taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ciptakan Masa Depan Cerah, Bisnis Online untuk Lulusan Pesantren ini Layak Dijadikan Ide Usaha!

Ciptakan Masa Depan Cerah, Bisnis Online untuk Lulusan Pesantren ini Layak Dijadikan Ide Usaha!


Bisnis online kini menjadi salah satu ide usaha yang banyak dijadikan sebagai alternatif untuk mendapatkan penghasilan, baik penghasilan utama maupun penghasilan sampingan atau penghasilan tambahan. 
bisnis online
Hal ini pun dapat dikerjakan oleh setiap orang, termasuk bagi para lulusan pesantren. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan pesantren pun dapat bersaing di dunia bisnis sama dengan yang lainnya. 
Adanya kesempatan tersebut tentu saja penting untuk dicoba. 

Selain bertujuan untuk mendapatkan penghasilan, para lulusan pesantren pun dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu agama yang sudah didapat selama proses pembelajaran sebelumnya. Sehingga hal tersebut dapat mengundang banyak manfaat.

Kemudian, berbicara mengenai bisnis online untuk para lulusan pesantren, simak pembahasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Rekomendasi Bisnis Online untuk Lulusan Pesantren


1. Memulai dari Blog/Website

Blog/website dapat menjadi salah satu ide untuk bisnis online yang bisa dilakukan oleh para santri ataupun lulusan pesantren yang lainnya. Salah satu jenis website ini menyediakan ruang untuk menampilkan informasi dari beragam sumber. Konten di dalamnya pun dapat beragam, mulai dari teks, link (tautan), gambar, dan juga video.

Dengan memanfaatkan media blog ini, diharapkan dapat menciptakan lulusan pesantren yang mandiri dan juga dapat menyebarkan ilmu yang didapatkannya. Selain menyebarkan ilmu tersebut, jika dilakukan dengan tekun, maka media tersebut dapat dijadikan tempat untuk berbisnis secara online

Ha tersebut juga dapat melatih para santri untuk lebih melek terhadap teknologi, sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman dan juga teknologi yang sedang berlangsung. Tidak hanya itu, para santri juga dapat memasukkan produk yang akan dijual di dalam website tersebut untuk mendapatkan penghasilan yang optimal.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Alternatif bisnis online yang lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di media sosial. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa media sosial kini menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah untuk berbisnis. 

Bisnis online juga ternyata bisa dilakukan sambil aktif di media sosial. Hal inilah yang layak untuk dicoba oleh para santri ataupun para lulusan pesantren yang ingin berbisnis. Di antara caranya adalah sebagai berikut:

  • Menjadi Influencer
Influencer kini menjadi salah satu orang yang berpengaruh dan juga banyak dilakukan oleh orang-orang di media sosial. Untuk menjadi seorang influencer tersebut, para santri harus memiliki setidaknya pengaruh yang baik bagi para pengikut atau followers-nya. Dengan begitu, tujuan dari berbisnis online pun dapat tercapai. 

  • Menjadi Selebgram
Meskipun sama-sama bergelut di media sosial, selebgram memiliki perbedaan dengan influencer. Tidak semua selebgram dapat dikatakan sebagai influencer. Namun, profesi ini layak untuk dicoba oleh para lulusan pesantren sebagai media untuk berbisnis. Para santri dapat membuka jasa endorsement untuk mendapatkan atau memaksimalkan bisnis online-nya.

  • Menjadi Konten Kreator
Selanjutnya, lulusan pesantren juga dapat menjadi konten kreator dalam rangka berbisnis online di media sosial. Hal ini tergolong mudah karena hanya membutuhkan keterampilan dalam membuat konten yang bermanfaat. 

Akan tetapi, fasilitas pendukung lainnya pun perlu dipenuhi, seperti kamera dan yang lainnya agar konten yang diciptakan dapat dinikmati oleh para pengguna lainnya. Dengan begitu, proses bisnis online pun dapat berjalan dengan optimal.

3. Memanfaatkan Marketplace

Opsi lainnya untuk berbisnis online bagi para santri adalah dengan memanfaatkan marketplace. Kini sudah banyak ditemukan marketplace yang dapat dijadikan sebagai media untuk berbisnis online bagi para santri. Berbagai pilihan produk yang dapat dijual tersebut adalah busana muslim, aksesoris muslimah, dan lain-lain.

Jangan lewatkan juga sejumlah informasi tambahan berikut ini.

Baca juga:





Itulah beberapa upaya untuk menciptakan masa depan cerah bagi para lulusan pesantren. Bisnis online adalah salah satu upaya nyata untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dengan begitu, para santri pun dapat bersaing secara aktif dan sehat dalam perkembangan teknologi yang semakin modern ini. 
Related Posts