taupasar.com

we read, we create and we share it.

11+ Ide Bisnis Usaha Makanan Dengan Modal 20 Ribu, Cocok Bagi Pemula

11+ Ide Bisnis Usaha Makanan Dengan Modal 20 Ribu, Cocok Bagi Pemula

Bisnis makanan merupakan bisnis yang memiliki peluang yang sangat bagus pada saat ini, bisnis ini bisa dan dapat di lakukan dengan cara di rumah saja tanpa harus repot dan ribet harus keluar rumah untuk mengerjakan pekerjaan yang satu ini. 

bisnis usaha makanan

Contoh Rincian Modal Usaha Makanan dengan Modal 20 Ribu

Hanya dengan modal 20 ribu saja kamu bisa untuk membuka dan memulai usaha bisnis rumahan yang satu ini. Untuk saat ini makanan ringan yang banyak di minati oleh masyarakat.

1. Biaya Investasi Awal 

Untuk modal biaya 20 ribu tentunya kamu bisa mendapatan peralatan yang di butuhkan, berikut perincian modal awal untuk peralatan.

  • Modal untuk membeli plastik 1pcs isi 50 : Rp. 4.500
  • Modal untuk membeli lilin 2 biji : Rp. 2.000
  • Peralatan lainnya : Rp. 2. 000
  • TOTAL : Rp. 8. 500

Itulah perincian modal awal untuk peralatan, 

2. Biaya Opersional Untuk Jenis Makanan

Untuk biaya opersional ini di lakukan untuk perincian moadal dalam pembelian jenis makanan ringan yang akan kamu jual, berikut ini contoh perinciannya. 

  • Belanja untuk membeli minyak goreng ¼ seharga : Rp. 3.000
  • Biaya untuk membeli jenis makanan ringan : Rp. 6. 000
  • Modal untuk membeli bumbu penyedap rasa makanan : Rp. 2. 500
  • TOTAL : Rp. 11. 500

3. Omzet yang Akan di Hasilkan Setiap Bulan

Dengan modal biaya usaha yang kecil bukan berarti tidak bisa mendapatkan keuntungan yang besar, semua terantung bagaimana kita melakukan penjualannya kepada pembeli. 

Apabila makanan ringan yang kamu jual dengan harga Rp.5000 dan kamu bisa menjualnya setiap hari dengan 20 bungkus, maka omzet setiap hati hari yang kamu dapatkan adalah sebesar Rp. 100.000 per hari. 

Sementara itu, untuk omzet perbulan yang akan kamu dapatkan sekitar Rp. 3.000.000, hasil pendapatan dalam sebulan akan dii kurangi biaya operasional penghasilan bersihnya adalah Rp. 2.988.500. Dengan pendapatan omzet yang lumayan besar setiap bulannya, tentunya sudah bisa mengembalikan modal awal yang kamu pakai. 

Macam – macam Makanan Ringan dengan Modal 20 Ribu 

Dengan modal 20 ribu kamu bisa memulai usaha bisnis dengan aneka jenis makanan ringann yang bisa kamu jual.

1. Jual Makanan Ringan Keripik Tempe 

Tempe mudah sekali untuk di dapatkan apalagi di pasar, tentunya sudah tidak asing lagi dan sangat terjangkau sekali hanya dengan modal Rp. 5000 saja kamu sudah bisa mendapatkan 3 bantal tempe yang cukup untuk membuat keripik. 

Kemudian sisa uangnya masih bisa kamu gunakan untuk membeli bumbu – bumbu penyedap rasa, tepung dan minyak goreng. Jadi dengan menghabiskan uang 20 ribu saja kamu bisa membuat makanan ringan yang kamu buat untukk di jualkan. Dengan harga yang murah meriah dan rasanya yang sangat lezat keripik tempe yang kamu buat akan menjadi salah satu ide jualan yang sangat laris.

2. Jualan Makanan Ringan Jamur Tiram Kriuk

Jamur tiram kriuk ini bisa di jadikan salah satu ide jualan makanan ringan rumahan yang bisa kamu jual, dengan modal 20 ribu rupiah saja, karena jamur ini harganya sangat murah meriah. Kamu bisa mendapatkan jamur tiram ini di pasar – pasar yang ada di sekitar daerah kamu, dengann membeli jamur 1kg saja dengan harga Rp. 6000 saja. 

