taupasar.com

we read, we create and we share it.

Biaya Franchise Kopi Lain Hati Dan 5 Keunggulannya

Biaya Franchise Kopi Lain Hati Dan 5 Keunggulannya


Bisnis franchise saat ini memang sedang sangat digemari sebagai alternatif menambah pundi-pundi pemasukan keuangan. Salah satu franchise minuman yang saat ini banyak dibidik karena popularitasnya di kalangan anak-anak muda ialah kopi Lain Hati. 
franchise kopi lain hati



Bagi Anda yang sudah penasaran bagaimana kemitraan dan berapa biaya franchise kopi Lain Hati, kita akan membahasnya dalam ulasan kali ini. 
 

Lebih Jauh Mengenal Kopi Lain Hati


Franchise kopi Lain Hati merupakan bisnis minuman kekinian yang didirikan oleh artis papan atas Indonesia, Ririn Ekawati. Lain Hati mulai berdiri pada tahun 2018 dan saat ini sudah berhasil memiliki hampir 500 outlet di seluruh wilayah Indonesia. Perkembangan pesat ini menunjukkan betapa prospeknya bisnis franchise ini.

Salah satu ciri khas kopi kekinian ini terletak pada konsep produk yang dipasarkan. Memiliki nama ‘Lain Hati’, menu kopi Lain Hati menggunakan nama-nama yang berkaitan dengan relationship antar muda-mudi. Misalnya, es kopi Lain Hati, es kopi Gemas, es kopi Valakor, es kopi Ketus, es kopi Cemburu, es Sakit Hati, es susu Kenyal, es Lekat, es Cuek.

Diantara menu-menu diatas, kopi Lain Hati juga mempunyai tiga menu kopi andalan yaitu es kopi Duda Keren, es kopi Baper, dan es kopi Advokat. dengan teknik pemasaran yang massif di media sosial dengan mengusung nama artis Ririn Ekawati, dalam waktu singkat franchise kopi ini sangat populer di kalangan remaja dan dewasa.

Biaya Franchise Kopi Lain Hati


Sebagaimana tata kelola franchise pada umumnya, biaya franchise kopi Lain Hati menawarkan paket waralaba bagi calon mitra yang ingin membangun kerjasama. Adapun biaya waralaba kopi Lain Hati sebesar 75.000.000 dengan membayar royalti keuntungan sebesar 1.500.000 rupiah setiap bulan.

Biaya waralaba ini berlaku selama 3 tahun, dengan fasilitas sebagai berikut:
  • Grinder
  • Timbangan
  • Rok presso
  • Sealer cup
  • Gelas takar
  • Kompor listrik
  • Shaker
  • Blender
  • Teko termometer
  • Jug stainless susu
  • Seragam (untuk karyawan)
Adapun rincian modal dan keuntungan penjualan dari franchise kopi Lain Hati adalah sebagai berikut:
  • Biaya franchise: 75.000.000
  • Renovasi both standard: 25.000.000
  • Lain-lain: 5.000.000
Total modal awal membuka franchise Lain Hati berdasarkan kepada perkiraan perhitungan diatas adalah 105.000.000. Minimal Anda harus memiliki dana tersebut untuk memulai bisnis ini. Selanjutnya, perhitungan laba dan pengeluaran franchise adalah sebagai berikut:
  • Sewa tempat / bulan: 6.000.000
  • Gaji karyawan: 7.500.000
  • Listrik: 1.000.000
  • Internet: 150.000
  • Lain-lain: 1.000.000
  • Fee royalti: 1.500.000
Total biaya operasional dari perhitungan diatas ialah 17.150.000 per/bulan. Adapun besaran keuntungan penjualan setiap bulan adalah sebagai berikut:
  • Rata-rata penjualan per-hari: 100 cup
  • Rata-rata nominal per-hari: 20.000
  • Jumlah hari per-bulan: 30
Berdasarkan perkiraan perhitungan perolehan penjualan diatas, keuntungan kotor yang dapat Anda kantongi dalam sebulan sebesar 60.000.000. Apabila jumlah tersebut dikurangi dengan biaya operasional sebesar 17.150.000, maka total keuntungan bersih yang bisa Anda dapatkan setiap bulan sebesar 20.650.000.

Dalam pembangunan gerai, pihak mitra dipersilahkan untuk melakukan renovasi secara mandiri dengan ketentuan outlet yang sudah ditentukan oleh pihak developer. Persyaratan standart both ini termasuk cukup mudah, yaitu memiliki luas gerai minimal 3x2.5m persegi, memiliki jalur air kotor dan air bersih, serta dilengkapi dengan kekuatan listrik minimal 3200W atau 16A.

