taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips dan Cara Menjadi Supplier Toko Kelontongan Untung Besar

Tips dan Cara Menjadi Supplier Toko Kelontongan Untung Besar

Sempitnya peluang untuk mendapatkan pekerjaan membuat banyak masyarakat Indonesia beralih menjadi pengusaha. Salah satu peluang usaha yang dipilih adalah membuka toko kelontongan. 
Cara Menjadi Supplier
Usaha kelontongan adalah usaha rumahan yang memiliki banyak target pembeli, karena produk yang dijualnya adalah barang-barang yang menjadi kebutuhan orang-orang setiap hari. Contohnya membuka toko grosir bahan sembako atau sembilan bahan pokok.

Semua kebutuhan sehari-hari bisa didapatkan dari kelontongan. Toko yang sudah menjadi bagian aktivitas sehari-hari masyakarat Indonesia ini memiliki peluang bisnis yang besar untuk menghasilkan pendapatan yang fantastis. 

Meskipun memiliki peluang yang besar, namun jika kamu ingin membuka usaha toko kelontongan kamu perlu tahu tipsnya terlebih dahulu. Berikut di bawah ini cara menjadi supplier toko kelontongan yang perlu kamu terapkan. 

Tips dan Cara Menjadi Supplier Toko Kelontongan 

Membuka usaha apapun perlu ada ilmunya, harus tahu tips, cara dan strategi khusus untuk mengembangkan suatu usaha. Begitupun jika kamu ingin membuka usaha toko klontongan, maka kamu perlu tahu cara dan tipsnya. Berikut di bawah ini cara dan tips menjadi usaha supplier toko klontongan.

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Membuka usaha jenis atau bidang apapun harus mempertimbangkan lokasi usahanya terlebih dahulu. Karena lokasi usaha salah satu yang akan menjadi penentu suksesnya bisnis kamu atau tidak. 

Agar terhindar dari kegagalan dalam usaha toko klontongan yang harus kamu pertimbangkan adalah lokasi usaha untuk membuka toko klontongan. Tempat usaha untuk toko klontongan yang paling tepat adalah di tempat keramaian seperti di pasar tradisional. 

Pasar tradisional adalah lokasi khusus yang disediakan untuk transaksi jual beli di masyarakat sekitar lokasi. Lokasi ini disediakan untuk memberikan kemudahan antara penjual dan pembeli bahan-bahan pokok untuk bertransaksi.

2. Tentukan Harga yang Kompetitif 

Membuka toko kelontongan memang memiliki peluang yang besar, akan tetapi ada tantangan yang juga harus kamu hadapi. Tantangan membuka toko kelontongan salah satunya adalah memiliki kompetitor bisnis di bidang yang sama. 

Di pasar tradisional kamu akan menemui banyak kompetitor bisnis yang harus kamu hadapi. Mereka menjual barang dagangan yang sama dengan yang kamu jual. Persaingan bisnis ini harus siap untuk kamu hadapi. 

Cara menghadapi kompetitor bisnis toko klontongan salah satunya dalam hal harga. Tentukan lah harga barang dagangan dengan Kompetitif, dengan mempertimbangkan untung rugi dan persaingannya dengan kompetitor. 

Perbedaan harga akan berpengaruh pada tingkat penjualan toko kamu. Jadi pastikan bahwa kamu menjual produk dengan harga yang siap bersaing. 

3. Produk Dagangan yang Lengkap

Pernah tidak kamu belanja ke toko klontongan, namun barang tertentu ternyata tidak tersedia di toko tersebut, tetapi di toko klontongan yang lain tersedia. Hal ini tentu akan mempengaruhi pembeli untuk belanja lagi di toko mu atau tidak. 

Seringnya ketidaktersediaan produk membuat pembeli enggan berkunjung kembali ke toko kelontong tersebut. Hal ini tentu akan mengurangi tingkat penjualan dan penghasilan dari toko tersebut. Jadi pastikanlah bahwa toko kelontong kamu selalu tersedia produk-produk  yang lengkap.

Menyetok barang di toko klontongan harus bisa diatur sedemikian rupa. Jangan sampai stok barang di toko kamu terlalu banyak sehingga bisa menyebabkan stok barang mendekati masa expired.

Menyediakan barang dagangan di toko klontongan terlalu sedikit juga akan menyulitkan mu. Jadi hal ini harus diatur sedemikian rupa, agar stok barang dagangan selalu tersedia dan tidak mendekati masa expired

4. Mencari Pemasok dengan Harga yang Siap Bersaing

Agar kamu bisa menentukan barang dagangan di toko dijual dengan harga yang murah, maka kamu harus mencari pemasok yang tepat. Carilah pemasok yang menjual harga yang murah, agar kamu bisa menjual barang dagangan dengan murah dan siap bersaing dengan kompetitor. 

Meskipun menentukan harga sembako yang dijualnya murah, namun kamu harus tetap memperhitungkan yang lainnya. Misalnya biaya pengiriman, kualitas produk dan dan lama pengirimannya. 

Pilihlah pemasok yang menjual produk dan ongkos kirim yang murah, dan proses pengirimannya tidak terlalu lama. Hal ini akan membantu toko kamu untuk stabil dalam penjualan produk. 

5. Memberikan Pelayanan yang Baik

Pernahkah kamu berbelanja di toko kelontongan dengan pelayanan yang tidak ramah? Hal ini tentu akan mempengaruhi kamu untuk berbelanja lagi di sana atau tidak. 

Untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap pembeli, sudah seharusnya penjual memberikan pelayanan yang ramah, sopan dan terbaik. Hal ini akan mempengaruhi tingkat penjualan produk di toko kamu. 

6.  Menggunakan Strategi Promosi yang Tepat

Membuka toko kelontongan juga membutuhkan strategi promosi yang tepat. Ada banyak strategi yang bisa kamu terapkan di toko kamu. Misalnya dengan memberikan diskon atau potongan harga.

Cara lainnya bisa dengan memberikan bonus tambahan. Misalnya pembeli yang membeli barang senilai lebih dari 100 ribu, maka akan mendapatkan bonus piring cantik. 

7. Memanfaatkan Teknologi

Kemajuan teknologi saat ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis. Salah satunya bisnis kelontong yang bisa memanfaatkan kemajuan teknologi.

Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah jasa pengiriman. Saat ini penjualan sembako bisa melalui online, kamu bisa bekerja sama dengan jasa pengiriman barang seperti Gojek, Grab dan lainnya. 

Selain itu, saat ini beberapa toko kelontong memanfaatkan aplikasi kasir yang bisa membantu mereka dalam penjualan barang dagangan mereka. Hal ini akan mempermudah kamu dalam mengatur stok barang dagangan di toko.

Tak hanya informasi di atas tadi, kamu juga bisa menyimak sejumlah artikel menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





7 cara menjadi supplier toko klontongan untung besar di atas bisa membantu penjualan toko klontongan milikmu menghasilkan keuntungan yang besar. Semoga bisnis kamu terus berkembang dan menghasilkan cuan yang banyak. 
Related Posts