taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Pilihan Software Atau Aplikasi Podcast Untuk PC

Di zaman yang serba teknologi saat ini, podcast mulai dijadikan banyak orang sebagai sumber untuk mendapat informasi. Ada beragam topik yang dibicarakan pada podcast mulai dari topik yang ringan hingga topik yang tergolong berat.

aplikasi podcast PC

Tidak hanya dapat mendengarkan podcast saja, sekarang semua orang mempunyai kesempatan untuk membuat podcast. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan baik untuk mendengar podcast maupun untuk membuat podcast. 

Di bawah ini saya akan memberikan informasi megenai 10 software aplikasi podcast untuk PC. Yuk langsung disimak saja.

Aplikasi Podcast Untuk PC

1. Garageband

Garageband saat ini menjadi aplikasi andalan yang digunakan untuk perangkat MacOS yang merupakan produk dari Apple. Selain dapat digunakan pada perangkat MacOS, aplikasi ini juga dapat dipakai untuk iPad dan iPhone.

Aplikasi Garageband tergolong mudah untuk digunakan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat musik yang akan dijadikan sebagai latar belakang pada podcast yang dibuat. Caranya dengan menggunakan MDI synth station yang tersedia di dalam aplikasi tersebut. Namun, aplikasi ini hanya dapat digunakan pada perangkat yang berbasis MacOS. 

2. Hindenburg Journalist

Aplikasi Hindenburg Journalist adalah aplikasi yang sengaja diciptakan untuk memenuhi kebutuhan berkaitan dengan radio dan juga para jurnalis audio. Aplikasi ini terdapat pada Windows dan MacOS. Anda dapat merekam suara secara utuh tanpa terdapat frekuensi ataupun data yang tercompress.

Dalam software ini terdapat fitur automated equalizer. Fitur ini akan membantu Anda supaya mudah dalam mengedit suara yang telah terekam semuanya. Suara yang dihasilkan pun terdengar rata. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengatur frekuensi dan volume pada setiap bagian rekaman suara. 

Aplikasi Hindenburg Journalist paling murah memiliki kisaran harga 90 dollar AS atau setara dengan Rp 1,3 juta. Sedangkan untuk aplikasi terdapat fitur untuk merekam multitrack kisaran harganya 250 dollar AS atau setara Rp 3,5 juta.

baca juga:

1. cara upload podcast di Spotify

2. cara promosi podcast di media sosial

3. cara membuat podcast di Spotify

3. Anchor

Anchor termasuk salah satu aplikasi podcast untuk PC juga di laptop. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mendengarkan podcast melainkan juga untuk membuat podcast. 

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, sehingga cocok bagi Anda yang merupakan podcaster pemula. Anda dapat merekam suara kemudian dipublish ke aplikasi podcast lainnya seperti Spotify, Google Podcast, iTunes, ataupun dapat mengimpor audio ke perangkat lain sebelum Anda unggah.

4. Audacity

Aplikasi ke 4 untuk pembuatan podcast adalah Audacity. Aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat yang berbasis Windows dan MacOS Windows. Tentu penggunaan aplikasi ini tergolong mudah. Yang perlu Anda lakukan hanya menyambungkan microphone USB pada laptop atau PC, kemudi mulailah merekam podcast.

Software ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan membantu didalam pengolahan audio. Suara-suara yang tidak Anda inginkan, dapat dihilangkan secara mudah melalui aplikasi ini. Misalnya seperti suara batuk, suara berisik, dan suara yang dirasa mengganggu lainnya. Kelemahan dari aplikasi Audacity adalah belum adanya dukungan MIDI atau plugin instrumen. 

5. Apple Logic Pro X

Seperti yang kita ketahui, perusahaan Apple sering mengeluarkan program eksklusif. Untuk yang gratis, Apple mempunyai aplikasi Garageband. Sedangkan untuk yang berbayar aplikasinya bernama Apple Logic Pro X.

Apple Logic Pro X memiliki kecanggihan yaitu fitur rekaman yang melimpah. Di dalamnya terdapat fitur MIDI hingga fitur pengaturan tempo. Inilah yang menyebabkan aplikasi tersebut banyak digunakan oleh produser musik yang menghasilkan karya populer.

