taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ketahuilah Sejumlah Cara Membuat Podcast di Spotify Berikut Ini

Saat ini membuat dan melihat atau mendengarkan podcasat sedang populer di Indonesia. Banyak orang yang melakukan ini karena ingin mendapatkan sebuah informasi atau hanya sekedar sebagai hiburan saja.

Ada 2 macam podcast, yang pertama kamu dapat membuat podcast berupa video dimana orang lain dapat menonton secara visual. Podcast jenis ini biasanya diupload dan dapat dilihat melalui channel Youtube. Sedangkan yang kedua, kamu dapat membuat dan mendengarkan podcast melalui aplikasi Spotify. Namun, kamu hanya bisa mendengarkan suara saja tidak ada tampilan visualnya.

Awal munculnya Spotify hanya bisa digunakan untuk streaming lagu. Namun, seiring berjalannya waktu di tahun 2019, Spotify mulai mengeluarkan fitur baru yaitu podcast. Melalui fitur ini, kamu bisa membuat dan mendengarkan podcast.

Mungkin beberapa dari kamu ada yang belum mengerti apa itu podcast dan cara membuat podcast di spotify, namun tidak perlu khawatir karena pada artikel ini saya akan membahasnya. Yuk simak saja ulasan dibawah ini.

https://www.taupasar.com


Apa Itu Podcast?

Sebagian orang berpikir bahwa podcast ini mirip dengan radio. Tapi kenyataannya podcast dan radio adalah dua hal yang berbeda. Yang membuat sama adalah karena keduanya berupa audio. Saat ini sudah ada podcast berupa video.

Podcast merupakan sebuah konten yang membahas berbagai topik atau informasi berupa audio yang diunggah ke dalam internet. Podcast ini dapat kamu dengarkan dimanapun dan kapanpun.

Podcast ada sejak tahun 2005, akan tetapi baru banyak dikenal masyarakat mulai tahun 2007. Munculnya podcast ini bersamaan dengan peluncuran iPod. Podcast merupakan singkatan dari iPod dan broadcasting.

Mulai tahun 2007 itulah orang makin banyak yang menyukai podcast. Hingga podcast pun mulai menyebar ke banyak negara. Ini membuat podcast tersedia di berbagai macam bahasa. Kamu pun dapat mendengarkan podcast sambil belajar barbagai macam bahasa melaluinya.

Layanan Yang Menyediakan Podcast

Untuk podcast yang visual, kamu dapat melihatnya di Youtube. Sedangkan podcast audio kamu dapat mendengarkan melalui beberapa aplikasi dibawah ini yang menyediakan layanan podcast.

1. Spotify 

Aplikasi spotify saat ini sedang digemari banyak masyarakat. Aplikasi yang memiliki ciri logo berwarna hijau ini tidak hanya dapat mendengarkan lagu saja, namun saat ini kamu juga dapat mendengarkan podcast. Bahkan kamu juga dapat membuat podcast dan mengunggahnya disana.

2. Stitcher

Sticher merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan layanan podcast, tidak hanya itu aplikasi ini juga menyediakan layanan radio. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini kamu dapat mendownload terlebih dahulu melalu Play Store (untuk pengguna Android) dan App Store (untuk pengguna iOS). Namun, apabila kalian tidak memiliki cukup memori untuk mendownload aplikasi lagi, tidak perlu khawatir kamu dapat mengaksesnya melalui web yang tersedia.

3. iTunes

iTunes merupakan penyedia layanan podcast pertama sejak tahun 2005. Bagi kamu yang ingin mengaksesnya, layanan ini dapat diakses melalui macOS dan Windows.

4. Procast 

Procast merupakan sebuah aplikasi khusus layanan podcast yang disediakan bagi pengguna Android maupun iOS.

Yang Diperlukan Ketika Membuat Podcast

1. Microphone 

Alat yang paling penting untuk membuat podcast adalah microphone. Karena microphone inilah yang akan merekam suara kamu untuk kemudian memasukkannya ke podcast kamu.

Ada berbagai macam jenis dan merk untuk microphone. Mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal. Kualitasnya pun juga berbeda. Akan tetapi, jenis microphone yang baik untuk digunakan membuat podcast adalah microphone analog (XLR) atau microphone USB. Kedua microphone ini memiliki kualitas yang bagus dan juga efektif untuk digunakan merekam suara untuk podcast.

Namun, bagi kamu yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membuat podcast, maka kamu juga dapat menggunakan fitur perekam suara yang ada pada smartphone kamu. Kualitas perekam suara pada smartphone baru, saat ini juga dapat memberikan hasil rekaman suara yang tergolong bagus.

2. Aplikasi Pengedit Suara

Aplikasi pengedit suara ini juga sebaiknya harus disiapkan sebelum kamu mencoba cara membuat podcast di spotify. Aplikasi ini dapat di install pada laptop/komputer atau juga dapat di install di smartphone kamu.

Aplikasi pengedit suara yang dapat kamu gunakan diantaranya Adobe Audition atau Audacity. Aplikasi ini nantinya digunakan untuk mengedit suara kamu agar terdengar lebih bagus dan jernih saat dimasukkan ke podcast spotify.

3. Webcam atau Kamera (Tidak Wajib)

Podcast saat ini tidak hanya berupa audio saja melainkan juga berupa video. Sehingga alat ini harus ada jika kamu akan membuat podcast video. Namun, apabila kamu akan membuat podcast di spotify yang berupa audio saja, maka alat ini tidak perlu digunakan. 

Cara Membuat Podcast di Spotify

Selain kamu harus mengetahui apa saja alat yang diperlukan untuk membuat podcast, kamu juga perlu tahu cara membuat podcast di spotify. Apabila kamu belum mengetahui bagaimana caranya, saya akan memberikan beberapa tahapan untuk membuat podcast.

1. Sebelum melakukan perekaman suara, kamu perlu menentukan topik apa yang akan dibahas pada podcast kamu. Semakin menarik topik podcast, maka kamu akan memiliki kesempatan bagi podcast kamu untuk didengarkan banyak orang.

2. Setelah menentukan topik, siapkan narasi berupa poin-poin atau garis besarnya. Ini memiliki tujuan agar podcast tersusun rapid dan tidak ada pembahasan yang terlewatkan.

3. Kemudian mulailah untuk merekam suara kamu

4. Apabila sudah selesai, selanjutnya editlah suara kamu agar lebih jernih dan bagus untuk didengarkan.

5. Tentukan nama dan cover image yang unik agar menarik banyak orang untuk mendengarkannya

6. Tentukan host website. Ini tujuannya untuk mengupload podcast kamu hingga bisa tersedia di internet.

Akhir Kata , demikian ulasan mengenai podcast dan cara membuat podcast di spotify. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu. Selamat mencoba!


Related Posts