Prosedur Kemitraan di Franchise Kopi Lain Hati


Untuk memulai kemitraan dengan franchise kopi terlaris ini, berikut prosedur kerjasamanya:

1. Proses Pengajuan Lokasi

Untuk mengajukan kerjasama, Anda sebagai calon mitra harus mengajukan referensi lokasi terlebih dahulu. Pihak developer harus memastikan terlebih dahulu bahwa lokasi tersebut strategis dan tidak berdekatan dengan gerai yang lain. Jika sudah disetujui, baru Anda bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

2. Persetujuan Kontrak

berbeda dengan franchise lain yang umumnya melaksanakan penandatangan kontrak setelah proses renovasi gerai dilaksanakan, kopi Lain Hati melakukan token kontrak dengan mitra setelah proses persetujuan lokasi selesai.

3. Pembayaran

Pada tahap ini, pihak mitra melakukan pembayaran kepada pihak developer.

4. Persiapan gerai

Setelah pembayaran kemitraan, pihak mitra diberi waktu selama dua minggu untuk melakukan renovasi gerai. Pihak mitra memiliki keleluasaan dalam melakukan renovasi selama memenuhi standart gerai kopi Lain Hati.

5. Pengiriman Bahan Baku

Jika gerai sudah siap, pihak mitra akan menerima fasilitas yang sudah disepakati berupa fasilitas-fasilitas diatas tadi. Proses pengiriman ini memiliki estimasi selama satu minggu setelah masa renovasi selesai.

6. Training

Sebelum gerai benar-benar opening, sebelumnya karyawan akan dibekali dengan training terlebih dahulu terkait proses operasional dan formula menu. Pembekalan ini sangat penting sebagai acuan kualitas produk sesuai dengan modul Standart Operasional Pegawai (SOP).

7. Pembukaan Gerai

Setelah prosedur-prosedur diatas terpenuhi, tibalah momentum opening gerai.

Keunggulan Produk Kopi Lain Hati


Setiap produk tentu memiliki keunggulan dan ciri khas yang membedakannya dengan produk kopi yang lain. Setelah membahas biaya franchise kopi Lain Hati, tak kalah penting adalah mengetahui apa saja keunggulan produk kopi tersebut sehingga dapat memantapkan hati Anda untuk bekerjasama dengan brand kopi Ririn Ekawati ini.

Berikut beberapa keunggulannya:

1. Memiliki Harga Terjangkau

Dibandingkan jenis kopi-kopi kekinian lainnya, harga produk kopi Lain Hati tergolong terjangkau di kalangan masyarakat kelas menengah dan anak-anak muda, yaitu 20.000 saja. Tentu harga ini juga sangat sebanding dengan popularitas serta citarasa produk yang sudah tak perlu diragukan lagi.

2. Citarasa Elit

Meskipun dimiliki oleh seorang artis, tidak berarti popularitas produk ini hanya mengandalkan kecantikan sang founder. Kopi Lain Hati juga menawarkan citarasa kopi yang orisinal, khas, serta aroma yang membuat konsumen tak ingin berpindah ke ‘lain hati’.

3. Kopi Asli Indonesia

Kopi Lain Hati selalu menekankan prinsip bahwa biji kopi mereka berasal langsung dari tangan petani kopi Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan melalui kualitas dan aroma kopi yang segar dan lekat sehingga dapat memberikan dampak positif bagi konsumennya. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda sedang mengonsumsi produk asli buatan tanah air.

4. Proses Roasting Berkualitas

Bukan hanya bahan, kopi Lain Hati juga sangat memperhatikan proses pembuatan kopi. Salah satunya proses roasting yang dilakukan dengan sangat hati-hati untuk menjaga keaslian rasa asli.

5. Popularitas Brand

Nama Ririn Ekawati tidak bisa dinafikan memegang peran penting dalam tingginya penjualan kopi kekinian Lain Hati. Tidak hanya itu saja, Ririn juga aktif mengajak rekan sesama artisnya untuk mereview dan mempromosikan rasa dari kopi tersebut. Alhasil, progres produk ini sangat tinggi untuk mendatangkan keuntungan.

Sejumlah pilihan artikel berikut ini juga bisa dijadikan tambahan informasi bagi kamu yang ingin memulai usaha franchise kopi atau minuman.

Baca juga:





Demikian ulasan seputar biaya franchise kopi Lain Hati serta poin-poin keunggulan produk ini dibandingkan kopi kekinian yang lain. Tentu aspek-aspek ini dapat menjadi tambahan pertimbangan bagi Anda untuk memilih bergabung kemitraan dengan franchise kopi Lain Hati. Semoga bermanfaat.  

Related Posts