taupasar.com

we read, we create and we share it.

Butuh Penghasilan Tambahan? Coba Ide Usaha Sampingan Karyawan Pabrik Ini!

Butuh Penghasilan Tambahan? Coba Ide Usaha Sampingan Karyawan Pabrik Ini!

Melihat biaya dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup di era modern saat ini yang semakin besar seperti tempat tinggal, pendidikan, makan, dan kebutuhan lainnya seringkali membuat banyak orang harus memiliki sumber penghasilan lain untu dapat memenuhinya.

usaha sampingan untuk karyawan

Saat ini memiliki usaha sampingan tak hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki banyak waktu luang saja. Seorang karyawan pabrik yang memiliki jam kerja padat pun dapat membuka berbagai jenis usaha untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan. 

Artikel ini akan memberikan beberapa ide usaha sampingan karyawan pabrik yang mudah serta tidak membutuhkan modal besar bahkan waktu yang banyak untuk melakukannya. Meskipun demikian beberapa ide berikut dapat memberikan keuntungan bagi kamu.

Sejumlah Ide Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

1. Jual Pakaian

Ide usaha dengan menjual pakaian ini merupakan ide yang cukup mudah untuk dilakukan. Pasalnya kebutuhan manusia akan pakaian saat ini juga cukup besar. Kamu dapat memanfaatkan ide usaha ini kemudian menawarkan produk-produk pakaian yang kamu jual kepada sesama karyawan.

Jual pakaian ini dapat menjadi peluang besar sebab banyak karyawan yang malas untuk berbelanja pakaian dan memilih untuk menghabiskan waktu liburnya untuk beristirahat. Kamu dapat memanfaatkan peluang itu dengan memberikan sebuah solusi berjualan dan memberikannya langsung.

2. Jual Makanan 

Jika kamu pandai memasak kamu juga dapat memanfaatkannya sebagai ide usaha. Kamu dapat memasak untuk kemudian dijual pada sesama rekan karyawan untuk kebutuhan makan sehari-hari mereka seperti sarapan, makan siang, atau sekedar makanan untuk cemilan. 

Sehingga dengan demikian kamu dapat menghasilkan uang tambahan selain dari gaji pokok yang kamu dapatkan sebagai karyawan pabrik.

3. Jual pulsa dan Kuota

Kamu juga dapat berjualan pulsa dan kuota internet di kantor atau di tempat kamu bekerja. Hal ini dapat kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam melakukan aktivitas yang membutuhkan pulsa atau internet. Modal dari usaha ini juga tidaklah sulit hanya bermodal smartphone saja kamu dapat memulai usaha ini.

4. Jual properti

Saat ini memulai usaha di bidang property tidaklah membutuhkan modal yang besar. Kamu dapat membantu teman atau kenalanmu untuk menjual rumah atau tanah yang ia miliki sebagai seorang perantara. Kemudian jika berhasil terjual kamu dapat mengambil keuntungan dari hasil penjualan sesuai dengan kesepakatan yang telah kamu buat sebelumnya.

5. Jual tanaman hias

Tanaman hias saat ini sedang banyak digandrungi orang, kamu bisa juga menawarkannya pada karyawan lain yang menjadi seorang penggemar tanaman hias. Untuk dapat melakukan bisnis atau ide usaha ini, kamu harus memahami terlebih dahulu mengenai tanaman-tanaman yang akan dijual serta memiliki perhitungan yang matang.

6. Jasa Bimbingan Belajar

Setelah selesai bekerja di pabrik, kamu dapat melanjutkan pekerjaan sebagai seorang yang memberikan jasa bimbingan belajar bagi anak-anak sekolah. Menjadi seorang guru bimbel ini tidaklah memakan waktu yang lama, kamu dapat memberikan bimbingan selama satu hingga tiga jam saja sesuai dengan kesepakatan. Hal ini sangat dapat dilakukan untuk mendapat penghasilan tambahan.

7. Menjadi penulis Lepas

Jika kamu memiliki hobby dalam bidang tulis-menulis, maka kamu dapat memanfaatkannya sebagai ide usaha lainnya. Kamu dapat membuat sebuah artikel yang bisa kamu tawarkan dan dijual pada website-website yang membutuhkan tulisan berkualitas.

