taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menjadi Distributor Susu Bayi yang Menguntungkan

Cara Menjadi Distributor Susu Bayi yang Menguntungkan

Cara Menjadi Distributor Susu Bayi -Air Susu Ibu atau ASI merupakan sebuah asupan paling terbaik untuk seorang bayi, namun terkadang pemberian ASI pada si kecil dapat terhambat karena satu dan lain hal. Oleh karena itu penggunaan susu formula bagi bayi menjadi sebuah solusi untuk membantu tumbuh kembang bayi. 

distributor susu bayi

Oleh sebab itu saat ini susu bayi  telah menjadi salah satu kebutuhan yang penting dan harus disiapkan oleh seorang ibu bagi anaknya. Susu formula untuk bayi ini menjadi sebuah asupan nutrisi utama apabila bayi tidak dapat diberi ASI atau untuk menjadi pendamping ASI di saat bayi belum bisa makan. 

Kebutuhan akan susu formula ini akan terus muncul karena setiap orang tua pastinya berupaya untuk terus memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati. Hal ini menjadi sebuah peluang usaha yang dapat kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan para orang tua akan susu formula. Kamu dapat menjadi agen atau distributor susu formula. Berikut ini merupakan cara menjadi distributor susu bayi yang harus kamu perhatikan. 

Cara Menjadi Distributor Susu Bayi

1. Target Market 

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menentukan target market. Hal sederhana ini sangat penting dan tidak boleh untuk dilewatkan. Bisnis atau usaha agen susu bayi ini menargetkan konsumen ibu-ibu sebagai target marketnya. 

Kamu harus membuat strategi penjualan dan promosi yang sesuai dengan target market tersebut dengan berbagai penawaran yang menarik. Selain itu kamu juga dapat membangun sebuah rantai distributor agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

2. Persiapkan Modal Usaha yang Dibutuhkan

Selain menentukan target market yang jelas, kamu juga harus mempersiapkan dan mengetahui berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk menjadi distributor susu bayi ini. Perhitungkan dengan matang berbagai macam kebutuhan awal untuk memulai usaha ini. Hal ini bertujuan agar usaha yang kamu mulai menjadi sebuah bisnis berkelanjutan. 

Tanpa perhitungan matang yang dilakukan sebelum memulai usaha dapat membuat seseorang akhirnya mengalami kegagalan. Untuk menghindari hal tersebut maka sangat penting untuk anda mencatat berbagai macam kebutuhan atau pengeluaran seperti modal stok barang, tempat usaha, atau biaya biaya lainnya yang dapat menunjang usaha agen susu bayi tersebut. 

3. Cari Mitra Penyedia Barang Berkualitas

Cara menjadi distributor susu bayi yang dapat memberikan sebuah keuntungan yaitu dengan mengambil barang pada tangan pertama atau produsen susu bayi untuk kemudian dapat kamu jual kembali ke toko dan kemudian mereka salurkan kembali ke konsumennya langsung. Cari mitra penyedia barang yang menyediakan barang berkualitas. 

Selain itu kamu juga harus terus berupaya menjaga stok barang yang dimiliki agar tak kehabisan barang dan terus memiliki pelanggan tetap. Cari juga penyedia barang atau produk pilhan dari berbagai Brand yang terkenal sehingga kamu dapat memilih akan menjual produk seperti apa yang sesuai standard an target konsumen kamu. 

Produk-produk dari penyedia barang juga harus diperhatikan kualitasnya, jangan sampai kamu mendapatkan produk dengan harga sangat murah dan berbeda jauh dari yang lain namun produk tersebut memiliki tanggal kadaluarsa yang terlewat.

4. Pasang Harga Bersaing

Dalam menjalankan sebuah usaha, kunci utama untuk dapat terus bertahan sebagai bisnis yang berkelanjutan maka diperlukan adanya pelanggan tetap yang selalu melakukan repeat order. Untuk mendapatkan pelanggan tetap yang selalu melakukan repear order ini maka kamu perlu memasang harga produk yang dapat bersaing.

