taupasar.com

we read, we create and we share it.

Bagaimana Cara Dapat Uang Dari Google?

Bagaimana Cara Dapat Uang Dari Google?


Seperti yang diketahui bahwa Google adalah perusahaan search machine terbesar dan hampir digunakan di seluruh dunia. Bukan hanya sebagai penyedia informasi dan memudahkan hajat hidup pengguna dalam dunia digital saja. Kini Anda harus tahu bahwa Google juga dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan.
cara dapat uang
cara dapat uang
Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi digital, Google memang telah merambah secara luas, memberikan layanan lengkap, dan berkontribusi dalam segala kebutuhan manusia saat ini. Bahkan bisa dianggap kini Google sebagai penyedia lapangan pekerjaan, tentunya bagi orang-orang yang mengerti dalam bidang IT ini.

Masih bingung seperti apa dan bagaimana cara dapat uang dari Google? Inilah layanan dalam Google yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan.

Cara Dapat Uang Dari Google


1. Google AdSense

Memanfaatkan layanan Google AdSense adalah salah satu cara mendapatkan uang yang paling banyak dilakukan dan telah diketahui, khususnya bagi para blogger. AdSense adalah jaringan periklanan yang biasanya diterapkan pada sebuah konten blog.

Tentunya kamu dapat mulai membuat website baik WordPress ataupun Blogspot. Jika Google AdSense telah diterapkan dan ada iklan di kontenmu, maka nantinya perusahaan iklan tersebutlah yang akan memonetisasi iklan yang terpasang dalam website.

Namun ada cara lain yang meskipun tidak memiliki blog atau konten sendiri, masih dapat penghasilan dari AdSense. Yaitu melalui afiliasi marketing, yang mana kamu dapat mencari perusahaan atau produk yang ingin dipromosikan.

Cara kerja atau perhitungan Google AdSense untuk memonetisasi blog pribadi, adalah berdasarkan banyaknya penayangan iklan atau yang sering disebut dengan Pay Per Click (PPC). Lebih jelasnya, income yang akan didapatkan berdasarkan jumlah user yang melihat atau klik iklan tersebut. Dengan mendaftarkan AdSense, maka blog sudah bisa mendapat penghasilan.

2. Google Ad Space

Kedua, cara dapat uang dari Google adalah dengan menawarkan Ad Space atau ruang kosong pada website dan konten kepada pengiklannya secara langsung. Konsep ini memiliki metode yang mirip dengan AdSense. Akan tetapi bedanya blogger memiliki kebebasan untuk mencari perusahaan pengiklan sendiri dengan jumlah sesuai ketentuannya.

Bentuk iklan yang diterapkan pun nantinya cukup beragam, ada yang berupa gambar poster, memanfaatkan link yang dapat diklik, hingga pop-ons dengan ukuran lebih kecil. Beda-beda jenis iklan yang diinginkan, maka beda pula harganya.

Meskipun terbilang lebih memakan waktu, akan tetapi jika sudah dimaksimalkan dan mendapatkan pengiklan, hal tersebut akan memberikan impact bagus terhadap pendapatan.

3. Blogger

Ketika kamu memiliki keahlian dan hobi membuat content writing, maka menjadi Blogger dengan memanfaatkan layanan dari Google, dapat mmeberikan keuntungan. Tentunya hobimu dalam menulis konten artikel dan mengunggahnya di website pribadi, dapat menghasilkan uang. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog, maka akan semakin besar pendapatan.

Namun untuk mendapat banyak pengunjung, konten yang dihasilkan pun tidak asal-asalan. Kamu dapat pertimbangkan blog atau konten dengan tema seperti apa seperti apa yang ingin difokuskan nantinya.

Misalnya kamu memiliki wawasan dalam berkonten seputar gaya hidup, maka pilihannya adalah dengan membuat blog khusus seputar lifestyle. Agar lebih banyak user yang berkunjung, tulisanmu harus berunsur SEO agar terindeks oleh Google dan berada dalam hasil pencarian teratas. Selain teknik SEO, blog trafficking juga perlu dipelajari dengan baik.

4. YouTube

YouTube juga merupakan bagian dari layanan yang diberikan Google. Melalui YouTube, kita dapat berbagi maupun menikmati video. Bukan hanya untuk hiburan, layanan ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan.

