taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Bank Serta Keuntungan dan Kerugian yang Didapat

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Bank Serta Keuntungan dan Kerugian yang Didapat

Memiliki sebuah ide dan rencana bisnis yang inovatif saja memang tidak cukup untuk memulai sebuah bisnis atau usaha. Sebab, untuk membangun sebuah bisnis  membutuhkan modal yang cukup agar kedepan nya usaha tersebut dapat berkembang lebih baik lagi. 
Cara Mendapatkan Modal Usaha
Maka dari itu, modal sudah menjadi hal utama yang harus kamu siapkan sedini mungkin jika ingin membangun atau mengembangkan sebuah bisnis. Sejatinya, modal usaha memang bukan urutan pertama yang harus dipikirkan dalam membangun bisnis. 

Tetapi, tanpa adanya modal otomatis bisnis kamu tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.
Hal itu dikarenakan, membuat dan mempromosikan sebuah produk tentu saja membutuhkan modal yang terbilang tidak sedikit jumlahnya.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang merintis bisnis tapi bingung mau mencari modal usaha kemana.
Kali ini kami akan membahas tentang cara mendapatkan modal usaha dari Bank serta keuntungan dan kerugian yang kamu dapat.

Mengajukan pinjaman uang ke Bank memang memiliki persyaratan yang cukup rumit, namun jika kamu memang bersungguh-sungguh ingin membuka usaha maka pilihan yang tepat dengan kamu ikuti cara pinjam uang di Bank.

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Bank

1. Yakinkan Pihak Bank dan Usaha Kamu

Cara mendapatkan modal usaha dari Bank yang harus kamu ketahui sebelum melakukan pengajuan pinjaman. Umumnya, pihak Bank akan mempertimbangkan beberapa hal jika menyangkut dengan data calon peminjam.

Maka dari itu, kamu harus bisa meyakinkan pihak Bank perihal mengajukan pinjaman untuk modal usaha yang kamu rintis. Jelaskan secara rinci tujuan usaha serta jenis usaha yang kamu jalankan yang memiliki prospek yang bagus untuk masa mendatang.

Jika perlu, kamu boleh siapkan proposal dalam bentuk hardcopy. Hal ini bisa menjadi menambah nilai kesungguhan kamu dalam mengajukan pinjaman untuk modal usaha.

2. Lengkapi Semua Persyaratan

Melengkapi berbagai macam persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak Bank, merupakan cara mendapatkan modal usaha dari Bank selanjutnya. 

Kamu harus tahu pihak Bank akan periksa kelengkapan data peminjam dengan teliti, maka dari itu sangat penting bagi kamu untuk memenuhi semua persyaratan yang berlaku. Dokumen-dokumen yang menjadi syarat cara mendapatkan modal usaha dari Bank yaitu:
  • Laporan Keuangan
  • Fotokopi KTP
  • Kartu Keluarga
  • Slip Gaji atau Mutasi Keuangan
  • Dokumen lainnya
Selanjutnya, pihak Bank biasanya akan meminta nasabah nya untuk menyerahkan surat-surat kepemilikan barang yang dimiliki sebagai bentuk jaminan.

3. Bentuk Citra Diri yang Positif

Hal yang terakhir yang perlu kamu lakukan untuk cara mendapatkan modal usaha dari Bank adalah dengan membentuk citra positif dalam diri. Pastikan kamu adalah orang yang layak diberikan pinjaman oleh pihak Bank. Ingat, jangan tegang ketika bertemu pihak Bank.

Hal itu kemungkinan besar akan membuat jawaban yang kami sampaikan tidak tersampaikan dengan lancar. Sehingga kamu akan terlihat seperti ragu dan dianggap tidak meyakinkan oleh pihak Bank. Oleh karena itu bersikaplah dengan sewajarnya, dengan begitu pihak bank mau untuk mempertimbangkan tujuan kamu mengajukan pinjaman tersebut.