8. Menjadi youtuber

Saat ini media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan yang menguntungkan. Kamu dapat menggali ide atau kreatifitasmu untuk membuat sebuah konten menarik yang dapat membawa banyak penonton sehingga kemudian dapat mendatangkan iklan. 

9. Menulis buku

Selain menulis artikel, kamu juga dapat menulis sebuah buku baik mengenai pengalaman, novel atau cerita cerita fiksi yang mampu kamu tulis. Karya-karya tulisanmu dapat kamu serahkan ke penerbit untuk diterbitkan dan dijual kepada para pembaca. Hal ini sangat bisa dimanfaatkan selain menjadi hobby namun dijadikan sebagai kegiatan yang menguntungkan pula. 

10. Penjualan artwork

Jika kamu memiliki jiwa seni yang cukup tinggi serta memiliki kemampuan untuk bisa menghasilkan berbagai karya-karya seni di luar jam kerjamu di pabrik. Kamu dapat menjual hasil karyamu pada para pecinta seni. Sebuah karya seni yang bagus biasanya memiliki nilai yang cukup tinggi pula untuk dijual

11. Jasa laundry

Ide usaha jasa laundry ini jika kamu pilih menjadi usaha sampingan dapat kamu lakukan untuk memberikan solusi bagi orang yang tidak memiliki waktu atau malas untuk mencuci pakaian. Jasa laundry saat ini banyak sekali dibutuhkan khususnya di daerah atau lokasi yang cocok seperti dekat kampus ataupun kos-kosan. 

12. Jasa penerjemah

Apabila kamu memiliki kemampuan dalam berbahasa asing maka hal ini dapat dimanfaaatkan pula sebagai ide usaha sampingan karyawan pabrik. Kamu dapat mencari berbagai job penerjemah melalui situs online. 

Saat ini banyak lembaga baik pemerintah maupun swasta yang membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan dokumen penting, makalah, atau hal lainnya. Pekerjaan ini dapat kamu lakukan di rumah tanpa harus bepergian dan mengganggu pekerjaan utamamu yaitu sebagai karyawan pabrik.

13. Menjadi Agen Asuransi

Ide usaha lain yang dapat kamu manfaatkan untuk mendatangkan penghasilan tambahan lainnya yang tidak memerlukan modal besar yaitu dengan menjadi seorang agen asuransi. Kamu harus memahami dan memiliki wawasan di bidang asuransi serta kemampuan untuk berjualan. 

Usaha agen asuransi ini sangat cocok dilakukan bagi karyawan pabrik sebab tidak mengikat dan tak memerlukan modal yang besar. Namun ide usaha ini juga dapat memberikan keuntungan besar.

14. Jual ikan hias

Selain tanaman hias, saat ini banyak pula yang menggandrungi koleksi ikan hias sebagai pajangan dan hobby baru. Maka peluang ini dapat kamu manfaatkan dengan baik sebagai penjual ikan hias bukan hanya sebagai pengoleksinya saja. 

Sehingga kamu dapat membawa keuntungan sebab potensi ikan hias saat ini sedang naik daun. Tak hanya mengikuti tren, ikan hias ini juga memiliki penggemar setia sehingga kamu tak akan kehabisan konsumen jika membuka usaha ikan hias ini. 

15. Jual beli kendaraan

Usaha satu ini sangat cocok juga untuk dijadikan peluang pendapatan sampingan. Serupa dengan menjual property, kamu tak perlu pusing memikirkan modal yang harus kamu keluarkan untuk memulai usaha jual beli kendaraan ini. Kamu dapat memulai dengan menjadi perantara membantu teman, saudara, atau tetangga terlebih dahulu yang ingin menjual atau membeli sebuah kendaraan.

Di bawah ini tersedia sejumlah pilihan artikel, tentu saja bisa kamu jadikan tambahan informasi.

Baca juga:

1. Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa

2. Rekomendasi Usaha Rumahan

3. Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer

4. Ide Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Ide usaha di atas sangat cocok untuk kamu coba sebagai sumber penghasilan tambahan. Kamu dapat memulai pekerjaan sampinganmu dan jangan takut gagal dalam mencoba berbagai ide usaha sampingan karyawan pabrik. 

Sebab kegagalan merupakan bagian dari pengalaman berharga yang dapat membawamu kepada sebuah kesuksesan. Hal utama yang harus kamu miliki sebelum memulai adalah niat dan tekad yang bulat.

Penulis: Sarafina K

Related Posts