taupasar.com

we read, we create and we share it.

Rekomendasi Ide Peluang Usaha di Desa Yang Bisa Kamu Lakukan

Saat ini, berbisnis atau membuat sebuah usaha merupakan suatu ide yang tepat dalam menghadapi perkembangan ekonomi. Tentunya, bidang usaha yang dibuat harus sesuai dengan keinginan dan modal yang sudah dipersiapkan. 
peluang usaha di desa

Bagi Anda yang tinggal di pedesaan, Anda bisa menemukan banyak sekali ide usaha yang bisa menjadi sebuah peluang penghasilan besar. Beberapa ide usaha tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

10 Rekomendasi Ide Peluang Usaha di Desa yang Bisa Anda Pilih

Tidak perlu pergi ke kota untuk bisa membuat sebuah usaha yang memiliki keuntungan besar, dengan beberapa ide usaha ini, Anda bisa mulai segera melakukannya di desa sendiri. beberapa ide usaha tersebut, diantaranya seperti di bawah ini.

1. Toko Sembako atau Toko Kelontong

Toko sembako atau sering juga disebut sebagai toko kelontong pasti ada di setiap desa, minimal satu toko yang beroperasi. Jika di desa tempat Anda tinggal belum ada toko sembako, maka Anda bisa menjadi salah satu penjual yang mampu menarik banyak pelanggan setiap hari. 

Sebab, meskipun toko masih berskala kecil, tidak akan pernah sepi oleh pelanggan karena barang-barang sembako selalu dibutuhkan dan banyak dicari.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa melakukan penjual di rumah pribadi terlebih dahulu dengan modal awal 5 juta rupiah saja. Dengan modal tersebut, Anda bisa membeli berbagai produk sembako seperti, beras, minyak, telur, gula, mie instan, dan masih banyak lagi. 

Setelah Anda mendapatkan keuntungan besar dari hasil penjualan tersebut, maka Anda bisa mengumpulkannya menjadi sebuah modal agar bisa membangun sebuah kios khusus penjualan sembako dengan pelayanan ramah dan harga terjangkau.

2. Warung Makan

Ide peluang usaha di desa kedua adalah membuat warung makan yang didalamnya tidak menyajikan masakan sehari-hari saja. tetapi, Anda bisa menambahkannya dengan berbagai jajanan populer seperti, bakso, mie ayam, seblak, baso ikan, rujak dan masih banyak lagi. 

Hal ini dilakukan untuk menarik peminat orang-orang, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan. Tentu saja mereka akan senang jika Anda membuat warung makan dengan aneka menu yang tidak biasa serta rasa yang begitu lezat.

Hanya dengan modal awal kurang dari 1 juta rupiah, Anda sudah bisa membangun warung makan kecil-kecilan di desa tempat tinggal sendiri. sehingga, Anda tidak perlu menyewa gedung atau pergi ke kota hanya sekedar berbisnis saja, bahkan di desa pun sudah menjadi sebuah peluang untuk Anda mencapai sebuah kesuksesan.

3. Usaha Peternakan Ayam

Wilayah pedesaan sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha peternakan ayam karena masih asri dan memiliki sumber daya yang terjamin. Ada berbagai jenis ayam yang bisa dijadikan sebuah usaha yaitu, ayam kampung, ayam petelur, ayam potong dan jenis lainnya. 

Untuk bisa membangun bisnis ini, Anda memerlukan modal awal untuk membeli bibit ayam, membangun kandang ayam, pakan dan perawatannya serta menentukan manajemen penjualan nantinya. Jika Anda bisa mengembangkan bisnis ini dengan telaten, maka keuntungan besar akan mudah untuk Anda dapatkan.

4. Budidaya Ikan Lele

Peluang usaha budidaya ikan lele bisa Anda lakukan di pedesaan dengan modal awal yang ringan, yaitu mulai dari 3 juta sampai 5 juta rupiah. Anda perlu menyiapkan kolam khusus untuk berbagai jenis ikan lele, karena dalam melakukan perawatan hingga mencapai hasil panen maksimal, Anda harus membedakan kolam antara ikan lele kecil dan yang sudah besarnya. 

Ide peluang usaha di desa ini sudah terbukti ampuh dalam mendapatkan keuntungan besar setiap bulannya. Bahkan, di panen pertama pun, modal awal Anda sudah bisa kembali dan mendapatkan banyak keuntungan lainnya.

