taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Promosi Podcast di Medsos (FB, IG, WA)

Mendengarkan podcast saat ini tengah menjadi sebuah tren baru di kalangan masyarakat. Podcast sendiri muncul sudah sejak tahun 2005 bersamaan dengan rilisnya iPod. Namun, baru populer tahun 2007. Melalui podcast Anda dapat mendapat banyak informasi karena ada beragam topik yang dibahas.  

Ada beberapa aplikasi yang menyediakan layanan podcast, salah satunya adalah Spotify. Melalui Spotify, semua orang tidak hanya dapat mendengarkan podcasat. Namun, juga dapat membuat podcast. Orang yang membuat podcast biasanya disebut dengan sebutan Podcaster. 

Dengan menjadi podcaster, Anda akan merasakan beberapa manfaat, seperti misalnya mengasah kreativitas dan juga kredibilitas Anda akan terbangun.

cara promosi podcast

Peralatan Untuk Membuat Podcast

Ada beberapa peralatan yang dibutukan untuk membuat podcast, diantaranya :

1. Mikrofon

2. Audio interface

3. Digital audio workstation

4. Laptop atau komputer

Tahapan Membuat Podcast

Tahapan-tahapan yang perlu dilakukan ketika akan membuat podcast, antara lain:

1. Anda perlu menyiapkan topik dan narasi yang akan dibahas terlebih dahulu.

2. Setelah semua sudah siap, mulailah proses perekaman suara untuk podcast.

3. Edit hasil rekamanan Anda, agar podcast memiliki kualitas yang bagus.

4. Buat judul yang menarik untuk podcast Anda.

5. Posting atau upload Podcast Anda

6. Selesai.

Bagi podcaster, cara mempromosikan podcast adalah suatu hal yang sangat penting untuk diketahui. Tujuannya agar banyak orang mendengarkan podcast Anda.

Bagi Anda podcaster baru dan belum paham cara promosi podcast di sosmed (IG, FB, atau WA), jangan panik karena saya akan memberitahukan bagaimana caranya. Dibawah ini cara mempromosikan podcast melalui sosial media.

Cara Promosi Podcast di Sosmed (IG, FB, atau WA)

Mempromosikan podcast, bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. Contohnya seperti mempromosikan ke keluarga, teman, sahabat, saudara, tetangga, dan orang lain yang Anda kenal. Selain dari mulut ke mulut, Anda juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini dengan mempromosikannya melalui sosial media. Sosial media yang dapat digunakan adalah Instagram, Facebook, atau WhatsApp.

1. Promosi melalui IG

Berikut cara promosi podcast di IG:

1. Cara yang dilakukan pertama, bukalah aplikasi Spotify.

2. Kemudian carilah podcast milik Anda yang akan dipromosikan.

3. Tekan simbol titik tiga kebawah (pada Android) atau titik tiga ke samping (pada iOS). Simbol ini terdapat di sebelah kanan judul podcast Anda.

4. Pilih “Share”.

5. Kemudian pilih yang “Instagram Stories”.

6. Anda akan dibawa ke halaman Instagram Stories milik Anda.

7. Lalu, Anda dapat mengatur letak dan ukurannya. Selain itu juga dapat menambahkan tulisan, tagar atau hatstag, mention, stiker, emoji, dan lain sebagainya.

8. Jika sudah, klik “Kirim ke”. Anda dapat memilih kemana Anda mau mengirmkan Instagram Stories ini. Baik dikirim ke Story, fitur Teman Dekat, maupun ke DM (pesan yang ada di Instagram).

9. Selesai. Podcast Anda telah  berhasil dipromosikan di Instagram.

2. Promosi melalui FB

Berikut cara promosi podcast di FB:

1. Pertama, buka aplikasi Spotify.

2. Kemudian carilah podcast milik Anda yang akan dipromosikan.

3. Tekan tombol titik tiga kebawah (pada Android) atau titik tiga ke samping (pada iOS). Simbol ini terdapat di sebelah kanan judul podcast Anda.

4. Pilih “Share”.

5. Kemudian pilih “Facebook”.

6. Lalu akan muncul dua pilihan tempat dimana kalian akan promosi. Yaitu di Facebook Stories dan di Feed Berita Facebook. Pilih salah satu.

7. Jika Anda memilih “Facebook Stories” maka kemudian klik “Bagikan ke Cerita”. Namun, sebelumnya Anda juga dapat menambahkan tulisan, stiker, dan lain sebagainya.

8. Jika Anda memilih “Feed Berita Facebook” maka kemudian klik “Posting”. Sama seperti lainnya Anda dapat menambahkan tulisan, stiker, lokasi, menandai teman Anda di Facebook, dan lain sebagainya.

9. Selesai. Podcast Anda telah berhasil dipromosikan di Facebook.

3. Promosi Melalui WA

Berikut cara promosi podcast di WA:

1. Pertama, buka aplikasi Spotify.

2. Kemudian carilah podcast milik Anda yang akan dipromosikan.

3. Tekan tombol titik tiga kebawah (pada Android) atau titik tiga ke samping (pada iOS). Simbol ini terdapat di sebelah kanan judul podcast Anda.

4. Pilih “Share”.

5. Kemudian pilih  “WhatsApp”.

6. Anda dapat memprosikan podcast dengan melalui fitur Status maupun dengan mempromosikannya ke kontak atau grup pengguna WhatsApp yang Anda miliki.

7. Jika Anda memilih mempromosikan ke fitur Status, maka kliklah “Status saya” kemudian kirim.

8. Jika Anda memiliki mempromosikan ke kontak atau grup pengguna WhatsApp, maka pilihlah kontak ataupun grup yang kalian inginkan. Kemudian kirim.

9. Selesai. Podcast Anda telah berhasil dipromosikan.

Namun, jika Anda ingin mempromosikan podcast melalui tiga aplikasi diatas sekaligus, ini akan sedikit ribet dan memakan waktu karena Anda diharuskan untuk berulangkali membuka aplikasi Spotify. Tetapi jangan khawatir karena saya akan memberitahu cara yang lebih simple dan hanya perlu membuka aplikasi Spotify sekali saja. Berikut caranya:

1. Pertama, bukalah aplikasi Spotify.

2. Kemudian carilah podcast milik Anda yang ingin dipromosikan.

3. Tekan simbol titik tiga kebawah (pada Android) atau titik tiga ke samping (pada iOS). Simbol ini terdapat di sebelah kanan judul podcast Anda.

4. Pilih “Salin link”. Maka link untuk podcast Anda akan tersalin.

5. Buka aplikasi yang Anda inginkan untuk melakukan promosi lalu “paste” link yang sudah disalin tadi.

6. Selesai.

Akhir Kata. Nah, itu tadi beberapa cara promosi podcast di sosmed (IG, FB atau WA) yang bisa dilakukan agar pendengar podcast Anda semakin banyak. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu. Selamat mencoba!

Related Posts