taupasar.com

we read, we create and we share it.

Jangan Lewatkan Inilah Cara Daftar Shopee Food

Jangan Lewatkan Inilah Cara Daftar Shopee Food


Setelah berkembang layanan pesan antar makanan yang dapat dibeli secara online, Shopee tak ingin kalah saing dan kini mempersembahkan layanan baru bernama Shopee Food.
daftar shopee food



Dengan adanya fitur Shopee Food Merchant, pebisnis kini bisa membuka usaha makanan secara online dan bekerjasama dengan sistem yang disediakan dalam layanan ini.

Bahkan Shopee membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin menjadi mitranya, baik perorangan maupun perusahaan.

Konsep kerja Shopee Food tak jauh berbeda dengan layanan pesan antar makanan yang disediakan oleh beberapa perusahaan ojek online di Indonesia. Shopee juga melibatkan kerjasama dengan food driver agar distribusi pesanan dapat disampaikan ke tangan konsumen dengan lancar.

Dari kacamata seorang pebisnis, kita dapat melihat peluang dan potensi bisnis menjanjikan dengan menjadi mitra usaha dalam Shopee Food agar usaha makanan lebih maksimal. Untuk itu, tentu saja kita harus tahu bagaimana cara daftar Shopee Food yang tepat, lengkap dengan syarat yang harus dipenuhi serta keuntungan bergabung di dalamnya.

Syarat Daftar Shopee Food Merchant


Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya jika terlebih dulu mengetahui dan mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan.

1. Foto Tempat Usaha

Menyiapkan foto outlet tampak depan bagi restoran dan usaha mikro, dan foto tampak depan serta dapur produksi bagi usaha catering atau rumah industri.

2. Dokumen

Untuk usaha perorangan biasanya dibutuhkan dokumen seperti kartu identitas, NPWPD, SPPKP, serta foto halaman awal buku tabungan. Namun bagi usaha berbadan hukum harus ditambah dokumen SIUP, TDP, akta pendirian, hingga keterangan domisili usaha (jika di luar Jakarta).

Cara Daftar Shopee Food


Dengan mengikuti langkah demi langkah berikut ini, cara bergabung di Shopee Food bisa lebih mudah.

1. Akses Link Daftar Shopee Food

Langkah pertama, kamu bisa mengakses link situs khusus untuk melakukan pendaftaran menjadi mitra Shopee Food. Ketika mengaksesnya, formulir pendaftaran akan muncul pada halaman di browser dan perangkat yang kamu gunakan.

Pendaftar juga diharuskan memasukkan alamat email pribadi pada kolom yang tersedia saat akses awal. Setelah klik lanjut, maka formulir akan benar-benar tampil.

2. Isi Data Diri

Hal paling dasar yang harus diisi dalam kolom tersebut adalah data diri kamu sebagai calon pebisnis dan mitra Shoope Food. Di dalam formulir akan tertera kolom nama lengkap pemilik usaha, dan kamu harus mengisi sesuai dengan kartu identitas.

Selain itu, sertakan pula nomor telepon di kolom yang tersedia, hingga alamat email untuk verifikasi nantinya. Setelahnya tap tombol lanjut untuk menuju proses berikutnya.

3. Pernyataan Terdaftar/Tidak dalam ShopeePay

Poin ini adalah bagian yang singkat namun penting, sehingga tidak akan lengkap proses cara daftar Shopee Food, jika hal ini terlewat. Kamu harus mengisi pernyataan apakah sudah terdaftar pada merchat ShopeePay atau belum.

Hal ini pun sangat penting dalam proses. Pebisnis dapat mengisi seusai dengan keadaan sebenarnya, apakah tekan ‘Ya’ atau ‘Tidak’, lalu lanjutnkan.

4. Pilih Lokasi Tempat Usaha

Selanjutnya pemilik usaha atau calon mitra harus memilih lokasi bisnis di mana ia berada. Dalam formulir tersedia pilihan kota-kotanya yang dapat langsung diklik.

Mulai dari Bodetabek, Jakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Solo, Manado, Bandung, Makassar, Palembang, Medan, Malang, dan pilihan ‘other’ jika kota yang akan kamu pilih tidak tersedia dalam fitur.

5. Jenis Usaha

Lebih detail lagi, pemilik usaha perlu mencantumkan brand atau nama bisnis makanan (baik kedai atau restoran). Lalu diikuti deskripsi jenis usahanya apakah perseorangan atau PT, lalu sertakan alamat kantor hingga kode POS. Setelah itu baru tekan next untuk melanjutkan.

