taupasar.com

we read, we create and we share it.

Jangan Lewatkan Cara Membuat Podcast Jarak Jauh

Saat ini banyak orang mulai menyalurkan hobinya melalui membuat podcast. Podcast tidak hanya dapat dibuat dengan bertemu secara langsung antara podcaster dan narasumber dalam podcast. Namun, membuat podcast juga dapat dilakukan melalui jarak jauh. Tentunya, didalam membuat podcast jarak jauh ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

podcast jarak jauh

Berikut ini kami akan memberikan informasi tentang cara membuat podcast jarak jauh. Langsung simak saja ulasan dibawah ini.

Cara Membuat Podcast Jarak Jauh

Caranya dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Berbicara dan merekam secara online

Pada cara ini kita menggunakan aplikasi. Sebelum kita melakukan rekaman lewat Zoom, kita aktifkan terlebih dahulu fitur record yang berada di bagian bawah sebelah kanan fitur share screen. Hasilnya dapat berupa audio maupun audio visual. Kualitas suaranya yang didapat tergantung pada dua hal, yakni:

a. Koneksi

Ini bisa dikarenakan sinyal yang tidak lancar atau nge-lag. Contohnya ketika Anda akan mulai berbicara namun lawan bicara Anda juga ikut bicara dikarenakan koneksi yang lambat. Akan tetapi ini semua dapat diatasi apabila Anda sudah terbiasa, maka ketika lawan Anda berbicara, Anda akan menunggu beberapa detik baru Anda mulai berbicara.

b. Microfon yang digunakan

Gunakan mic jenis AT2020USB untuk digunakan dalam membuat podcast jarak jauh. Colokkan kabel USB pada colokan komputer. Untuk Windows gunakan aplikasi Audacity, kemudian pilih source yang benar, lalu klik tombol record.

2. Berbicara online, merekam secara offline

Perbedaan dari cara yang pertama adalah kita tidak perlu melakukan record pada aplikasi Zoom. Caranya dengan download aplikasi quicktime player, lakukanlah perekaman selama kita sedang membuat podcast. Kemudian edit hasil rekaman tadi agar menghasilkan suara yang lebih bagus.

Berikut saya juga akan menjelaskan cara agar kita tetap tehubung dan merekam wawancara podcast meskipun dari jarak jauh.

Cara Terhubung dan Merekan Wawancara Podcast Jarak Jauh

1. Menyederhanakan logistik

Ada beberapa logisitik dan koordinasi yang ditambahkan pada saat melakukan wawancara jarak jauh gunanya agar percakapan tetap terjaga lancar antara Anda dan juga narasumber,

Pada awal podcast alangkah baiknya jika Anda memperkenalkan diri terlebih dahulu, lalu perkenalkan juga siapa narasumbernya. Kemudian berikan penjelasan mengapa narasumber Anda cocok dengan podcast yang dibuat, dan jelaskan juga rencana Anda untuk mewawancarai si narasumber.

Buatlah janji wawancara dengan narasumber untuk membuat podcast dengan memilih waktu yang tepat agar semuanya dapat terlaksana dengan baik. Selain itu juga berikan penjelasan kepada narasumber apa saja yang akan dilakukan dan bagaimana tahapan wawancara, juga aplikasi yang akan digunakan untuk wawancara.

2. Teliti dan praktikan percakapan Anda

Apabila Anda belum terlalu mengenal si narasumber, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk mencari tahu pekerjaan si narasumber dan juga latar belakangnya. Anda juga perlu memikirkan bagaimana Anda akan menyampaikan percakapan agar pendengar dapat terhibur dan topik diskusi menjadi lebih hidup.

Setelah Anda selesai menyiapkan topik wawancara dan daftar pertanyaan yang akan ditanyakan pada podcast, sebaiknya Anda berlatih terlebih dahulu bagaimana cara penyampaiannya. Karena dengan cara ini dapat membantu Anda untuk memanfaatkan percakapan dengan baik.

3. Gunakan ruang yang tenang untuk merekam podcast

Carilah ruang yang tenang untuk membuat podcast agar terhindar dari suara bising disekitar Anda. Berikan saran juga kepada narasumber untuk melakukan hal yang sama. Anda dapat membuat ruangan menjadi kedap suara dengan cara menutup pintu Anda menggunakan tirai atau selimut. 

4. Pastikan koneksi Wifi tetap stabil

Anda perlu memastikan koneksi Wifi tetap stabil sebelum pembuatan podcast dilaksanakan. Ini bertujuan agar pada saat perekaman suara dapat terdengar bagus, sehingga meminimalkan untuk pengambilan rekamanan kedua. Agar koneksi tetap stabil, sebaiknya selama proses pembuatan podcast Anda jangan berpindah-pindah ruangan.

5. Gunakan headphone dengan mikrofon

Gunakanlah headphone dengan mikrofon pada saat merekam podcast untuk meminimalkan suara bising dan tumpang tindih. Jika Anda dan juga narasumber menggunakan cara ini maka hasil yang didapat suara pada saat wawancara akan terdengar lebih jelas.

6. Pertimbangkan untuk melakukan panggilan video

Untuk wawancara kita dapat menggunakan panggilan melalui beberapa aplikasi berikut, yakni Google Hangouts, Zoom, Skype, FaceTime, atau aplikasi lainnya yang menyediakan layanan konferensi video. Apabila Anda membuat podcast melalui Rekam Dengan Teman, Anda bisa melanjutkan dan menyetel fitur mute di depan kamera, kemudian Anda tetap dapat menjadikan aplikasi Achor sebagai sumber audio atau suara.

Meskipun pendengar Anda tidak akan dapat melihat rekaman panggilan video tersebut, namun mereka akan lebih merasakan koneksi Anda dengan narasumber melalui audionya. Karena dengan melakukan panggilan video kita dapat melihat satu sama lain yang menjadikan percakapan lebih natural dan dinamis.

7. Memudahkan jalan Anda ke wawancara

Sebelum memulai wawancara, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk saling mengenal satu sama lain. Anda dapat mengedit seluruh bagian pada podcast nanti. Dengan meluangkan waktu untuk memahami apa yang disampaikan narasumber akan membuat percakapan menjadi lebih natural dan memiliki kesan disengaja.

8. Anda tak dapat merencanakan semuanya

Kendala biasanya sering terjadi di saat kita membuat podcast. Misalnya seperti koneksi narasumber yang tidak stabil dan lainnya. Anda perlu memiliki sikap fleksibel, jangan kaku, dan terus buatlah suasana wawancara menjadi hidup.

9. Ucapkan terima kasih

Di akhir wawancara jangan lupa ucapkan terima kasih kepada narasumber karena telah mau meluangkan waktunya untuk bergabung dalam podcast Anda.

Itu tadi cara membuat podcast jarak jauh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu teman-teman dalam membuat podcast. Selamat mencoba.

Related Posts