taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Sejumlah Cara Upload Podcast di Spotify

Saat ini podcast sedang digemari masyarakat. Ada dua macam podcast yaitu podcast berupa audio dan video. Untuk podcast berupa audio kamu dapat mendengarkannya melalui berbagai macam aplikasi penyedia layanan podcast, seperti Spotify contohnya. Namun, untuk podcast yang berupa video kamu dapat melihatnya melalui Youtube.

Bagi Anda yang masih belum paham mengenai podcast, kami akan menjelaskan mengenai podcast beserta cara upload podcast di Spotify. Berikut ulasannya.

https://www.taupasar.com


Pengertian Podcast

Podcast merupakan singkatan dari kata iPod dan broadcasting. Untuk kata podcast ini sendiri muncul bersamaan dengan rilisnya iPod yang merupakan sebuah produk milik Apple. Pocast sudah ada sejak tahun 2005, akan tetapi baru populer mulai tahun 2007.

Saat ini podcast mulai berkembang di Indonesia. Melalui podcast ini kita dapat saling bertukar informasi dan pengetahuan. Tidak hanya bisa mendapatkan informasi saja, namun kita juga bisa membagikan informasi melalui membuat podcast.

Manfaat Podcast

Selain sebagai hiburan, podcast juga memiliki sejumlah manfaat. Dibawah ini beberapa manfaat podcast, yaitu:

a. Menjadi alternatif selain radio dan televisi

Tidak hanya melalui radio dan televisi saja, namun saat ini Anda bisa mendapatkan banyak informasi melalui podcast. Podcast dapat didengarkan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan yang Anda inginkan.

b. Membahas topik dan ilmu pengetahuan yang beragam 

Melalui podcast, berbagai informasi bisa Anda dapatkan. Mulai dari topik untuk anak-anak, psikologi, musik, film, politik, dan masih banyak lagi.

c. Bagi pendengar, stimulasi otak dapat terlatih

Melalui podcast audio, stimulus otak kita akan terlatih. Ini dikarenakan kita hanya mendengar suara saja tanpa melihat visualnya sehingga kita dapat lebih berimajinasi dalam mengolah pengetahuan dan informasi yang telah kita terima.

d. Bagi pembuat podcast (podcaster) bisa membangun kreativitas dan kredibilitas

Manfaat podcast ini juga dirasakan oleh pembuat konten podcast atau yang biasa dipanggil podcaster. Melalui podcast, mereka bisa menyalurkan hobinya, mengasah kreativitasnya, dan membangun kredibilitas.

Aplikasi Podcast Audio

Saat ini untuk melihat podcast berupa video, kita dapat melihatnya melalui Youtube. Tetapi, untuk podcast audio, Anda dapat mendengarkannya pada beberapa aplikasi dibawah ini:

• iTunes

• Spotify

• Procast

• Stitcher 

Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Podcast

Ada beberapa peralatan yang diperlukan untuk menunjang proses pembuatan podcast agar yang dihasilkan pun maksimal. Berikut ini daftar peralatan yang perlu disiapkan:

1. Mikrofon

Mikrofon merupakan peralatan yang utama dan harus ada dalam proses pembuatan podcast. Ini dikarenakan agar podcast yang Anda buat memiliki kualitas suara yang jernih, sehingga enak untuk didengar. Rekomendasi jenis mikrofon untuk membuat podcast yaitu mikrofon USB atau analog.

2. Audio interface

Bagi Anda yang menggunakan mikrofon analog, alat ini perlu digunakan. Audio interface memiliki fungsi untuk mengkonversi audio analog ke audio digital.

3. Digital audio workstation

Fungsi digital audio workstation adalah untuk mengedit hasil rekaman agar suara yang dihasilkan menjadi lebih halus. Anda harus mempunyai aplikasi ini di pc maupun laptop miliki Anda. Aplikasi digital audio workstation bisa Anda unduh dengan gratis.

4. Laptop atau Komputer

Jika tidak memiliki laptop atau komputer maka Anda akan kesulitan untuk mengedit suara hasil rekamanan podcast, sehingga alat ini juga sangat diperlukan. Tidak hanya untuk mengedit suara menjadi lebih halus dan jernih, namun apabila dirasa podcast terlalu panjang maka Anda juga dapat melakukan pemotongan audio.

Syarat-Syarat File Podcast Spotify

Untuk mengupload podcast di spotify, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan, yaitu:

• Format audio : MP3 (format yang digunakan SO/IEC 1172-3 MPEG-1 dengan bitrate berkisar 96-320 kbps)

• Durasi : max . 83 menit

• Ukuran file audio :  max. 200 MB (pada bitrate 320 kpbs) dan lebih dari 200 menit (pada bitrate 128 kpbs)

• Aspek rasio yang digunakan pada podcast dalam resolusi yang paling tinggi (termasuk PNG atau JPEG) adalah 1:1 

• Tag HTML otomatis dihapus oleh Spotify

• Untuk judul episode harus kurang dari 20 karakter

• RSS podcast semuanya harus mempunyai gambar, judul, serta paling tidak satu episode untuk memenuhi syarat

• Konten yang disajikan pada podcast tidak boleh melewati batas norma aturan yang berlaku

Cara Upload Podcast di Spotify

Setelah proses pembuatan dan pengeditan podcast selesai, tahap terakhir adalah mengupload podcast di Spotify. Berikut cara upload podcast di Spotify:

1. Langkah pertama, Anda terlebih dahulu membuka halaman Spotify untuk Podcaster.

2. Lalu login menggunakan akun yang telah Anda buat sebelumnya.

3. Pada halaman “Submit your Podcast”, terdapat tombol “Get Started” kliklah tombol tersebut.

4. Lalu akan muncul “Term and Conditions”. Jika Anda sudah membaca semuanya klik pada kotak centang.

5. Kemudian tekan tombol “Continue”.

6. Ketikkan link RSS feed pada kolom yang disediakan.

7. Tulislah judul dan cover podcast semenarik mungkin agar banyak orang yang tertarik untuk mendengarkan podcast Anda. Lalu tekan tombol “Next”.

8. Pada bagian “Add Podcast Info” kamu dapat menambahkan beberapa item yaitu kategori, nama negara, bahasa, ataupun penyedia layanan. Klik tombol “Next”.

9. Teliti lagi pada bagian informasi dan bagian podcast Anda sebelum kamu menguploadnya. Jika sudah dirasa yakin, tekan tombol “Submit”.

10. Selesai. Podcast kamu sudah berhasil diunggah dan siap untuk didengarkan banyak orang.

Nah, itu tadi cara upload podcast di Spotify. Caranya mudah untuk diikuti kan? Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk mengupload podcast. Selamat mencoba!

Related Posts