taupasar.com

we read, we create and we share it.

20 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Bisa dijadikan Peluang

20 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Bisa dijadikan Peluang

Memiliki bisnis atau usaha sendiri merupakan suatu kebanggan yang perlu diperjuangkan. Terutama jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan bahkan dicari dengan berbagai cara. Oleh sebab itu, jika ansa menginginkan untuk memiliki usaha, maka pilihlah yang usaha yang jarang terpikirkan oleh orang lain akan tetapi selalu dibutuhkan. 

usaha yang banyak dibutuhkan

Banyak sekali aneka ragam jenis usaha yang bisa Anda pilih. Tentunya hal ini perlu disesuaikan antara modal dan kemampuan Anda. Atau boleh jadi jika Anda ingin mempekerjakan orang lain, namun juga harus siap untuk membayarnya sebagai pegawai Anda. Tentu hal ini perlu dipertimbangkan dengan matang agar Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan usaha.

Usaha yang jarang ini seringkali tidak terpikirkan oleh sebagian orang, pasalnya orang hanya akan mencari ketika benar membutuhkannya. Jadi ambillah kesempatan emas tersebut sebagai peluang usaha yang bisa Anda kembangkan nantinya. 

Rekomendasi Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan

1. Pembuat Desain Logo

Jenis usaha yang jarang ditemukan adalah jasa pembuatan desain logo atau lainnya. Padahal secara tidak langsung banyak sekali brand baru yang hadir dengan menyertakan desain logo atau brand mereka di bagian kemasannya. Ini tampak sekali bahwa sebenarnya jasa pembuatan desain logo ini banyak dibutuhkan bagi pemilik usaha apapun.

Adapun untuk pembuatan logonya Anda bisa mempelajarinya dengan menggunakan berbagai aplikasi yang menunjang, seperti coreldraw, photoshop dan masih banyak lagi. Jika belum memiliki kemampuan desain, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak atau kursus untuk menambah skill yang menguntungkan ini.

Dengan membuka usaha yang jarang namun dibutuhkan ini, Anda akan dengan mudah menemukan pasar disekitar Anda. Disamping itu, Anda juga bisa menawarkannya melalui media online atau bahkan melalui website freelancer yang kini banyak ditemukan dan mudah untuk mengaksesnya. 

2. Menjual Hasil Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan merupakan suatu hasil orisinil yang langka untuk ditemukan. Maka salah satu jenis usaha menjual hasil kerajinan tangan ini akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda jika melakukannya. Hal ini termasuk usaha yang jarang sekali ditemukan namun tetap dibutuhkan.

Arapun aneka jenis kerajinan tangan yang bisa Anda buat seperti tas, tempat tisu, hiasan dinding, tempat hand sanitizer atau bahkan pengait masker. Hal ini ternyata bisa diterima di pasaran karena cenderung unik dan berbeda dari produk buatan pabrik. Bagi pecinta barang unik pasti akan senang untuk membeli barang-barang hasil kerajinan tangan Anda.

3. Membuka Usaha Salon Syar'i

Jumlah usaha salon kecantikan sebenarnya sudah tidak terhitung jumlahnya. Akan tetapi yang menawarkan model berbeda sangat jarang ditemukam, terlebih salon syar'i yang ternyata banyak dilirik oleh kaum hawa yang berhijab. Nah jika Anda ingin membuka usaha salon, maka Anda bisa menawarkan salon syar'i karena jarang sekali ditemukan.

Pasalnya kini perempuan baik berhijab atau tidak, banyak yang membutuhkan untuk perawatan diri. Tentunya akan lebih nyaman bagi mereka yang berhijab untuk melaksanakan perawatan mereka di salon syar'i karena akan terjaga privasinya dari kaum adam. Oleh sebab itu membaca peluang salon syar'i ini cukup menjanjikan bukan?

4. Membuka Usaha Permak Jeans

Jenis usaha yang jarang namun dicari selanjutnya adalah usaha permak jeans. Meski terkesan sepele namun ternyata jasa ini cukup ramai dibutuhkan. Usaha permak jeans ini berbda dengan penjahit biasa, karena bahan jeans tidak sama dengan kain pada umumnya. Oleh sebab itu masih banyak dibutuhkan bagi mereka penggemar jeans untuk dikenakan.

Adapun usaha permak jeans tidak hanya bisa membenarkan lubang pada celana saja, akan tetapi bisa juga untuk rok, jaket dan berbagai jenis pakaian yang berbahan jeans. 