Selanjutnya jika proses penggorengan sudah selesai bungkus jamur tiram kriuk tersebut, Dengan menghabiskan 1kg jamur tiram kamu bisa mendaptkan 6 -7 bungkus jamur tiram kriuk ukuran sedang. Kamu bisa menjualnya sendiri atau secara langsung di titipkan ke warung yang berada di dekat rumah kamu 

3. Jualan Cilok

Untuk membuat cilok, kamu hanya perlu mempersiapkan bahan tepung terigu, tepung tapioka, dan sambal bumbu kacang yang sudah praktis, dan plastik untuk membungkusnya. Modal untuk membuat cilok tidak akan sampai 20 ribu, dalam satu kali membuat saja kamu bisa menghasilkan banyak sekali cilok yang akan kamu dapatkan. 

Setelah selesai di buat selanjutnya kamu membungkusnya, Dalam satu bungkus biasanya terdapat 5 buah cilok dengan harga 2 ribu saja satu bungkusnya. Jajanan yang satu ini bukan hanya disukai oleh ibu – ibu, atau remaja dewasa saja tetapi anak kecilpun banyak yang menyukai jajanan cilok ini. 

4. Jualan Bakso Goreng (Basreng)

Jajanan yang satu ini memang terdengarnya sudah tidak asing lagi, bahan untuk membuatnya pun mudah untuk di dapatkan di pasar – pasar yang ada di sekitarmu. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli baso putih atau baso yang biasa untuk di goreng, plastik untuk membungkus, membeli minyak goreng, daun jeruk, dan bumbu – bumbu penyedap lengkap lainnya. 

Untuk membeli semua bahan tersebut kamuu tidak perlu mengeluarkan modal banyak, hanya dengan 20 ribu saja sudah cukup. Iris – iris baso goreng terlebih dahulu lalu goreng secara bersamaan dengan daun jeruk. Setelah selesai, campurkan baso goreng tadi dengan bumbu penyedap yang sudah di racik lalu aduk sampai semua bumbunya tercampur. 

kamu bisa menjualnya dengan harga 2 ribu per bungkusnya, dan bisa juga menitipkan jualan kamu ke warung – warung terdekat.

5. Jualan Cilung (Aci di Gulung) 

Dengan modal 20 ribu saja tentunya kamu bisa membuka dan memulai usaha bisnis ini dengan mudah, hal yang pertama harus kamu punya adalah teplon atau tempat penggorengan berukuran sedang dan tusukan untuk membuat cilung. 

Lalu siapkan aci atau tepung tapioka, setelah itu adonan di campur dengan air tetapi jangan terlalu banyak, lalu tuangkan keatas teplon dengan takaran tertentu, setelah adonan mulai mengering taburi bumbu di atasnya lalu gulung dengan tusukan cilung. 

Untuk membuka usaha ini kamu bisa menjualnya dengan cara di rumah saja, ataupun bisa juga dengan cara keliling. Untuk harga 1 tusuk cilung sekitar Rp. 1000 saja, dengan modal sedikit kamu akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

6. Jualan Ubi Ungu Lumer 

Untuk membuka usaha makanan yang satu ini tidak membutuhkan modal yang banyak hanya dengan modal 20 ribu saja sudah bisa memulainya. Ubi lumer ungu ini merupakan jajanan makanan yang cocok sekali di makan di waktu santai, rasanya yang enak dan manis tentunya membuat ketagihan. 

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah membeli ubi ungu 1kg seharga Rp.3000, coklat batangan 1 bungkus Rp. 4000, tepung terigu ½ kg Rp. 2000, tepung tapioka ½ kg Rp. 2000, tepung roti 1 bungkus Rp. 3000, minyak goreng ¼ liter Rp. 4000, kantong plastik 2pcs Rp. 2000. Setelah semua bahan sudah lengkap selanjutnya kamu bisa langsung membuatnya.

Untuk keuntungan yang di dapat cukup lumayan besar, karena 1kg ubi lumer yang kamu buat kurang lebih menghasilkan 10 bungkus atau 50 buah ubi lumer. 

7. Jualan Otak –otak Goreng 

Tentu saja dengan modal 20 ribu kamu bisa memulai usaha ini dengan mudah, hal pertama yang harus kamu beli yaitu otak – otak 1kg Rp.7000, minyak goreng ½ liter Rp. 5000, bumbu lengkap asin, pedas, manis Rp. 4000, plastik ¼ 1pcs Rp. 4000. Setelah semua bahan sudah lengkap hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan cara penggorengan otak – otak untuk di jual.

