taupasar.com

we read, we create and we share it.

Simak Inilah 5 Keuntungan Bisnis SPBU

Simak Inilah 5 Keuntungan Bisnis SPBU


SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar merupakan tempat untuk mengisi bahan bakar, SPBU saat ini bisa diakses dimana saja. Tidak hanya di pusat perkotaan tetapi  saat ini sudah masuk ke jalan perkampungan. Walaupun sudah banyak pesaing bisnisnya, namun pembelinya akan terus ada dan banyak.
bisnis spbu



Terbukti saat ini, ketika kita ke SPBU antreannya selalu panjang, bahkan tidak hanya satu baris, bisa berbaris-baris. Tidak hanya kendaraan motor, namun ada juga mobil pribadi, kendaraan umum hingga truk. 

Pendapatan yang bisa dihasilkan dari bisnis SPBU bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Bisnis SPBU menjadi salah satu usaha pilihan yang tepat dimasa sekarang ini. Dengan sering diadakanya pembatasan sosial, dan peraturan jaga jarak. Banyak yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Banyaknya orang-orang untuk memilih menggunakan kendaraan pribadi, demi untuk menghindari kerumunan. Hal ini membuat pelaku usaha SPBU kebanjiran pembeli setiap harinya. Nah menjadi kesempatan untuk kamu memulai usaha SPBU. Sebelum memulai usaha SPBU berikut di bawah ini 5 keuntungan bisnis SPBU.

Keuntungan Bisnis SPBU


1. Mendapatkan Keuntungan yang Besar

Salah satu dari 5 keuntungan bisnis SPBU yakni kamu akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Walaupun keuntungan yang diambil per liternya hanya sekitar Rp.200 saja. Namun per hari penjualan bahan bakar bisa mencapai 10.000 liter bahkan lebih.

Jika satu hari penjualan bensin dan solar mencapai 10.000 liter, maka satu hari pendapatan kamu mencapai Rp. 2 juta rupiah per hari. Per bulan dengan penjualan minimal 10.000 liter per hari kamu bisa menghasilkan Rp. 60 juta. 

Walaupun dikurangi dengan gaji karyawan, keuntunganmu akan tetap besar, hitung saja kamu memiliki 4 karyawan, satu bulan mereka di gaji dengan Rp. 3 juta. Maka per bulan hanya mengeluarkan Rp 12 juta untuk karyawan. Di tambah dengan biaya lainnya, maka penghasilan bersih per bulan mencapai Rp. 40 juta.

Penghasilan bersih 40 juta ini hanya dari penjualan bensin dan solar saja, tentu akan bertambah jika di SPBU kamu juga membuka warung atau toko di dekat SPBU milik kamu. Selain itu kamu juga bisa sambil menjual gas elpiji 3 kg. Dengan begitu keuntunganmu akan bertambah.

2. Produk Selalu Dibutuhkan

Behan bakar merupakan produk yang sangat dibutuhkan, tidak hanya oleh motor dan mobil pribadi, tetapi juga kendaraan umum hingga kendaraan dinas. Tidak hanya kendaraan. Bahkan beberapa kerjaan pun membutuhkan bensin, seperti traktor yang merupakan salah satu alat pertanian yang juga membutuhkan bahan bakar.

Dalam kondisi pandemik pun bensin dan solar akan dibutuhkan oleh masyarakat, maka marketnya tetap ada walaupun dimasa sulit. Bahkan bertambah banyak, dikarenakan semakin banyak yang memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi dimasa pandemik.

Semakin banyaknya orang untuk memilih menggunakan kendaraan pribadi, hal ini akan menambah pembelimu. Dengan begitu profit atau keuntunganmu akan bertambah. 

3. Sedikitnya Pesaing

Selain memiliki market yang luas, keuntungan bisnis SPBU salah satunya yakni memiliki pesaing bisnis yang sedikit. Dalam satu kecamatan atau kota, bisnis SPBU bisa dihitung jari. Dengan begitu kamu tidak terlalu pusing memikirkan persaingan bisnis, yang mengakibatkan pembeli kabur atau beralih ke penjual lain.

4. Tidak Perlu Melakukan Promosi

Bisnis SPBU ini memang memiliki banyak keuntungan, salah satunya kamu tidak perlu susah payah melakukan promosi beragam kegiatan, karena dengan keuntungan yang sudah saya sampaikan di atas itu juga membuat kamu tidak perlu melakukan promosi.

Produk sangat dibutuhkan oleh masyarakat, kemudian sedikitnya pesaing. Ini membuat kamu tidak perlu melakukan promosi besar-besaran. Bahkan pembeli akan terus bertambah seiring perkembangan zaman.

5. Bisa Membuka Usaha yang Lain

Bisnis SPBU akan membutuhkan lahan yang sangat luas. Namun biasanya para pengusaha SPBU yang sudah berjalan, mereka membuka warung atau toko juga disekitar lingkungan SPBUnya.

SPBU selain untuk mengisi bensin dan solar, bagi masyarakat yang suka bepergian, mereka juga menjadikan SPBU sebagai tempat untuk beristirahat. Tidak hanya untuk numpang buang air kecil atau besar, biasanya mereka juga akan membutuhkan cemilan dikala istirahat.

Kamu bisa membuka usaha dilingkungan bisnis SPBU kamu, dengan begitu kamu tidak hanya akan mendapatkan penghasilan dari SPBU, tetapi kamu juga bisa menghasilkan jutaan rupiah dari bisnis toko atau warung di sana.

Semisal Alfamart atau Indomart mini, kamu bisa membangun usaha semacamnya. Apalagi jika kamu juga membangun mushola di lingkunganmu, ini bisa menarik pembeli bensin untuk juga beristirahat dikala waktu salat tiba. Maka mereka juga akan tertarik untuk belanja di minimaketmu.

Cerita Sukses Bisnis SPBU


Ada banyak kisah sukses dengan bisnis SPBU yang dijalankanya. Salah satu yang sukses dengan bisnis SPBUnya yakni Markus Sutarmo. Awalnya dia mengisi bahan bakar di SPBU Shell yang saat itu baru membuka outlet pertamanya di Lippo Karawaci.

Awalnya dia tidak sengaja. Pas dia ngobrol-ngobrol dengan orang dari Shell-nya, dia ditawari jadi mitra bisnis SPBU dengan modal Rp500 juta. Dia pun langsung mengambil kesempatan untuk memulai bisnis SPBU. Menurutnya ini kesempatan untuk menambah bisnis dengan modal terjangkau.

Saat ini dia masih bermitra dengan Shell, salah satu alasannya adalah komitmen Shell untuk terus berinovasi. Ada lebih dari 10 mitra yang bergabung dengan program kemitraan Company Owned Dealer Operated, mereka telah membuktikan kesuksesannya bisnis dibidang bahan bakar.

Simak juga sejumlah informasi tambahan berikut ini.

Baca juga:





Dengan strategi dan usaha kamu juga bisa mendapatkan kesuksesan dengan membuka bisnis SPBU. Dengan 5 keuntungan bisnis SPBU di atas, tidak perlu tunggu lama, segeralah membuka bisnis SPBU. Semoga bisnis SPBUmu semakin berkembang.
Related Posts