Dengan kualitasnya yang bagus, tentu aplikasi ini memiliki harga tergolong mahal. Agar Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan mendapatkan fitur yang lengkap, dana yang harus disiapkan sekitar $199 atau Rp 3,3 juta. Aplikasi ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki keinginan untuk menekuni dunia podcast secara serius. 

6. Adobe Audition

Adobe Audition juga merupakan aplikasi yang cocok digunakan untuk pembuatan podcast yang serius. Produk Digital Audio Workstation sudah cukup populer bagi kalangan pengedit audio. 

Adobe Audition tergolong sebagai software premium. Fitur yang dimilikinya pun juga banyak sehingga membuat hasil rekaman podcast lebih bagus terdengar. Aplikasi ini menggunakan metode perekaman multitrack. Anda dapat mengedit volume suara narasumber di podcastmu.

Aplikasi ini memiliki fitur noise reduction yang digunakan untuk menghilangkan suara-suara yang mengganggu.

Bagi Anda yang ingin memakai aplikasi ini, perlu menyiapkan dana Rp 280.000 per bulan. Seharusnya nominal ini tidak terlalu menjadi masalah agar podcast Anda tetap terjaga kualitasnya.

Selain itu, Anda dapat berlangganan dengan harga Rp 715.000. Dengan harga ini, Anda juga dapat berlangganan aplikasi lainnya misalnya seperti aplikasi Premiere Pro, Premiere Rush,  hingga After Effect.

7. Zencastr

Bagi Anda yang suka membuat podcast melalui video chatting anda dapat menggunakan aplikasi Zencastr ini. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat podcast melalui layanan video chatting, melalui Skype misalnya.

Yang membuat menarik adalah aplikasi ini dapat merekam semua suara yang terdapat pada masing-masing perangkat. Setelah melalui perekaman suara, Anda dapat mengedit suara yang dihasilkan dengan menggabungnya. Sehingga tidak terdapat suara lag yang terdengar di dalamnya.

Hasil rekaman podcast dapat disimpan di Dropbox atau Google Drive. Aplikasi Zencastr memiliki fitur Soundboard untuk live editing. Melaluinya kamu dapat mencantumkan intro, iklan, ataupun lainnya yang mau Anda rekam.

Aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat yang berbasis MacOS dan Windows serta dapat memberi izin untuk mengundang tamu yang tidak terbatas. Kualitas rekaman suaranya 16-bit 44.1k WAV. Memiliki harga dari 18 dollar AS.

8. Podbean

Aplikasi Podbean dapat digunakan pada PC ataupun laptop. Terdapat banyak podcast yang terbagi pada beberapa kategori di dalam aplikasi ini. Pengguna aplikasi ini dapat memilihnya sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, jika ingin mendengarkan di lain waktu, Anda dapat mengunduh podcastnya terlebih dahulu. 

Di dalam aplikasi Podbean juga tersedia beberapa fitur agar kita dapat mendengarkan podcast dengan berbagai macam efek suara. Aplikasi ini memiliki dukungan Chromecast dan terintegerasi dengan Amazon Alexa.

9. Castbox

Castbox merupakan aplikasi podcast untuk PC atau laptop yang mempunyai dukungan 70 bahasa, dukungan Chromecast, dukungan Amazon Echo, dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur sinkronisasi cloud. 

Castbox merupakan aplikasi yang hampir sama dengan Anchor, dapat didownload secara gratis. Tidak hanya untuk mendengarkan podcast saja, melalui aplikasi ini Anda juga dapat membuat podcast dan terdapat kapasitas penyimpanan rekaman suara yang tidak terbatas.

10. Pocket Casts

Aplikasi Castbox tidak hanya dapat digunakan pada Android saja, namun juga dapat digunakan di PC atau laptop melalui microsoft store. Aplikasi ini termasuk kelas premium dan mampu terhubung dengan banyak perangkat. Di dalamnya juga terdapat fitur-fitur yang lengkap. 

Itulah 10 software/aplikasi podcast untuk PC. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda. Selamat mencoba!

Related Posts