6. Kepemilikan, Jumlah Cabang, dan Bantuk Bisnis

Langkah keenam, pilihlah salah satu kepemilikan bisnis (badan usaha, franchise, atau milik sendiri), sebutkan jumlah cabang atau outlet jika ada, lalu sebutkan bentuk usaha lebih jelasnya (restoran/rumah makan, home industry, atau usaha mikro).

7. Foto Tempat Usaha

Selanjutnya akan ada kolom khusus untuk mengupload foto tempat usaha. Kamu hanya perlu memasukkan foto tempat usaha tampak depan dan penampakan dapur produksi. Caranya adalah dengan add file, sehingga foto akan tersimpan di kolom pendaftaran. Selain itu ada juga panduan upload fotonya, sehingga memudahkan.

8. Informasi

Setelah klik lanjut, maka akan tampil informasi seputar pendaftaran di merchant ini.  Informasi yang dimuat lebih lengkap, dan kamu akan mengetahui mengenai syarat serta ketentuan lebih lanjut.

9. Konfirmasi

Selanjutnya kamu telah sampai pada tahap konfirmasi pendaftaran. Pilihlah salah satu sumber informasi yang kamu dapatkan sehingga mengetahui tentang pendaftaran ini, apakah dari situs Help Center Shopee, melalui hasil pencarian Google, atau CS Shopee. Lalu centang juga pernyataan melampirkan dokumen secara benar dan ‘submit’.

10. Verifikasi

Setelah cara daftar Shopee Food tadi disubmit, kamu akan menunggu respon dari tim Shopee Food berupa verifikasi. Nantinya tim terkait akan menghubungi pendaftar melalui telepon atau email yang tercantum dalam data pendaftaran.

11. Perjanjian Kerjasama

Selanjutnya tim Shopee Food akan mengirimkan beberapa dokumen penting untuk menjalin kerjasama dengan mitra, diantaranya mengirimkan formulir kelengkapan dokumen, serta Perjanjian Kerja Sama (PKS).

12. Lengkapi Dokumen Permohonan Mitra

Setelah dokumen diterima oleh kamu sebagai calon mitra, maka lengkapilah semua dokumen Shopee Food Merchant dengan teliti dan sesuai syarat ketentuannya.

13. Kirim Dokumen Softcopy

Jika dokumen telah diisi dan dilengkapi, maka selanjutnya adalah mengirimkan kembali semua dokumen, namun dalam format softcopy melalui email tujuan tim Shopee Food.

14. Datang ke Kantor Operasional

Setelah seluruh rangkaian proses pendaftaran ini selesai, maka selanjutnya kamu akan diminta untuk datang langsung ke alamat kantor operasional Shopee Food. Tentunya dengan membawa dokumen syrat-syarat berbentuk hardcopy untuk diserahkan.

15. Pelatihan

Tahap selanjutnya dalam cara daftar Shopee Food yang paling penting adalah, kamu akan melalui proses training Shopee Food Merchant secara langsung yang akan dilaksanakan di kantor operasional. Hal ini agar nantinya mitra usaha menjadi lebih paham saat menjalankan kerjasama.

16. Mulai Beroperasi

Apabila proses pelatihan telah selesai dilakukan, maka yang terakhir kamu dapat mulai menjalankan usaha. Shopee Food Merchant yang kamu miliki bisa mulai beroperasi, dan usaha kulinermu dapat segera dijual secara online.

Keuntungan Bermintra di Shopee Food Merchant


Bekerjasama dengan Shopee Food memang memberikan beberapa keuntungan bagi mitra usaha, seperti berikut ini:

1. Terintegrasi

Usaha yang kamu jalankan lebih menjanjikan, pasalnya ia sudah terintegrasi dengan marketplace Shopee, yang diketahui memiliki banyak pengguna dan pembeli. Dengan begitu bisnismu berpeluang untuk dikunjungi dan dibeli oleh banyak konsumen.

2. Promo

Dalam waktu-waktu tertentu, Shopee selalu mengadakan promo menarik yang akan berpengaruh pada minat pembeli. Tentu saja dengan adanya promo tersebut, pembeli akan semakin tertarik untuk berbelanja di restoran/outlet/kedaimu.

3. Pemasaran Luas

Yang paling penting, Shopee Food akan membantu usahamu dengan pemasaran yang lebih luas serta membantu mengembangkan bisnis lebih baik.

Sejumlah pilihan artikel berikut ini juga bisa dijadikan tambahan informasi.

Baca juga:





Dengan memahami pembahasan ini, bukan hanya cara daftar Shopee Food saja yang diketahui, namun syarat-syarat serta keuntungannya pun bisa diketahui.
 
Penulis: Ratih Pratiwi

Related Posts