5. Jualan Pulsa

Perkembangan teknologi sudah menyebar ke berbagai wilayah, termasuk pedesaan. Banyak orang yang sudah menggunakan smartphone dan SIM card untuk bisa menggunakan serta mengoperasikan telepon pintar itu sendiri. Dalam kegiatannya, setiap orang membutuhkan pulsa agar bisa membeli kuota, mengirim sms dan menelpon ke orang yang dituju. 

Hal ini membuktikan bahwa Anda bisa menjadi seorang penjual pulsa atau agen pulsa di desa sendiri. dipastikan keuntungan akan meningkat tajam, serta banyak orang yang membutuhkan jasa Anda tersebut. selain pulsa, Anda bisa pula memberikan layanan lain seperti, data internet, bpjs, pembayaran token listrik, PAM, dan sebagainya.

6. Penjahit 

Keahlian menjahit sangat diperlukan bagi Anda yang ingin membuka usaha di desa. Profesi menjahit bisa menjadi sebuah peluang untuk Anda mendapatkan keuntungan lebih besar dari sebelumnya. \

Jika Anda memiliki keahlian di bidang ini atau sudah mengikuti kursus menjahit, maka Anda bisa segera membuka bisnis menjahit dengan menerima segala macam layanan sesuai dengan kemampuan.

Untuk menambah pendapatan, Anda bisa membuat baju atau celana lucu, kemudian dijual melalui offline atau online. dikarenakan hasil desain merupakan buatan sendiri, bisa saja nantinya Anda berpeluang besar menjadi seorang desainer terkenal.

7. Toko Pakan, Pupuk dan Pertanian

Di pedesaan yang mayoritas penduduknya adalah seorang petani dan peternak, maka cocok sekali jika mulai membuka usaha toko pakan peternakan dan pupuk pertanian. Toko ini akan sangat diminati dan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil mendirikan usaha ini.

Untuk modalnya sendiri tidak terlalu besar tergantung Anda akan membuat toko dengan skala seperti apa, baik itu kecil atau langsung besar.  jika modal yang dimiliki belum terlalu banyak, maka Anda bisa mulai membuka toko dengan modal kecil terlebih dahulu. 

Produk-produk yang akan dibeli pastikan merupakan jenis produk yang paling dibutuhkan oleh masyarakat seperti, pakan ikan, ayam, bebek, pupuk , obat pertanian, bibit tanaman dan masih banyak lagi.

8. Budidaya Jamur Tiram

Usaha budidaya jamur tiram menjadi suatu pilihan yang bisa Anda lakukan, mengingat pangsa pasar jamur tiram begitu luas dan menguntungkan. Selain menjual jamur tiramnya sendiri, Anda bisa membuat bisnis lain dengan mengolah jamur itu sendiri, salah satunya adalah bisnis jamur crispy.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha jamur tiram pun tidak terlalu banyak. Anda hanya perlu membeli bibit jamur tiram berkualitas tinggi, lalu memanfaatkan lahan di sekitar rumah atau perkebunan yang tidak digunakan.

9. Menjual Aneka Sayuran

Wilayah pedesaan memiliki lahan yang baik untuk menanam aneka jenis sayuran hijau dan jenis lainnya. hal ini bisa menjadi peluang bisnis cukup menjanjikan untuk Anda lakukan sekarang juga. Apabila sudah memiliki lahan untuk menanam semua jenis sayurannya, Anda tinggal membeli bibitnya saja dan mulai menanamnya dengan perawatan baik.

Maka, jika masa panen telah tiba, Anda bisa langsung menjual keseluruhan sayuran tersebut dan mendapatkan hasil dari panen itu sendiri. ketika Anda melakukannya dengan telaten, maka Anda bisa mendapatkan omzet sampai jutaan setiap bulannya.

10. Toko Bangunan

Ide peluang bisnis di desa terakhir adalah mendirikan toko bangunan karena bisnis ini memiliki saingan kecil, apalagi jika didirikan di pedesaan. Namun, bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga Anda memerlukan modal besar untuk bisa mendirikan usaha ini. 

Meskipun begitu, penghasilannya sebanding bahkan modal awal yang Anda keluarkan bisa tergantikan dengan cepat.

Itulah beberapa ide peluang usaha di desa yang bisa Anda ketahui untuk dijadikan referensi dalam berbisnis. Anda dapat memilih salah satunya dan mulailah membuat bisnis yang Anda inginkan sekarang juga.i
Related Posts