Keuntungan Mendapatkan Modal Usaha dari Bank

1. Memberi Kemudahan

Bagi nasabah yang secara teratur menyimpan uang Bank, besar kemungkinan pihak Bank akan mempermudah pengajuan permohonan kredit. Semua persyaratan yang diperlukan juga terbilang cukup mudah karena hanya menyiapkan dokumen pribadi dan tentu saja riwayat peminjam yang baik.

2. Beragam Jenis Pinjaman

Kamu bisa medapatkan berbagai jenis pinjaman, termasuk wirausahawan berskala mikro, dari mulai KUR hingga KTA dan Kredit Multiguna. Masing – masing produk pinjaman yang ditawarkan ada kelebihan serta kekurangan.

Sehingga kami sebagai nasabah hanya tinggal menyesuaikan mana sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan usaha kamu

3. Pihak Bank Tidak Ikut Campur

Keuntungan yang lainnya yang kamu dapatkan adalah pihak Bank tidak akan turut campur di dalam bisnis yang dijalankan dengan uang tersebut. Mereka hanya mengurus kelancaran dan kedisiplinan nasabah dalam mengembalikan kredit yang digunakan.

4. Memiliki Bunga Rendah

Biasanya produk pinjaman untuk modal usaha mikro memiliki tingkat suku bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan produk pinjaman yang lain bersifat konsumtif.

5. Jaminan Aman

Ketika akan meminjam dana untuk modal usaha ke Bank, biasanya nasabah akan diminta untuk menyerahkan berupa aset berharga sebagai agunan atau jaminan. Dalam hal ini pihak bank akan bertanggungjawab secara penuh akan keamanan jaminan tersebut.

Kerugian Mendapatkan Modal Usaha dari Bank

1. Memiliki Proses yang Rumit

Beberapa Bank ada  yang masih memberlakukan proses yang berbelit-belit. Setelah menerima formulir permohonan pinjaman, mereka akan memverifikasi dulu, kemudian melakukan survey terhadap usaha yang dijalankan. Selanjutnya kembali melakukan verifikasi dan beberapa prosedur merepotkan lainnya.

2. Buang Banyak Waktu

Prosesnya yang rumit dan berbelit, tidak jarang nasabah harus menunggu hingga lama untuk menerima dana yang diinginkan.

3. Nasabah Pernah Mengajukan Pinjaman Menjadi Prioritas

Meskipun tidak sepenuhnya merupakan kebijakan bank, namun umumnya mereka akan memilih nasabah. Nasabah yang pernah mendapatkan pinjaman dan lancar dalam hal pengembalian akan lebih mudah mengajukan pinjaman baru.

Sedangkan bagi nasabah baru biasanya harus rela mengikuti berbagai prosedur yang merepotkan karena dianggap beresiko tinggi.

4. Jaminan Akan Menjadi Milik Bank Jika Gagal Melunasi Pinjaman

Salah satu kerugian yang paling dikhawatirkan oleh masyarakat ketika hendak mengajukan pinjaman ke bank. Mereka takut apabila ternyata usaha yang dijalankan gagal sehingga pinjaman tidak mampu dilunasi. Jadi, mau tidak mau mereka harus merelakan aset yang dijadikan agunan atau jaminan menjadi milik bank.

5. Jumlah Kebutuhan Tidak Sesuai

Bank hanya memberikan pinjaman sesuai dengan nilai jaminan yang diajukan oleh nasabah. Ketika nilai taksiran bank lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh nasabah, maka  nasabah tersebut harus rela mencari tambahan dari sumber yang lain.

Apabila kamu sudah mendapatkan persetujuan atas pengajuan pinjaman, maka mulailah menjalankan usaha yang telah diimpikan selama ini.

Pastikan untuk menjalankan usaha kamu dengan sebaik-baiknya, sehingga kamu bisa mengembalikan pinjaman sesuai dengan waktu yang telah disepakati, dan bisa lancar pembayaran angsuran nya.

Di bawah ini juga disediakan sejumlah informasi yang tak kalah menarik untuk disimak, awas jangan sampai terlewatkan.

Baca juga:





Nah, itu dia cara mendapatkan modal usaha dari Bank serta keuntungan dan kerugian yang kamu dapat.

Penulis: Putri Geo
Related Posts