taupasar.com

we read, we create and we share it.

Intip 7 Rekomendasi Bisnis Santri Menguntungkan Ini

Intip 7 Rekomendasi Bisnis Santri Menguntungkan Ini


Jiwa bisnis dan kreatif kini bisa dikembangkan oleh setiap orang, tak terkecuali bagi santri. Bahkan pada umumnya para santri masa kini dituntut dapat mengikuti perkembangan dan mampu bersaing dengan dunia luar. Berbicara mengenai bisnis, ada beberapa rekomendasi bisnis santri menguntungkan yang bisa Anda jadikan acuan.
rekomendasi bisnis
Sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan segala peluang yang ada dan memperhitungkan prospek bisnis tersebut ke depannya. Namun untuk lebih memudahkan, beberapa rekomendasi berikut ini diperkirakan akan menjanjikan dijalankan oleh santri.

7 Rekomendasi Bisnis Santri Menguntungkan


1. Bisnis Pakaian Muslim Wanita

Ide bisnis pertama adalah berjualan pakaian muslim wanita. Anda bisa mengambil stok produk dari konveksi atau agen distributornya, seperti gamis, hijab, niqab, mukena, hingga aksesoris muslim wanita.
Bisnis ini memiliki prospek yang luas, bahkan di era digital ini. 

Selain itu kini banyak yang tertarik akan fashion muslim wanita sehingga berimbas pada efek pada minat dan pesanan. Apalagi dari masa ke masa fashion selalu berubah, termasuk dalam fashion muslim. Ini menjadikan bisnis pakaian muslim semakin berpotensi tinggi untuk ke depannya.

2. Bisnis Pakaian Muslim Pria

Bagi santri, Anda juga bisa menjual pakaian muslim khusus pria. Misalnya dengan berjualan produk baju koko, sarung, peci, dan lainnya. Anda bisa menawarkan produk-produk yang dijual di lingkungan pesantren maupun secara umum. Dengan begitu keuntungan pun bisa semakin banyak karena cakupan bisnis yang luas.

Hal pertama yang dapat dilakukan setelah menentukan target pasar, Anda bisa menyesuaikan jenis produk atau brand fashion muslim yang akan dijual. Misalnya mengambil stok dan bekerjasama dengan suatu konveksi. Perhitungkan pula harga jual dan keuntungan yang bisa didapatkan.

3. Jual Alat Tulis & Buku Islami

Menjalankan usaha berjualan alat tulis dan buku Islami juga menjadi salah satu rekomendasi bisnis santri menguntungkan saat ini. Dengan banyaknya pesantren atau lembaga pembelajaran Islami memang perlu didukung dari berbagai segi, salah satunya fasilitas belajar seperti buku pengetahuan seputar keagamaan.

Bahkan ketika Anda adalah salah seorang santri, ini menjadi satu kelebihan karena Anda akan lebih memahami peralatan belajar seperti apa saja yang dibutuhkan santri. Misalnya dengan menjual Al-Qur’an, kitab kuning, dan lainnya.

4. Bisnis Handmade

Anda juga bisa menjalankan bisnis produk-produk handmade atau kerajinan tangan. Di masa kini, tren bisnis handmade memang sedang kembali meroket, seiring dengan permintaan dari para konsumennya.
Siapa bilang santri tidak bisa mengelola usaha seperti ini? Anda bisa menawarkan produk buatan tangan bernuansa Islami. 

Apalagi jika Anda merupakan seorang pebisnis berjiwa seni, bakat membuat kaligrafi bisa dimanfaatkan. Untuk menarik minat pembeli, Anda bisa memperbanyak referensi gaya pembuatan kaligrafi serta surah atau kalimat Islami apa saja yang bisa dibuat.

Selain kaligrafi, Anda juga bisa menjual produk handmade berupa lukisan bertema Islamiah. Apabila Anda memiliki skill melukis maka Anda cukup manfaatkan bakat, namun bisa pula dengan membeli stok lukisan dari orang lain.

5. Reseller/Dropshipper

Rekomendasi bisnis santri menguntungkan selanjutnya adalah dengan menjadi reseller atau Dropshipper. Memulai bisnis ini kini sangat menjanjikan dan hanya memerlukan modal murah. 

Anda cukup memiliki bakat marketing yang baik serta fasilitas digital seperti handphone, maka usaha ini dapat dijalankan.

Bisnis tanpa modal ini pun cocok dijalankan oleh kalangan santri dan mudah dimulai. Anda hanya cukup mencari suatu penjual online yang membutuhkan jasa reseller atau Dropshipper. Jika konsep Dropshipper adalah dengan menyetok barang-barang yang akan dijual, maka reseller hanya cukup mengandalkan skill penjualan yang maksimal sehingga menarik banyak pembeli saja.

Dengan adanya media sosial, Anda bisa menjalankan peran sebagai reseller atau dropshipper secara mudah. Anda bisa melakukan promosi dengan mengelola akun media sosial khusus produk-produk yang dijual. Anda juga bisa memilih produk seperti apa yang ingin ditawarkan, misalnya yang sesuai produk yang berhubungan dengan kebutuhan konsumen muslim.

6. Kuliner Kekinian

Para santri kini dinilai memiliki daya saing bisnis yang kuat dengan pelaku bisnis umum di luar sana. Dengan adanya tekad untuk sukses dan potensi dalam berbisnis, apapun bisa dilakukan sesuai dengan minat dalam dirinya.

Rekomendasi bentuk usaha lainnya yang bisa dijalankan para santri adalah membuka bisnis kuliner kekinian. Anda bisa memanfaatkan lingkungan pesantren untuk berjualan kuliner halal nan kekinian. Ada banyak ide kreatif untuk berjualan makanan, minuman, atau camilan yang umumnya disukai serta dicari anak muda.

Selain di lingkungan internal, bisnis juga bisa dikembangkan secara perlahan agar lebih luas. Yaitu Anda bisa bekerjasama mengelola bisnis kuliner bersama dengan santri lain, untuk nantinya ditawarkan kepada warga sekitar. Contohnya berjualan snack kering dalam kemasan menarik, salad buah, rice box, cake, dan berbagai ide lainnya.

7. Membuka Koperasi/Warung Pesantren

Ide bisnis selanjutnya yang memungkinkan dijalankan oleh santri adalah dengan membuka warung atau koperasi pesantren. Mempertimbangkan prospek, keuntungan, serta risiko minimnya, bisnis ini dapat menjadi saran terbaik.

Untuk memaksimalkan keberlangsungan bisnis koperasi agar bertahan lama, Anda bisa bekerjasama dengan para santri lainnya yang memiliki potensi baik dalam menjalankan sebuah bisnis terkait.

Jika dikelola secara baik maka keuntungan yang didapatkan pun bisa menutupi modal usaha. Di samping itu kebutuhan fasilitas belajar pasti akan selalu dibutuhkan para santri lainnya. Santri di lingkungan tersebut akan mengandalkan bisnis Anda karena memperhitungkan jaraknya yang dekat.

Dapatkan tambahan informasi terkait pada sejumlah pilihan artikel berikut ini.

Baca juga;





Demikian 7 ide dan rekomendasi bisnis santri menguntungkan yang bisa Anda pertimbangkan saat ini.
Related Posts