taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Ide Franchise Makanan Paling Dicari di Tahun 2021

7 Ide Franchise Makanan Paling Dicari di Tahun 2021


Ide franchise makanan menjadi topik yang cukup menarik pada beberapa tahun terakhir. Franchise banyak menjadi alternatif bagi mereka yang berencana membangun usaha sampingan yang mudah namun tetap menguntungkan. Beberapa orang memilih franchise sebab modalnya yang terhitung murah daripada merintis usaha sendiri.
ide franchise
Ada banyak sekali bisnis franchise yang saat ini tersedia, adapun yang paling umum adalah franchise makanan. Jenis franchise ini mempunyai karakteristik yang khas, yakni menu simple, tampilan kekinian, tersedia di tempat strategis, dan tentu saja memiliki rasa yang nikmat.

Jika masih ragu untuk memulai bisnis franchise, sebaiknya kamu membaca artikel ini sampai selesai. Pada kesempatan ini, kita akan membahas apa saja keuntungan bisnis franchise makanan (yang paling banyak peminat) dan apa saja ide untuk bisnis tersebut. 

6 Keuntungan Memilih Ide Franchise Makanan


Tentu ada alasan tertentu mengapa saat ini berbagai ide franchise makanan bisa kamu temukan di banyak tempat. Selain itu, umumnya kedai-kedai tersebut ramai dikunjungi orang. Tentu keuntungan dari pemilik usaha tersebut sangat besar, bukan? Tidak hanya cukup menguntungkan, berikut ulasan tentang apa saja keuntungan bisnis franchise:

1. Branding Produk

Salah satu penawaran terbaik dari bisnis franchise adalah, kamu menjual produk yang sejak lahir sudah mempunyai branding. Sebagai penjual, kamu tidak perlu melakukan pemasaran mulai nol sebagaimana saat memproduksi produk sendiri dan memperkenalkan nya kepada masyarakat.

Memulai bisnis franchise sama seperti kamu menjual sebuah produk lengkap dengan nama, slogan, ciri khas, dan resep rahasia produk tersebut. Semakin populer brand produknya, tentu semakin banyak orang mencari. Namun harga franchise tersebut pastinya juga lebih mahal.

2. Tidak Perlu Membuat Produk

Membuat produk penjualan makanan memang tidak gampang. Banyak aspek yang harus menjadi pertimbangan seperti ciri khas produk, keunggulan, nama produk yang menarik, desain kemasan, harga kompetitif, dan lain sebagainya.

Tidak jarang proses merumuskan produk penjualan yang tepat memakan waktu cukup lama. Oleh sebab itu, untuk menghemat waktu dan tenaga, memilih bisnis franchise makanan adalah langkah alternatif. Memilih jenis franchise makanan banyak dinilai lebih simple dan mudah daripada membuat produk sendiri.

3.  Kualitas Mutu Terjamin

Dalam bisnis franchise, sepenuhnya kamu mendapatkan bahan baku produk langsung dari pihak developer. Jadi, kamu tidak perlu memastikan kembali kualitas bahan karena sudah terjamin standarisasinya. Jaminan ini tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi kamu sebagai penjual dan bagi pembeli.

Sebagaimana kita ketahui, mutu berperan penting dalam ketahanan sebuah bisnis makanan. Pembeli tidak akan membeli produk yang tidak memiliki jaminan mutu, karena rawan merugikan mereka sebagai konsumen. Sebaliknya, mereka akan mengandalkan produk yang sudah terjamin rasa dan mutunya.

4. Modal Kecil, Keuntungan Besar

Patokan besar atau kecilnya sebuah modal dibandingkan melalui besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Misal modal awal membuka franchise senilai 12.000, pada jangka waktu berapa bulan kamu bisa balik modal? Pada bulan ke-berapa kamu mulai menikmati keuntungan?

Biaya franchise pada setiap developer sangat ber-variasi. Ada yang mematok harga 2 jutaan saja sampai seharga ratusan juta. Kamu dapat menyesuaikan harga franchise mana yang sesuai dengan kondisi keuangan namun juga tetap berpeluang tinggi di wilayahmu.

5. Mendapatkan Pengarahan Bisnis

Dalam perjanjian kerjasama, pihak developer akan memastikan bahwa bisnis yang akan kamu buka potensial. Misalnya, dalam proposal usaha kamu harus mencantumkan bisnis harus berada di wilayah strategis dan tidak berdekatan dengan outlet lain, menyediakan outlet dengan ketentuan khusus, dll.

Secara sekilas, persyaratan tersebut nampak sedikit memberatkan. Tapi pada dasarnya, syarat tersebut secara tidak langsung mengarahkan bisnis kamu agar strategis dan menguntungkan. Tidak hanya itu, tidak jarang pihak developer juga menyediakan beberapa fasilitas tambahan.

Contohnya seperti, peralatan promosi, modul penjualan, SOP pegawai, dan lain sebagainya.

