taupasar.com

we read, we create and we share it.

13 Rekomendasi Ide Usaha Santri yang Menjanjikan

13 Rekomendasi Ide Usaha Santri yang Menjanjikan


Ide usaha saat ini banyak sekali yang bisa dijalankan dengan mudah, bahkan hanya bermodalkan handphone, tapi tanpa mengandalkan handphone pun bisa. 

rekomendasi ide usaha
Ide usaha yang tanpa menggunakan handphone bisa dijalankan oleh kamu yang sedang mondok di pesantren, berikut ini 13 ide usaha santri yang menjanjikan.

Rekomendasi Ide Usaha Santri


1. Usaha Kerudung

Kamu seorang perempuan bisa mondok sambil menjalankan usaha dengan menjual kerudung. Ada banyak konveksi yang menawarkan untuk menjadi mitra mereka tanpa modal. 

Kamu bisa bekerja sama dengan konveksinya, untuk dijual kembali ke teman-teman atau ustadazah kamu di pondok, atau kamu bisa menjualnya dengan online.

Jualan kerudung di pesantren bisa tanpa menggunakan handphone, kamu hanya menggunakannya ketika menghubungi pihak konveksi saja untuk menyetorkan daftar pesanan dan transaksi pembayarannya. 

Sehingga walaupun kamu dibatasi untuk menggunakan handphone di pesantren, kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk nambah cuan di pesantren.

2. Berjualan Gamis

Usaha santri yang bisa dijalankan dengan tanpa modal selain menjadi mitra untuk jualan kerudung, kamu bisa menjadi mitra untuk jualan gamis. 

Biasanya konveksi yang menjual kerudung pasti juga menjual gamis. Kamu bisa bekerja sama dengan konveksi untuk berjualan kerudung dan gamis yang diproduksinya.

Fashion gamis atau pakaian untuk muslimah saat ini sedang marak, anak muda sekarang banyak sekali yang memilih untuk mengenakan gamis, khususnya anak pesantren. 

Peluang usaha gamis di pesantren bisa menghasilkan keuntungan yang besar sebagai bagian dari rekomendasi ide usaha santri.

3. Berjualan Sarung

Laki-laki yang sedang mondok pun bisa menjalankan usaha di pesantrennya. Berbeda dengan perempuan yang bisa menjual kerudung dan gamis, untuk laki-laki bisa menjual sarung. 

Berjualan di pesantren selain sarung, untuk santri laki-laki bisa berjualan baju koko, kaaos, gamis pria, topi, dan lainnya yang biasa digunakan pria.

Sistem berjualan sarung atau pakaian pria bisa dengan sistem marketer, bekerjasama dengan konveksi untuk mempromosikan pakaian pria dengan tanpa modal. 

Biasanya konveksi siap bekerjasama dengan beberapa peraturan. Misalnya kamu hanya diberi fee 20% dari harga pakaian.

4. Usaha Cemilan/Makanan

Semua orang pasti memiliki kebutuhan untuk makan, kebutuhan makan juga tidak akan pernah berhenti. Maka tidak heran jika usaha makanan ataupun cemilan selalu mendatangkan cuan yang lumayan besar.

13 rekomendasi ide usaha santri yang menjanjikan salah satunya adalah usaha cemilan atau makanan. Ada banyak ide usaha makanan yang bisa dijalankan di mana saja termasuk juga bisa dijalankan di pesantren.

Berikut cintoh ide usaha makanan untuk kamu seorang santri:

  • Keripik Singkong
  • Akar Kelapa
  • Menjadi Mitra Perusahaan Yang Menjual Cemilan
  • Keripiki Ubi
  • Kue Kering
  • Tempe Manis
  • Mustofa/ Kentang Goreng Kriuk
  • Abon
Usaha makanan di atas bisa dijalankan dengan mudah, untuk makanan seperti kentang mustofa dan tempe manis bisa mengajak ibu kamu untuk mengirimkan pesanannya untuk dijual di pesantren.

5. Usaha Pulsa dan Kuota Data

Usaha yang bisa dijalankan di mana saja dan hanya mengandalkan handphone salah satunya adalah usaha pulsa dan kuota data. 

Usaha ini sangat mudah dan bisa dijalankan selama kamu nyantri. Modal untuk usaha ini pun tidak sampai jutaan rupiah, kamu bisa memulai usaha ini hanya dengan modal ratusan ribu saja.

Menjalankan usaha pulsa dan kuota data bisa hanya dengan aplikasi marketplace atau dompet digital. Kamu tinggal instal aplikasi dompet digital tersebut kemudian lakukan penengisian saldo melalui sejumlah merchant yang bekerjsama.
 
6. Bisnis Kaligrafi

Santri biasanya kreatif dalam membuat kaligrafi, kamu yang bisa membuat kaligrafi bisa memanfaatkan kemampuan kamu untuk mendapatkan cuan. 

Kaligrafi zaman sekarang dijual kisaran harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hanya mengandalkan alat melukis dan skill kaligrafi, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan berjualan kaligrafi hasil karya sendiri.

