taupasar.com

we read, we create and we share it.

Jangan Sampe Terlewatkan Inilah Persyaratan dan Biaya Franchise Indomaret

Jangan Sampe Terlewatkan Inilah Persyaratan dan Biaya Franchise Indomaret  


Indomaret merupakan salah satu minimarket yang hampir sudah ada di setiap plosok daerah, hampir semua orang pernah berebelanja di indomaret. Karena indomaret selalu menyediakan kebutuhan masyarakat, baik dalam kebutuhan sekunder maupun primer, sehingga masyarakat akan lebih mudah mendapatkan barang yang mereka inginkan.
franchise indomaret

 

Selain itu berbelanja di indomaret sangat mudah dan hemat, setiap bulannya produk akan mendapatkan potongan harga, dan selalu ada cashback pada pembelian tertentu. Untuk pembayaran apapun bisa di lakukan melalui indomaret, dengan syarat dan ketentuan yang beralku. 

Cara Menentukan Biaya Franchise Indomaret 


1. Mempersiapkan Dokumen Penting

Dokumen penting yang di maksud ini adalah, dokumen yang berisi tentang data kependudukan kamu, yang berstatus sebagai Warga Negara Indonesia. Seperti melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas lainnya. Dokumen harus sudah lengkap dan jelas, tidak memberikan dokumen palsu, semua data dokumen yang di lampirkan harus data asli diri kamu sendiri. 

Karena nantinya, kamu akan di minta untuk menjelaskan isi dan tujuan dokumen tersebut, perbanyak dokumen untuk mempermudah penerimaan dokumen. 

2. Mencari dan Memilih Lokasi yang Strategis

Jika dokumen yang kamu buat telah selesai, maka hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari tempat yang strategis untuk mendirikan minimarket yang akan kamu buat. Mengapa lokasinya harus strategis? Karena hal ini dapat meningkatkan daya jual dan mendapatkan penghasilan yang besar nantinya. 

Untuk pemilihan lahannya, minimal kamu harus menyediakan lahan seluas 120-210 meter persegi, dengan kisaran harga dari luas tersebut Rp.500.000.000. salain itu, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan pada saat memilih lokasi, diantaranya dekat dengan jalan raya, akses untuk kendaraan yang mudah,, terletak di daerah yang ramai penduduk dan mudah di jumpai. 

Karena hal ini akan menentukan keramaian waralabamu.

3. Mempersiapkan Perlengkapan Surat Untuk Usaha 

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah, kelengkapan surat usaha, karena jika surat-surat usaha yang kamu ajukan tidak lengkap, akan memperlambat proses kerja usaha yang akan kamu buat. Surat ini merupakan kelengkapan dari dokumen yang telah dibuat, ada beberapa jenis surat yang harus di lengkapi, diantaranya: 
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Surat Izin Untuk Perusahaan (SIUP)

Untuk mengurus surat- surat tersebut, kamu harus datang ke Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTSP), untuk mendapatkan persetujuan dan tanda tangan dari pihak dinas tersebut, terkait dengan persyaratan yang kamu buat. 

4. Siapkan Modal Atau Biaya Untuk Investasi

Ketika kamu ingin memulai usaha, tentukan hal yang pertama yang harus kamu punya adalah modal. Karena usaha tidak akan berjalan jika modalnya saja tidak punya, maka dari itu sebelum memulai usaha kamu harus mempersiapkan modalnya terlebih dahulu, untuk di investasikan. 

Modal tersebut yang nantinya akan kamu serahkan kepada pemilik perusahaan indomaret, sebagai tanda persetujuan dan mengajukan merk permohonan untuk persetujuan. 

Modal yang akan kamu order berkisar antara Rp.300-400 juta, itu hanya untuk pembukaan indomaret yang baru, sedangkan jika kamu mengambil alih perusahaan kemitraan dari mitra lama, modal yang di butuhkan berkisar antara Rp.150-200 juta saja. 

Besarnya modal, tergantung pada jenis usaha waralaba apa yang nantinya akan kamu pilih. Harga yang di tentukan, sudah termasuk dalam royaliti selama masa kontrak berlangsung dalam jangka waktu lima tahun. 

5. Daftar Melalui Call Center Waralaba Indomaret yang Resmi

Jika kamu sudah memenuhi dan melengkapi syarat-syarat yang di perluka, selanjutnya kamu dapat menghubngi langsung call center resmi milik indomaret. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi halaman website resmi dari indomaret, dan langsung dapat mengunduh formulir pendaftaran unutuk usaha kamu. 

Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, selanjutnya kamu tinngal menunggu kedatangan team survey dari indomaret, untuk mengecek dan melihat lokasi waralaba yang akan kamu jadikan tempat usaha. 

6. Melakukan Tahap Penyajian yang Matang
 
Sebelum kamu membuka perusahaan atau memulai usaha, tentunya kamu harus melakukan penyajian yang begitu matang dann tidak boleh setengah-setengah. Setelah melewati beberapa pendaftaran nantinya team verifikator resmi dari indomaret, akan melakukan proses presentasi. 

Tahapan presentasi akan melalui dua tahapan, tahap pertama menghitung presentasi keuntungan toko, besarnya modal, mekanisme dalam bekerjasama, dan mencatat sistem operasional toko selama berusaha.

Persyaratan untuk tahap pertama, kamu akan di minta menyerahkan kelengkapan dari semua dokumen dan surat usaha yang sudah di miliki. Tahap kedua hanya akan berkaitan dengan anggaran perencanaan belanja, hasi survey, dan besar kecilnya modal yang akan di investasikan.  

Keuntungan Membuka Usaha Waralaba Franchise Indomaret


Setiap kali kamu membuka usaha, tentunya hal yang pertama kamu inginkan adalah mendapatkan keuntungan. Setiap keuntungan tidak perlu besar, karena sedikit-sedikit jika setiap keuntungan itu di kumpulkan dengan baik maka akan menjadi bukit. Keuntungan menjadi franchise indomaret sangat banyak, khususnya ketika ada pihak yang ingin membeli waralaba. 

Ada beberapa keuntungan bagi kamu, yang ingin ikut berkecimpung di dalam bisnis udaha franchise waralaba indomaret. Diantaranya, menambah wawasan dalam tranformasii pengetahuan tentang dunia perbisnisan, dapat bergabung dengan bran-brand popular dan ternama, menambah wawasan mengenai potensi pasar dan lokasi yang strategis, tidak terlibat penuh dengan toko yang sudah berintegrasi. 

Persyaratan Membuka Usaha Bisnis Franchise Indomaret


Setelah kamu mempersiapkan semuanya, selanjutnya ada persyaratan yang harus di penuhi. Untuk membuka usaha bisnis Franchise Indomaret, karena ada beberapa dokumen, pendanaan dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengetahui lebih jelasnya, inilah beberapa persyaratan yang harus di penuhi. 

1. Syarat Membuka Franchise Indomaret
  • Harus Warga Negara Indonesia (WNI) tidak boleh Warga Negara Asing (WNA).
  • Sudah menyediakan lokasi dan area toko yang strategis, dengan luas minimal 120 sampai 200 meter persegi. 
  • Mempersiapkan surat izin usaha, seperti IMB/IPB dan UGH.
  • Selanjutnya membawa fotokopi dokumen pendukung, diantaranya KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), Sertifikat Bangunan, IMB (Izin Mendirikan Bangunan), Denah Lokasi, TDP (Tanda Daftar Perusahaan), SIUP ( Surat Izin Mendirikan Usaha), IUTM (Izin Usaha Toko Modern), STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pokok), PKP (Pengusaha Kena Pajak). 
Pada presentasi ini, akan di jelaskan secara detail atau lebih jelas oleh pihak indomaret, mengenai cara penjualan dan keuntungan yang akan di peroleh selama usaha ini berlangsung. Mekanisme kerjasama dan besaran investasi juga akan mempengaruhi besaran keuntungan yang didapat setiap bulan, pada system operasional operasional. 

2. Pembukaan Toko Indomaret

Setelah semua persyaratan sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mendapatkan kesepakatan dalam usaha, untuk merealisasikan. Pada saat pembukaan toko, akan diadakan promosi barang atau harga ptoduk indomaret, yang sudah di sediakan oleh pihak indomaret. Selanjutnya kamu akan menandatangani surat perjanjian waralaba atau masa kontrak selama 5 tahun. 

Kamu juga bisa memilih sejumlah artikel berikut ini sebagai tambahan informasi.

Baca juga:




Itulah beberapa informasi lengkap, yang bisa kamu lakukan untuk menjadi franchise indomaret dengan mudah. Semoga bermanfaat. 

Penulis: Nur Sapitri
Related Posts