Dapat dilihat bahwa kini banyak orang yang menjadi YouTuber dan mulai membuat saluran atau kanalnya sendiri. Setelah didaftarkan pada sistem monetisasi, pendapatan bisa datang berdasarkan banyaknya jam tayang dan penonton yang melihat konten kita.

Kamu bisa memilih menjadi beauty vlogger, food vlogger, travel vlogger, tutorial, dan lainnya. Apapun kontennya, jika saluranmu telah memenuhi syarat monetisasi, konsisten dalam membuat konten menarik, selalu menarik banyak penonton, maka akan sangat menjanjikan. Apalagi jika sudah terpasang iklan di tengah-tengah penayangan kontenmu.

5. Organic Traffic Google

Lebih lanjut lagi blogger atau pemilik website dapat menggunakan fitur ini sebagai cara dapat uang dari Google. Organic Traffic Google adalah fasilitas yang dapat dipakai untuk meningkatkan trafik website yang efektif.

Hampir setiap pemilik website handal dan pro memilih cara satu ini untuk membuat blog mereka berada pada peringkat teratas bahkan page one di perncarian Google. Dengan begitu pula website bisa mendulang monetisasi yang fantastis selain pada SEO.

6. Google My Bussiness

Layanan Google My Bussiness juga berguna untuk memaksimalkan usaha dan pendapatan. Apalagi jika kamu memiliki sebuah usaha apapun itu, fitur tersebut dapat membantu pebisnis untuk memaksimalkan strategi pemasarannya.

Misalnya untuk mendapatkan perhatian besar dari user yang sedang mencari sebuah produk jualan melalui Google, baik fitur search ataupun Google Maps. Terutama bagi usaha yang lokasi bisnisnya telah terdaftar dan terverifikasi dengan Google, maka lokasi usaha bisa muncul saat seseorang mencari di Maps.

Dengan begitu calon pembeli bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang bisnis atau produk yang sedang dicari.

7. Google Play Store

Biasanya kita menggunakan layanan Play Store untuk mencari dan mengunduh aplikasi untuk dipasang di perangkat Android. Jika hanya sebagai pengunduh saja tentu tidak bisa mendapatkan uang dari fitur ini.

Namun jika kita memiliki potensi dalam membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat menarik banyak pengunduh, maka dari sanalah ladang penghasilan bisa didapatkan. Apalagi kini dalam sebuah aplikasi pun bisa memasang AdSense tau iklan, sehingga pendapatan untuk pengembang aplikasi akan semakin tinggi.

8. Google Play Book

Dalam Play Store, kita dapat menemukan fitur Play Book. Dalam layanan tersebut tersedia aplikasi atau konten literasi seperti buku atau novel dalam bentuk eBook. Kamu dapat menggunakan kemampuan menulis dan membuat buku untuk dipasarkan di Play Book sebagai cara dapat uang dari Google.

Setiap buku yang dipajang di Play Book selalu menarik dan berbayar. Sehingga jika menggunakan fitur ini, maka karyamu dapat memberikan pendapatan yang menjanjikan ketika ada pengguna yang membeli.

9. Google Play Music and TV

Bukan hanya sebagai penikmat saja, kamu juga bisa menawarkan kerjasama professional untuk memproduksi sebuah serial atau film yang nantinya akan menjadi konten tontonan dalam platform Google Play Music and TV. Tentunya sebagai pemilik film, kamu akan memiliki pendapatan dari karya tersebut.

Layanan dari Google tersebut memberikan peluang yang sangat baik. Apalagi saat ini situasi tengah berada pada persaingan platform streaming video. Dan fitur Google satu ini memiliki daya saing yang tak kalah kuat.

10. Google Classroom

Di tengah kebijakan pembelajaran daring, Google Classroom adalah layanan yang banyak dipakai para pelajar. Jika kamu memiliki potensi sebagai pengajar, dapat mengandalkan platform ini untuk menjadi pengajar online.

Biasanya banyak pengajar atau tutor menggunakan platform ini untuk membuka kursus atau private online, dengan fitur dukungannya untuk kegiatan edukasi.

Sejumlah pilihan artikel di bawah ini bisa dijadikan pilihan dan tambahan informasi bagi Anda.

Baca juga:





Inilah 10 platform atau layanan dari Google yang terbukti dapat menjadi lahan penghasilan bagi pengguna. Untuk itu, seharusnya cara dapat uang dari Google kini menjadi lebih mudah untuk diwujudkan.
 
Penulis: Ratih Pratiwi
Related Posts