7. Berjualan Alat Tulis

Santri pasti membutuhkan alat tulis. Kebutuhan mereka akan alat tulis merupakan peluang usaha yang menjanjikan, alat tulis sendiri ada banyak yang bisa kamu jual. 

Selain buku tulis, kamu juga bisa menjual pulpen, pensil, tipex, penghapus, penggaris, serutan, dan lainnya. 

Ada bolpoin Hitec alat tulis yang sangat dibutuhkan oleh santri, biasanya digunakan ketika mereka mengaji untuk menulis arab pegon di kitab kuningnya.

Modal untuk berjualan alat tulis tidaklah banyak, hanya dengan modal puluhan ribu hingga ratusan ribu saja kamu bisa memulai berjualan alat tulis di pesantren.

8. Berjualan Aksesoris

Jualan yang laku di asrama salah satunya adalah berjualan aksesoris. Ada banyak aksesoris yang bisa dijadikan ide untuk cara menghasilkan uang di pesantren. 

Aksesoris bisa dijadikan peluang usaha santri adalah aksesoris handphone seperti case, gantungan, charger, holder, tongsis, dll.

Aksesoris selain aksesoris handphone yang bisa dijual di asrama juga ada dompet, aksesoris perempuan seperti tali rambut, jarum pentul, bros, gantungan kunci, dan masih banyak lagi.

9. Menjadi Penulis Buku Islami

Pekerjaan atau jual jasa penulis bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Kamu hanya perlu kemampuan untuk menyampaikan pendapat atau ilmu melalui tulisan. Santri juga bisa menjual jasa tulisan, misalnya dengan menulis buku islami.

Menulis apa? Anak santri pasti dibekali ilmu pengetahuan agama, kamu bisa membahas ilmu agama dengan cara kamu ke dalam tulisan. Misalnya kamu membuat cerita awal kamu masuk ke pesantren, kemudian hasil tulisannya disetorkan ke penerbit untuk diterbitkan, atau kamu bisa terbitkan sendiri.

10. Menjual Jasa Desain Grafis

Kamu yang memiliki kemampun untuk mendesain, bisa membuat usaha jasa desain grafis.  Ide usaha desain grafis bisa dikerjakan di pesantren, kamu bisa mengerjakan desain ketika kamu memiliki waktu luang di pesantren.

Desain yang bisa dijual seperti desain untuk promosi, desain flayer untuk acara, desain logo komunitas, dan lain-lain. 

Ide usaha ini hanya mengandalkan kemampuan visual dan pengetahuan mengedit di berbagai aplikasi edit foto.

11. Menjual Jasa Pembuatan Video Undangan Acara

Ide usaha yang mengandalkan kemampuan visual selain jual jasa desain salah satunya jual jasa pembuatan video. Semenjak tahun 2018 beberapa orang ketika membuat acara pasti juga membuat video untuk mengajak mengikuti acaranya.

Misalnya undangan pernikahan yang biasa dibuatkan foto dan video undangannya, maraknya pembuatan video acara pernikahan bisa dijadikan ide usaha untuk santri.

Jual jasa pembuatan video undangan pernikahan bisa dijalankan dimana saja, kamu hanya mengandalkan hp, aplikasi edit video dan beberapa keterangan yang akan dicantumkan di video undangan.

12. Jual Kebutuhan Sehari-Hari

Di pesantren juga bisa menjual kebutuhan sehari-hari, ada banyak barang kebutuhan sehari-hari yang bisa dijadikan ide usaha. Misalnya sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, sampo, skincare dan lainnya.

Memulai usaha berjualan kebutuhan sehari-hari bisa dimulai dengan belanja ke pasar di dekat pesantren. Membeli kebutuhan sehari-hari di atas dengan jumlah yang banyak di pasar biasanya akan mendapatkan potongan harga. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

13. Menjual Buku Islami

Menjual buku Islami adalah ide usaha di pesantren yang paling tepat, karena anak santri atapun asatidznya pasti membutuhkan buku-buku Islami. 

Kamu bisa mendapatkan buku-buku Islami yang murah untuk dijual lagi melalui marketplace. Banyak pilihan buku-buku Islami yang bisa kamu jual di pesantren. 

Selain kitab-kitab pondok, kamu bisa menjual buku hadits, terjemahan kitab, buku penjelasan kitab para ulama, komik Islami, dan lainnya.

Anak santri harus disiapkan menjadi sosok yang agamis juga siap menghadapi tantangan zaman, dengan menjalankan ide usaha di atas kamu belajar menghadapi kehidupan ketika setelah lulus dari pesantren.

Dapatkan juga tambahan informasi lainnya pada sejumlah pilihan artikel berikut ini.

Baca juga:





Informasi di atas merupakan 13 rekomendasi ide usaha santri yang menjanjikan. Ide usaha di atas dijamin bisa menghasilkan cuan jutaan rupiah yang bisa dijalankan dengan mudah dan modal relatif kecil.
Related Posts