuk memenuhi persyaratan itu, kamu harus rajin promosi saluranmu ke berbagai media sosial salah satunya Instagram. Di artikel ini saya akan membagikan  Cara Mempromosikan Channel YouTube di Instagram yang harus kamu lakukan.

1. Membagikan tangkapan layar gambar berupa channel YouTubemu

Setelah channel YouTubemu dibuat, dan memiliki beberapa atau minimal satu video yang sudah dibagikan disaluranmu, tangkap gambar berupa channelmu itu lalu bagikan di Instastory Instagrammu.

Walaupun postingan di Instastory hanya berlaku dalam waktu 24 jam saja dan setelah itu hilang, namun beberapa produk terkenal mengakui dari Instastory meningkatkan pendapatan hingga 2%.
Ini salah satu cara promosi YouTube di instastory yang harus kamu lakukan.

Walaupun tidak begitu berpengaruh tidak ada salahnyakan kalau dicoba sebagai usaha menambah subscriber.

2. Bagikan juga di postinganmu

Karena di Instastory hanya beberapa jam saja, kamu juga harus membagikannya di postingan kamu, agar pengikut barumu di Instagram dapat melihat bahwa kamu memiliki chanel YouTube yang menarik dan layak di tonton oleh mereka.

3. Pasang foto thumbnail salah satu video YouTubemu.

Sebelum kamu promosi saluranmu pastikan bahwa kamu sudah memiliki video yang sudah dibagikan disaluranmu, setelah itu kamu bisa membagikan foto yang merupakan thumbnail video tersebut di postingan Instagram kamu.

Orang-orang akan mengetahui bahwa kamu memiliki video yang sudah dibagikan disaluranmu, sehingga mereka tertarik untuk melihatnya.

4. Bagikan proses pembuatan video baru saluranmu di Instagram.

Membagikan proses pembuatan video barumu merupakan salah satu cara promosi channel YouTube di story instagram. 

Karena dengan ini followersmu di Instagram dapat mengetahui bahwa kamu mempersiapkan video barumu dengan sebaik mungkin, dan hal ini juga dapat menarik perhatian mereka agar tertarik menonton video barumu.

5. Bagikan video potongan yang terdapat di salah satu video saluranmu.

Salah satu cara mempromosikan video YouTube di story instagram agar jumlah subscribermu bertambah, adalah dengan membagikan potongan video yang sekiranya menarik perhatian dari video tersebut.

Dengan ini mereka akan  sedikit mengetahui pembahasan dalam videomu itu. Jadi pastikan potongan video yang akan dibagikan merupakan video yang akan menarik perhatian followersmu untuk berkunjung ke saluranmu.

6. Bagikan video mengajak subscribe

Salah satu cara mempromosikan channel YoTtube di instagram yang akan saya bagikan adalah dengan membagikan video berupa ajakan untuk subscribe channel youtubemu. Kamu bisa membagikannya di instastory ataupun postingan biasa.

7. Sertakan link channelmu

Cara mempromosikan saluran YouTube di instagram yang paling penting adalah jangan lupa untuk sertakan link di postingan atau Instastory, ini akan mempermudah mereka untuk terhubung dengan saluranmu.

8. Sertakan ajakan untuk subscribe

Menggunakan kata-kata mengajak subscribe adalah salah satu cara mempromosikan channel YouTube mu di Instagram.

Dengan kata-kata untuk subscribe mereka akan tersugesti untuk subscribe saluranmu, walaupun belum tentu juga mereka akan mengikuti ajakanmu.

9. Gunakan kata-kata yang menarik, promosi tapi tidak terkesan sedang promosi.

Mempromosikan saluranmu di instagram tidak harus selalu menggunakan kata-kata ajakan untuk subscribe saluranmu atau menuliskan link setiap postingan, tetapi juga bisa menggunakan kata-kata yang lain yang menarik perhatian mereka.

Berikut Saya kasih contoh kata-kata promosi channel YouTube.
Video baru sudah muncul diyoutube ya, bisa cek di bio saya atau cari youtube (tulis nama channelmu).

Kata-kata ini secara tidak langsung mempromosikan channelmu dengan tersembunyi, tapi kamu harus perhatikan bahwa bio instagram kamu sudah dilengkapi dengan link channelmu.

10. Bagikan foto terlucu atau terjelek dari potongan video barumu

Dengan membagikan foto terjelek dan ditambahi kata-kata yang membuat penasaran followersmu adalah salah satu cara mempromosikan saluranmu di Instagram.

Buat mereka penasaran apa yang telah terjadi atau yang sudah kamu bagikan di saluranmu. Mereka akan berkunjung kesaluranmu jika postinganmu memang membuat penasaran.

Itu tadi 10 cara mempromosikaan channel youtube di Instagram, beberapa cara di atas harus rutin kamu lakukan agar followersmu yakin bahwa kamu akan terus mengembangkan saluranmu.

Seperti mengirim video terbaru dari saluran YouTube ke Instagram, atau foto-foto yang menarik perhatian mereka untuk berkunjung ke channel Youtubemu. 


Penulis : Aziizah

Editor : Sigit Utomo

Related Posts