5. Menawarkan Jasa Jahit Baju

Jasa jahit baju sejak dahulu hingga sekarang sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan. Baik dari kalangan menengah kebawah maupun menengah ke atas. Meski sudah banyak dijual baju jadi secara online maupun offline, peminat menjahitkan kain untuk menjadi baju ini masih sangat tinggi, karena lebih banyak model yang bisa dibentuk sesuai keinginan.

Maka tak heran jika masih banyak dibutuhkan apalagi bagi mereka yang memiliki tubuh spesial sehingga jarang ditemukan di pasaran. Jika Anda memiliki keahlian menjahit, mengapa tidak mencobanya dari sekarang?

6. Menjual Makanan Sehat

Makanan sehat ini sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, namun ternyata jarang disadari kebutuhannya. Padahal banyak peminatnya karena banyak diantara mereka yang lebih mmeilih menjaga makanan daripada berobat saat sudah sakit. Atau bisa juga untuk program diet. 

Adapun makanan sehat sangat beragam macamnya, bisa berupa olahan sayur mayur organik, masakan tanpa MSG dan sebagainya. Anda bisa memilihnya sebagai usaha jarang namun banyak dibutuhkan.

7. Menjual Produk Daur Ulang

Banyaknya sampah merupakan PR kira semua namun banyak yang kurang bisa memanfaatkannya. Oleh sebab itu salah satu usaha yang jarang namun dibutuhkn adalah menjual aneka produk daur ulang. Meski sebenarnya sudah lama digaungkan akan tetapi masih jarang sekali ditemukan disekitar.

Adapun barang-barang daur ulang merupakan sebuah karya yang dibuat dari barang-barang bekas, seperti plastik, botol, kardus dan sebagainya. Kemudian diolah sedemikian rupa untuk menjadi produk baru seperti tas belanja, lampu hias, pot bunga yang unik dan sebagainya. Selain menguntungkan Anda juga berperan meminimalisir sampah di sekitar.

8. Menjual Aneka Makanan Tradisional 

Maraknya aneka ragam makanan kekinian menjadikan berkurangnya pdagang makanan tradisional. Padahal masih banyak peminat namun jarang ditemukan penjualnya. Maka Anda bisa menjadi salah satu diantaranya dengan menawarkan model baru, baik dari segi pengemasan maupun penampilan dengan tetap menjaga rasa.

Tentu hal ini akan memberikan kesan cantik dan lebih menggoda. Selain menjaga kearifan lokal Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan tambahan uang. 

9. Menjual Jamu Tradisional

Jamu tradisonal merupakan warisan leluhur yang menyehatkan. Oleh sebab itu tak heran jika masih banyak dari masyarakan umum yang mengkonsumsinya. Namun sayangnya jarang sekali ditemukan padahal banyak dibutuhkan orang. Jika Anda memiliki resep jamu tradisional tidak ada salahnya jika Anda membuka usaha jenis ini bukan?

10. Sewa Alat Pesta

Jenis usaha yang jarang namun dibutuhkan selanjutnya adalah sewa alat pesta. Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya peminat mengadakan acara pesta di rumah masing-masing oleh sebab itu untuk memeriahkan pesta tersebut tak jarang orang mencari tempat sewa alat-alat pesta ini. 

Alat pesta bisa berupa tenda, sound, kursi dan alat-alat dapur serta piring dan tempat yang digunakan untuk menyajikan hidangan. Anda bisa menyesuaikan dengan modal yang dimiliki dan peminat pasar di sekitar Anda. 

11. Sewa Mainan dan peralatan Bayi

Perabotan bayi cenderung cepat penggunaannya, maka dari itu kini lebih banyak orangtua modern memilih menyewa daripada membelinya. Karena pertumbuhan bayi terkesan sangat cepat dan kebutuhan peralatan pun berganti. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi Anda untuk membuka usaha penyewaan mainan dan peralatan bayi karena jarang ditemukan.

12. Sewa Gedget Visual

Maraknya teknologi menjadikan semakin beragamnya jenis gedget yang ditawarkan, akan tetapi banyak dari peminatnya yang lebih memilih untuk menyewanya daripada membeli. Karena cenderung jarang digunakan jika tidak ada kebutuhan tertentu seperti acara keluarga, piknik atau sejenisnya.

Adapun jenis gedget visual yang biasa disewakan seperti camera SLR, Drone, handycamp dan berbagai hal yang berkaitan dengan alat visual. Usaha ini jarang tapi dibutuhkan banyak orang. Anda bisa memilihnya jika tertarik untuk mencoba usaha jenis ini.