Harga suatu produk ini khususya susu bayi menjadi salah satu kunci dalam adanya repeat order. Konsumen terutama toko-toko yang akan menjual kembali produk susu bayi ke konsumen ini tentu akan memilih produk dari distributor atau agen dengan harga yang relatif terjangkau serta mampu memberi manfaat sesuai kebutuhan mereka. 

Melihat hal tersebut, maka menjadi sangat penting untuk produsen dan para distributor untuk memasang harga yang terjangkau dan tidak menaikkan dan memberikan harga yang terlalu tinggi. 

5. Perhatikan Perputaran Produk 

Kendala dalam bisnis terkadang terjadi pada perputaran produk yang dijual. Kamu harus memperhatikan dan terus berupaya agar produk yang kamu miliki dapat berputar dengan cepat. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat perputaran produk ini dapat dilakukan sebuah penawaran kerjasama dengan berbagai pihak lain.

Seperti menjaring distributor lan atau membuka system dropship, atau upaya lainnya agar produk yang kau tawarkan dapat lebih cepat sampai ke tangan konsumen terakhir. 

6. Pilih Lokasi Strategis

Menjadi distributor yang mengambil dari tangan pertama ini memerlukan sebuah lokasi untuk menjadi toko atau tempat penyimpanan stok produk yang ditawarkan. Pemilihan lokasi ini sangat penting, agar usaha kamu dapat dengan mudah dan banyak dijangkau orang. 

Lokasi yang strategis dapat membantu mewujudkan hal tersebut. Jika usaha atau bisnismu sudah banyak diketahui dan dijangkau orang maka hanyalah tinggal menunggu waktu untuk membuat usaha lebih maju. Maka kamu harus berhati-hati dalam memilih lokasi bisnis pertimbangkan berbagai hal agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen. 

7. Atur Cashflow 

Dalam melakukan sebuah bisnis pastinya diharapkan aliran pendapatan yang bagus setiap waktu. Maka untuk mencapai hal itu kamu harus belajar dan mengatur dengan baik cashflow pada bisnismu. Kamu harus berupaya dengan baik untuk meminimalisir berbagai pengeluaran dan terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan. 

Cashflow ini dapat kamu atur dengan membuat sebuah perencanaan atau sebuah gambaran yang detail terhadap bagaimana nantinya bisnis menjadi distributor agen susu ini dapat berjalan. Mengatur cashflow pada bisnis kamu ini dapat menjadikan bisnismu terus meningkat dan mengalami perkembangan yang bagus. 

8. Berjualan Secara Online

Melihat perkembangan teknologi yang kian pesat, saat ini sebagian para pembisnis memanfaatkan teknologi dengan memulai bisnis digital. Maka kamu juga harus dapat bersaing untuk mendapatkan pelanggan secara online guna memperluas target market dari bisnis agen susu bayi yang kamu miliki. 

Bukalah toko online di berbagai aplikasi atau e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya. Kamu dapat mencoba cara ini untuk mendapatkan dan menjangkau pelanggan dari berbagai daerah tanpa terbatas jarak. 

Menjadi seorang agen atau distributor susu bayi ini merupakan sebuah bisnis yang cukup menjanjikan dan dapat membawa keuntungan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa susu formula bagi bayi ini merupakan bahan pangan atau sumber nutrisi utama bagi para bayi yang tidak bisa mendapatkan atau mengonsumsi ASI. 

Distributor merupakan hal yang paling dicari dan dibutuhkan melihat permintaan konsumen yang juga terus bertambah pesat. Permintaan yang seringkali disebut perilaku konsumtif ini menjadi sebuah peluang usaha baru guna memenuhi kebutuhan dan permintaan tersebut. 

Di bawah ini juga terapat sejumlah pilihan artikel tambahan, bisa kamu jadikan referensi dan tamabhan ilmu juga.

Baca juga:

1. Pengertian Distribusi dan Distributor

2. Cara Daftar Agen Isi Ulang Aqua

3. Contoh Kalimat Menawarkan Produk

4. Aplikasi Promosi Online Gratis

Demikian berbagai cara menjadi distributor susu bayi yang menguntungkan dan dapat kamu coba lakukan. Selamat mencoba peluang usaha tersebut. 

Penulis: Sarafina K


Related Posts