taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ide dan Peluang Usaha Santri Masa Kini

Ide dan Peluang Usaha Santri Masa Kini


Sekolah berbasis pendidikan agama seperti pesantren memang bertujuan untuk menghasilkan lulusan santri unggulan dengan menerapkan ilmu-ilmu agama. Akan tetapi di samping itu, mereka pun dituntut siap menghadapi dunia kerja di luar sana yang cenderung keras persaingannya.
peluang usaha
Oleh karenanya pengetahuan tentang berbisnis pun perlu diketahui, baik dengan profesi seputar keagamaan ataupun umum. Apalagi sekarang ini dunia bisnis menuntut pelaku usaha mengikuti perkembangan teknologi yang ada. 

Maka berikut ini Anda bisa mengetahui bagaimana peluang usaha santri masa kini dan seperti apa contoh ide usahanya.

Bentuk-Bentuk Profesi dan Peluang Usaha Santri


1. Bisnis Startup Santri

Dewasa ini kita dihadapkan pada perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, termasuk yang mempengaruhi dalam dunia usaha. Anak muda yang memiliki jiwa wirausaha modern, banyak yang membangun bisnis startup.

Mengikuti kurikulum serta ekstrakurikuler di pesantren yang semakin mengikuti perkembangan, maka bukan hal aneh bila kini para santri atau lulusan pesantren dapat bersaing di dunia usaha dan membangun startup seperti warung pintar.

Dengan memanfaatkan teknologi, Anda dapat mengembangkan warung pintra yang memudahkan konsumennya. Pasalnya warung pintar ini unggul soal keragaman dan kecepatan. Tentu peluang bisnis seperti ini diprediksi dapat mendulang pundi-pundi rupiah hingga ke depannya.

2. YouTuber dan Blogger Dakwah

Peluang usaha santri selanjutnya adalah mengelola saluran YouTube atau website pribadi dengan berisikan konten seputar keagamaan. Profesi yang berbasis penggunaan teknologi informasi ini memberikan kesempatan setinggi-tingginya kepada siapa pun yang berjiwa kreatif dan ingin menghasilkan pendapatan.

Bagi para santri, Anda juga bisa mengelola YouTube dan Blog pesantren sebagai admin. Untuk mendapatkan pemasukkan, admin dituntut bisa menaikkan jumlah subscriber dan viewers konten video. 

Begitu pula untuk website, konten tulisan harus menarik banyak pembaca dengan cara menerapkan sistem penulisan berbasis SEO.

Pada awalnya Anda bisa berfokus mengembangkan YouTube dan Blog, sehingga nantinya mendapatkan banyak adsense dan menghasilkan pendapatan yang menjanjikan.

3. Jurnalis Media Islami

Peluang profesi berbasis keagamaan kini semakin luas, salah satunya dengan munculnya berbagai media islami, seperti TV hingga radio. Apalagi banyak pesantren yang memiliki ekstrakurikuler jurnalistik, maka ini menjadi tempat pelatihan untuk profesi jurnalis.

Meskipun Anda masih menjadi seorang santri, namun kini menjadi jurnalis tidak harus bagi lulusan saja. Anda bisa menjadi kontributor atau freelance dalam media islami tersebut.

4. Bimbingan Belajar Keagamaan

Menjadi tutor dalam program bimbingan belajar keagamaan juga merupakan peluang yang tepat untuk menyalurkan kemampuan Anda sebagai seorang santri. 

Dalam hal ini Anda berperan dalam membimbing dan berbagi ilmu pengetahuan seputar agama yang telah dimiliki. Apalagi hal-hal seperti ini sangat berkaitan dengan nilai-nilai dakwah.

Dalam prosesnya, Anda bisa bergabung dengan lembaga bimbel yang menaungi para tutor, ataupun bergerak secara individu.

5. Bisnis Busana Muslim

Selanjutnya, menjalankan bisnis busana muslim pun perlu menjadi pertimbangan. Peluang usaha santri ini cukup besar, apalagi jika Anda menjalankan bisnis ini di lingkungan pesantren.

Bukan hanya busana muslim, Anda juga bisa berinovasi dengan menjual beberapa perlengkapan santri pada umumnya. Untuk memulainya, Anda bisa mengambil produk jualan dari konveksi khusus busana muslim.

Selain itu Anda juga bisa mengelola penjualan berbasis online, dengan menggunakan marketplace tertentu. Anda bisa memperoleh keuntungan dari penjualan secara langsung dan online. Dengan begini Anda pun menerapkan perkembangan teknologi yang ada.

Simak juga tambahan informasi pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Begitulah bentuk-bentuk profesi dan peluang usaha santri yang bisa Anda perteimbangkan dan terapkan kemudian.
Related Posts