taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Cara Promosi Podcast di Media Sosial

Podcast pada saat ini sedang digemari oleh masyarakat. Bahkan sekarang podcast dijadikan sebagai sumber utama dalam mencari informasi. Ada banyak informasi yang bisa kita dapatkan melalui podcast. 

promosi podcast

Melalui podcast kita bisa mendapatkan informasi kapanpun kita mau dan dimanapun kita berada. Bahkan saat ini ada beberapa aplikasi yang menyediakan layanan untuk mengunduh podcast, sehingga kamu bisa mengunduh terlebih dahulu lalu menontonnya kemudian.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang tidak hanya mendengarkan podcast. Namun, beberapa orang juga mulai untuk membuat podcast. Melalui membuat podcast, mereka dapat menyalurkan hobinya. Selain itu juga untuk meningkatkan dan kredibilitas.

Mempromosikan podcast adalah langkah penting yang harus dilakukan bagi podcaster atau pembuat podcast. Tujuannya adalah untuk mendapatkan banyak pengunjung yang mendengarkan konten podcast miliknya.

Di bawah ini saya akan memberikan beberapa tips dan cara promosi podcast lewat media sosial. Berikut ulasannya langsung disimak saja.

Tips Mempromosikan Podcast di Media Sosial

1. Memanfaatkan nama bintang tamu beserta audiensnya

Tips yang pertama yaitu undang lah bintang tamu yang mempunyai wawasan luas serta paham betul tentang topik yang akan di bicarakan pada podcast. Selain itu, carilah bintang tamu yang memiliki banyak followers di sosial medianya. 

Bintang tamu yang kamu undang biasanya akan mempromosikan podcastmu di sosial medianya, dan kemungkinan besar followers mereka akan menonton podcast yang kalian buat.

2. Bagikan podcast di sosial media

Setelah podcast selesai dibuat dan diedit, promosikan podcast tersebut di sosial media yang tepat. Jika konten podcast berisi bisnis, kamu bisa mempromosikannya di LinkedIn, Facebook, ataupun Twitter. Sedangkan jika podcast berisi komedi, Kamu dapat mempromosikannya di Instagram, Twitter, ataupun Facebook.

3. Bagikan podcast di sosial media pribadi

Tips ketiga ini hampir sama dengan tips sebelumnya. Namun untuk poin ini kamu bisa mempromosikan podcastmu akun sosial media milikmu ataupun di akun sosial media partner bicaramu. Biasanya nanti followers akan melihat postingan promosimu, dan jika mereka tertarik mereka akan mendengarkan podcast yang kamu buat.

Kamu juga bisa menuliskan akun sosial mediamu pada kolom deskripsi yang tersedia di podcast. Jika pendengar menyukai podcast Ada kemungkinan juga mereka akan memfollow akun sosial media milikmu.

4. Rekam podcast di Facebook Live

Kamu dapat mengunggah podcast mu di berbagai platform. Misalnya seperti di SoundCloud, Instagram TV, dan juga YouTube.  Tentunya tips ini akan memperluas jangkauan sehingga dapat dengan mudah diakses orang lain.

Kamu juga bisa merekam podcast Facebook Live. Melalui cara ini, podcast kamu akan bisa langsung didengarkan melalui Link yang ada di postinganmu.

5. Adakan giveaway

Tips mempromosikan podcast yang dapat membangun kepercayaan di sosial mediamu adalah dengan mengadakan giveaway. Ada beberapa hadiah yang dapat kamu bagikan melalui give ini, seperti voucher belanja, barang, dan lain sebagainya. 

Kamu dapat membagikan hadiah dengan cara memberi pertanyaan kepada pendengar seputar isi podcast. Sertakan juga syarat untuk memberikan like dan membagikan postingan podcastmu di sosial media.

6. Posting di blog

Jika kamu memiliki blog, kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan podcast. Caranya adalah dengan dengan membuat postingan blog yang isinya adalah ulasan singkat mengenai episode podcastmu.

7. Bagikan quotes dan video singkat 

Kamu dapat membagikan ulasan podcastmu dengan membagikan quotes yang menarik  beserta video singkatnya. Sertakan link juga agar followersmu lebih mudah untuk menemukan podcastmu. 

8. Berikan hashtag

Berikan hastag pada postingan podcastmu agar bisa ditemui banyak orang. Namun jangan memberi sembarangan hastag, melainkan sesuaikanlah dengan isi podcastmu.

9. Koneksikan dengan orang yang tepat

Kamu bisa melakukan cara ini dengan menghubungi orang-orang yang menurutmu mereka menyukai podcastmu. Follow akun sosial media mereka menggunakan akun sosmed podcastmu. Kamu juga bisa mengirimkan pesan kepada influencer yang ada di LinkedIn. Namun, kamu harus memastikan bahwa mereka memiliki bidang industri yang sama dengan konten podcastmu.

10. Berkomentar di podcast lain

Rekomendasikanlah podcastmu di postingan podcast lain atau pada forum tanya jawab. Kamu dapat mengeceknya terlebih dahulu sosial media ataupun forum tanya jawab yang sedang membahas topik yang sesuai dengan episode podcastmu. 

Kemudian rekomendasikan mereka dengan podcastmu, gunakanlah cara yang kreatif dan jangan terlalu terlihat seperti promosi. Barangkali podcastmu bisa menjadi referensi mereka.

Cara Promosi Podcast Lewat Media Sosial

Saya akan memberikan cara promosi podcast dari aplikasi Spotify ke sosial media. Ada beberapa sosial media yang dapat digunakan untuk mempromosikan podcast yaitu antara lain Instagram (IG), Facebook, WhatsApp, Twitter, dan lainnya.

1. Promosi melalui IG:

Berikut cara promosinya:

1. Langkah yang perlu dilakukan pertama kali adalah kalian harus membuka aplikasi Spotify.

2. Lalu cari podcast punya kamu yang mau dipromosikan.

3. Tekanlah simbol titik tiga kebawah (untuk pengguna Android) ataupun titik tiga kesamping (untuk pengguna iOS). Simbol ini terletak pada sebelah kanan podcast.

4. Kemudian klik “Share”.

5. Pilihlah “Instagram Stories”.

6. Kemudian kamu akan dibawa masuk ke halaman IG Story.

7. Di halaman itulah kamu dapat menambahkan hastag, tulisan, stiker, dan lain sebagainya.

8. Setelah selesai, klik “Kirim ke”. Kamu dapat memilih dimana kamu akan mempromosikan podcastmu. Dapat dikirim di Story, fitur Teman Dekat, ataupum ke Direct Message (DM) Instagram.

9. Selesai. Podcast kamu sudah dipromosikan.

Untuk cara promosi podcast lewat media sosial lainnya (seperti Facebook, Twitter, Telegram, dan lainnya) caranya mudah dan semua hampir mirip dengan cara promosi melalui Instagram. Sayangnya, cara ini cukup ribet dan harus berulangkali membuka aplikasi Spotify. 

baca juga:

1. cara membuat podcast di Spotify

2. cara upload podcast di Spotify

Dibawah ini saya juga akan membagikan cara promosi yang hanya dengan satu kali membuka aplikasi Spotify. Berikut caranya:

2. Promosi melalui spotify

1. Buka aplikasi Spotify.

2. Carilah podcast yang akan dipromosikan.

3. Salinlah link podcast Anda.

4. Promosikan dengan klik “paste” link yang sudah disalin tadi pada akun sosial media milikmu.

5. Selesai.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa tips dan juga cara promosi podcast lewat media sosial. Anda dapat mencobanya untuk mendapatkan banyak pendengar pada podcast Anda. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba!

Related Posts