13. Jual Bahan Sayur Siap Masak

Ibu modern cernderung lebih suka hal-hal yang simple dan mudah terutama saat memasak, maka tak heran jika mereka cenderung memilih bahan sayur yang siap masak daripada harus memilah terlebih dahulu. Hal ini jarang namun banyak dilirik oleh masyarakat kekinian. Anda bisa menjadi bagian dari penyedia sayur tersebut untuk memulai usaha ini.

14. Jual Frozen Food

Selain sayur siap masak, frozen food yang terkesan simple dan mudha juga banyak diminati oleh masyakarat kekinian. Karena kemudahan dalam menyajikan mempersingkat waktu dan tenaga sehingga bisa menajdi pertimbangan Anda untuk memilh usaha ini. Akan tetapi usaha ini jarang padahal cukup mempunyai banyak peminatnya.

15. Obat Herbal

Obat herbal menjadi alternatif kedua bagi mereka yang kurang tertarik dengan pengobatan medis. Karena dianggap memiliki resiko yang lebih kecil dan menyehatkan. Meski jarang tapi dibutuhkan oleh banyak orang. Anda bisa menjual obat herbal dengan cara offline maupun online dengan mempostingnya di berbagai media sosial dan marketplace yang anda miliki.

16. Jual Tanaman Herbal

Selain obat-obatan herbal, sebagian orang ingin memiliki tanamannya untuk dimiliki. Sehingga saat membutuhkan mereka sudah tersedia di rumahnya. Namun usaha jenis ini sangat langka padahal banyak dicari oleh pecinta tanaman herbal. 

Adapun tanaman herbal cukup beragam dan memiliki khasiat yang berbeda. Seperti daun sirih merah, daun kumis kucing, mengkudu dan sebagainya. Anda bisa menjualnya dalam bentuk pot atau polybag sehingga memudahkan untuk mendistribusikannya. 

17. Membuka Jasa Servis Elektronik

Banyaknya macam alat elektronik membuka peluang baru bagi ahlinya untuk membuka usaha servis elektronik. Dari mulai televisi, laptop, mesin cuci, kipas angin, sound dan masih banyak lagi. Hal ini terkesan jarang tapi dibutuhkan bagi mereka yang kehilangan fungsi alatnya. 

Jika Anda memiliki keahlian servis ini, membuka usaha ini dapat menambah penghasilan Anda. Biasanya kerusakan yang terjadi tidak parah sehingga banyak orang lebih memilih untuk membawanya ke tukang servis daripada membeli yang baru. 

18. Sewa Peralatan Outdoor

Para peminat mendaki kini masih mencapai angka yang tinggi terutama di waktu libur panjang. Tentunya mereka membutuhkan peralatan outdoor untuk melengkapi perjalanan mereka. Bagi sebagian orang lebih memilih menyewa daripada membelinya karena jarang digunakan. 

Oleh sebab itu membuka usaha sewa alat outdoor ini cukup banyak dibutuhkan meski terkesan jarang ditemukan. Sehingga bisa menjadi pilihan Anda untuk dipertimbangkan.

19. Rental Perlengkapan Rekaman Youtube

Kehadiran youtube di berbagai kalangan menjadikan banyaknya minat untuk menjadi youtuber. Akan tetapi untuk melengkapi kebutuhan rekaman mereka cenderung keberatan karena modalnya tidak sedikit. 

Anda bisa membuka jasa sewa perlengkapan rekaman youtube jika memungkinkan. Hal ini jarang tapi dibutuhkan bagi mereka yang ingin terjun di dunia youtuber. Dan jumlahnya kini semakin meluas dan beragam.

20. Jasa Pembuatan Serta Editing Berbagai Jenis Konten 

jenis usaha selanjutnya adalah pembuatan serta editing konten. Maraknya sosial media menjadikan banyaknya peluang bisnis dan semakin beragam seperti menjadi selebgram atau youtuber. Akan tetapi minimnya skill dalam membuat konten menjadikan peluang baru bagi Anda yang memiliki skill tersebut 

Jenis usaha ini sangat jarang tapi dibutuhkan oleh mereka yang kesukitan dalam editing. Anda bisa membuat penawarannya melalui sosial media atau website freelancer dengan mudah untuk mendapatkan pelanggan Anda. 

Sejumlah pilihan artikel di bawah ini, juga bisa dijadikan referensi bagi Anda semua.

baca juga:

1. Rekomendasi Usaha Rumahan

2. Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

3. Ide Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

4. Ide Peluang Usaha di Desa

Itulah informasi perihal sejumlah usaha yang jarang tapi dibutuhkan, bisa Anda jadikan pilihan. 

Penulis: Latifah


Related Posts