Untuk penjualannya kamu bisa di lakukan di rumah saja, karena kalau dengan berjualan keliling resikonya sedikit besar dan sulit. 3 buah otak – otak di jual dengan Rp. 2000 saja. Keuntungan yang di dapat dari penjualan ini juga lumayan besar, hanya dengan modal 20 ribu saja.

8. Jualan Gorengan Bakwan 

Membuat gorengan bakwan sangat mudah, dengan modal 20 ribu kamu bisa untuk memulai usaha berjualan gorengan bakwan. Untuk membuatnya kamu bisa membeli sayuran sop lengkap 2 bungkus Rp. 3000, tepung terigu 1kg Rp. 4000, minyak goreng ½ liter Rp. 6000, sambal kacang praktis Rp. 3000, bumbu penyedap lengkap Rp. 2000, kantong plastik 2pcs Rp. 2000.

Cara menjualnya kamu bisa dengan berkeliling ataupun di rumah, satu gorengan bakwan Rp. 1000. Dengan modal 20 ribu kamu bisa menghasilkan sekitar 100 gorengan bakwan, dan tentungan keuntungan yang di dapat dari jualan ini sangat lumayan besar setiap harinya.

9. Jualan Cilor 

Modal yang di gunakan untuk menjual makanan ringann yang satu ini tidak memerlukan modal yang besar, dengann modal 20 ribu saja kamu bisa membeli bahan untuk membuat cilor, diantaranya telur ayam ¼  kg Rp. 5000, tepung tapioka ¼  kg Rp. 2000, tepung terigu ¼ kg Rp. 2000, minyak goreng ½ liter Rp. 5000, saus cabai 1 bungkus Rp. 2000, plastik 1pcs Rp. 4000.  Untuk tusuk satenya bikin sendiri dari bambu.

Untuk menjualnya dapat di lakukan di rumah saja, harga satu tusuk cilor Rp. 1000, dengan modal 20 ribu kamu bisa mendapatkan sekitar 40 tusuk. Dengan modal yang sedikit kamu akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Hanya dengan menjual cilor setiap harinya. 

10. Jualan Tahu Bulat 

Dengan modal 20 ribu kamu bisa membeli tahu bulat yang sudah praktis sebanyak 5pcs isi 100 biji  Rp. 10.000, minyak goreng ½ liter Rp. 6000, bumbu bubuk lengkap Rp. 3000, kantong  plastik 1pcs Rp. 1000. Setelah semuanya terkumpul, kamu bisa memulai membuka usaha tahu bulat ini dengan mudah.

Untuk menjualnya kamu bisa di rumah saja, tetapi ada juga yang menjualnya dengan berkeliling. 3 biji tahu bulat di jual dengan harga Rp. 2000 saja, jika setiap harinya tahu bulat yang kamu jual habis 100 buah maka keuntuungan yang kamu dapatkan lumayan besar. Hanya dengan modal 20 ribu saja.

11. Jualan Tahu Krispi 

Untuk mendapatkan tahu seperti ini tidak sulit karena sudah banyak yang menjualnya di pasar, 1kg tahu hanya Rp. 6000, selanjutnya kamu harus membeli minyak goreng ½ liter Rp. 6000, tepung terigu ½ kg Rp 3000, bumbu penyedap lengkap Rp. 3000, kantong plastik 2pcs Rp. 2000. 

Kamu bisa menjualnya dengan harga Rp. 5000 saja satu kantong plastik, dengan modal 20 ribu bisa mendapatkan sekitar 15 bungkus. Untuk menghemat biaya kamu bisa menjualnya dengan cara di rumah saja, dan keuntungan yang di dapat akan lebih besar setiap harinya. 

Tidak hanya itu, di bawah ini juga terdapat sejumlah pilihan artikel yang masih berkaitan, kamu bisa simak selengkapnya berikut ini.

Baca juga:

1. Cara Promosi Makanan di WA

2. Rincian Modal Usaha Makanan RIngan

3. Kata-kata Lucu Jualan Makanan

4. Contoh Usaha Makanan Ringan

Itulah beberapa cara yang mudah untuk memulai usaha dengan modal 20 ribu saja, selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Penulis : Nur Sapitr

Related Posts