6. Tersedia Banyak Ragam Jenis

ide franchise makanan kini tidak terbatas. Hampir setiap menu yang memiliki banyak peminat hadir dalam bentuk kedai franchise. Jadi kini kamu justru harus bingung karena memilih menu franchise yang sudah terlalu banyak.

Contohnya, franchise makanan ayam yang sangat beragam, mulai dari Ayam Geprek, Ayam Gepuk, Fried Chicken, Ayam Pok-Pok, dan masih banyak lagi.

Ide Franchise Makanan yang Sedang Hits 2021


Sebab terlalu banyak pilihan, sangat mungkin kamu justru semakin bingung menentukan ide franchise makanan yang tepat. Kali ini, kita akan membantu kamu memetakan apa saja bisnis franchise makanan yang sedang hits di tahun 2021. Silakan menentukan sendiri mana tipe yang paling cocok untuk kamu jual:

1. Franchise Olahan Ayam

Pilihan pertama adalah jenis makanan olahan ayam, entah itu Fried Chicken, Ayam Geprek, Ayam Bakar, Ayam Gepuk, Sate Ayam, dan lain sebagainya. Olahan ayam memang menjadi menu primadona sebagian besar kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tidak heran jika terdapat puluhan franchise makanan bergenre ayam di Indonesia. Dengan cita rasa khas masing-masing serta strategi pemasarannya, dijamin menu bisnis ini tidak akan merugikan. Jadi, menu olahan ayam mana yang menarik minatmu?

2. Franchise Bakso

Selain olahan ayam, bakso juga makanan khas Indonesia yang sangat tinggi peminat. Hampir di setiap kota, Bakso memiliki banyak penggemar. Bakso sering menjadi destinasi singgah dalam perjalanan jauh, tempat nongkrong bersama keluarga atau teman, maupun acara-acara non-formal lainnya.

Bakso tepat menjadi pilihan franchise makanan 2021 sebab eksistensinya yang tidak tergerus oleh waktu.

3. Makanan Korea

Hidangan-hidangan yang berasal dari negeri ginseng semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Pertumbuhan minat ini seiring dengan popularitas drama korea maupun grup K-Pop yang menyita perhatian masyarakat di berbagai kalangan.

Franchise yang menghidangkan Korean Menu juga semakin umum dan variatif. Oleh karena itu, jika kamu merasa di sekitarmu terdapat banyak penggemar produk-produk hiburan Korea, tidak ada salahnya membuka franchise makanan Korea.

4. Makanan Jepang

Selain Korean Food, Japanese Food juga tidak kalah banyak peminatnya. japanese Food memiliki cita rasa yang unik dan sangat berbeda dengan menu dari negara lain. Selain itu, bahan-bahan didalamnya sering dianggap healthy untuk dikonsumsi.

Peminat Japanese Food umumnya banyak terdapat di wilayah perkotaan. Jenis makanan ini dicintai oleh mereka yang sangat memperhatikan kesehatan. Selain itu, menu ini juga cocok untuk konsumsi saat diet. 
 
5. Makanan Cita Rasa Pedas

Entah sejak kapan makanan dengan cita rasa pedas mulai booming, namun kini jenis makanan tersebut seperti sudah masuk dalam kategori franchise makanan kekinian.

Saat ini, jenis makanan dengan konsep tersebut banyak bermunculan dengan mengusung nama-nama yang bombastis, seperti Pedas Setan, Pedas Gila, dan lain-lain.

Euforia masyarakat terhadap makanan pedas bisa menjadi peluang besar bagi kamu untuk membuka franchise di bidang tersebut. Dengan rasa sambal maupun bumbu pedas yang lezat, dijamin pembeli akan dibuat ketagihan.

Contoh menu franchise jenis ini yaitu: Seblak, Pentol, Mie, Cilok, dan lain-lain.

6. Makanan Manis

Tidak kalah dari makanan bercita rasa pedas, makanan manis juga memiliki penggemarnya sendiri. Jenis-jenis makanan manis ini umumnya melibatkan unsur chocholate, caramel, cheese, vanilla, dan elemen-elemen lezat lainnya.

Adapun contoh dari jenis-jenis makanan ini yaitu: Martabak manis, donut, dan aneka jenis cake.

7. Kebab

Kebab merupakan makanan khas Turki yang cukup populer di Indonesia. Makanan yang berisi daging dan sayur-sayuran ini banyak dicari karena rasanya yang khas, kaya gizi dan protein, serta harganya cukup terjangkau. Tertarik membuka bisnis franchise ini?

Dapatkan tambahan informasi pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Demikian 7 Franchise makanan 2021 yang bisa kamu terapkan. Selain banyak diminati, menu makanan diatas juga sangat populer di tahun 2021. Jadi, tak perlu khawatir bisnis kamu akan dianggap kuno atau ketinggalan trend.
 

Related Posts