taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Contoh Naskah Podcast dan Sejumlah Tips Membuatnya

Inilah Contoh Naskah Podcast dan Sejumlah Tips Membuatnya

Dewasa ini, podcast menjadi salah satu pilihan yang banyak dipilih oleh banyak orang. Biasnaya podcast didengarkan ketika orang tersebut membutuhkan hiburan, atau bahkan tengah mencari informasi tertentu mengenai suatu hal. Podcast memang bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

contoh dan tips buat naskah podcast

Podcast merupakan sebuah siaran non streaming yang memang akan disampaikan melalui audio. Meskipun disampaikan melalui audio, bukan berarti podcast ini memiliki kesamaan dengan radio, karena jelas saja dua hal tersebut memiliki perbedaan dan jgua kelebihannya masing-masing.

Banyak sekali orang yang mulai merambah ke dunia podcast, karena memang banyak yang meminatinya. Bagi kamu yang merasa ingin membuat podcast, tetapi ternyata masih merasa bingung, perihal bagaimana membuatnya dan jgua seperti apakah contoh podcast beserrta tips membuatnya, maka kamu bisa menyimak informasi di bawah ini.

Langkah Mudah Membuat Podcast

1. Cobalah menentukan topik terlebih dahulu

Dalam membuat podcast, tentu saja kamu harus bisa dna juga mampu dalam menentukan topik terlebih dahulu. Topik tersebutlah yang kemudian akan menjadi fous pembahasan kamu dalam podcast yang kamu buat dan kamu miliki. Jika bahkan kamu masih merasa bingung perihal topiknya, maka nantinya akan memengaruhi proses lainnya.

Maka dari itulah, menentukan topik menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan. ketika topik telah berhasil kamu tentukan dan kamu dapatkan, maka barulah kamu bisa mulai melakukan sejumlah langkah dan juga tips lainnya yang masih berkaitan denagn membuat podcast tersebut.

2. Siapkanlah alat yang dibutuhkan

Ketika topik untuk membuat podcast tersebut telah berhasil kamu kantongi, maka langkah lainnya yang masih menjadi langkah lanjutan yang harus kamu lakukan adalah yang satu ini. Kamu bsia mulai menyiapkan sejumlah alat yang memang akan dibutuhkan nantinya.

Alat seperti computer, atau ponsel, tafware mic dan juga sejumlah alat penunjang lainnya, harus kamu miliki terlebih dahulu. Tujaun utamanya agar podcast yang kamu buat bisa mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. Aplikasi untuk mengedit hasil rekaman juga akan sangat kamu butuhkan nantinya.

3. Buat naskahnya

Jika sejumlah hal atau tips diatas tadi telah berhasil kamu lakukan sebaik mungkin, maka langkah lain yang harus kamu selesaikan adalah yang satu ini. Naskah menjadi bagian yang juga memegang peranan cukup penting. Akan sangat dirasa sulit, jika kemudian kamu bahkan memilih tidak membuat naskah sama sekali.

Dengan membuat dan juga memiliki naskah sebagai bagian dari langkah membuat podcast, maka nantinya konten podcast yang kamu buat tersebut akan lebih terarah dan juga tetap terkontrol pada jalur yang semestinya.

4. Membuat konten

Setelah sejumlah langkah yang sebelumnya telah dilakukan, maka kamu bisa langsung membuat konten podcast yang telah kamu rencanakan. Jangan lupakan perihal durasi dan juga sejumlah hal yang telah kamu rancang sebelumnya. Ketika hal tersebut tidak kamu lupakan, maka podcast bsia berjalan lancar.

5. Edit dan publish

Lebih lanjut dari itu, kamu juga bisa langsung mengedit hasil rekaman yang kamu lakukan sebelumnya. Tentunya dengan menggunakan sejumlah pilihan aplikasi yang telah kamu persiapkan sebelumnya. Pilihan aplikasi yang tepat bisa membuat hasil edit kamu menjadi sangat bagus.

perihal podcast, kamu juga bisa membaca sejumlah pilihan artikel yang telah disiapkan di bawah ini.

baca juga:

1. cara membuat podcast di Spotify

2. aplikasi podcast untuk PC

3. cara promosi podcast di medsos

Setelah selesai lakukan proses editing, kamu bisa langsung publish podcast kamu di aplikasi yang telah kamu tentukan sebelumnya. Sebelumnya, kamu juga harus bisa membuat cover untuk podcast yang kamu buat, dan jangan lupakan promosi.

Contoh Naskah Podcast

1. Opening

Hai, apakabar semuanya, Dita disini siap berbagi cerita, tentunya masih di podcast kesayangan kamu semua, kisah cinta kamu, aku, kita.

Tentu saja masih seperti biasanya, Dita bakalan nemein waktu luang kamu dengan cerita-cerita unik terkait kisah cinta, tidak hanya yang berakhir manis, tetapi juga yang berakhir tragis, selamat mendengarkan.

2. Isi

Kala itu, hujan turun membasahi bumi, tak pernah sedikitpun aku mengerti, mengapa hati tertaut kepada sosok yang kurasa tak akan pernah bisa aku miliki. Selalu aku berusaha untuk terus melepaskan rasa ini, tetapi berulang kali aku selalu gagal. Sore hari, ditemani rintik hujan yang sendu, ku lanjutkan langkah menuju café tempat aku bersantai dan berdamai dengan diri.

Tepat pada pukul 15.00 aku menyesap secangkir kopi hangat yang menjadi menu favorit di café favorit yang selalu aku kunjungi. Tidak ada tempat yang lebih nyaman selain memilih duduk disamping kaca yang langsung mengarah kejalan raya depan café. Rintik hujan yang masih turun, membuatku kembali teringat akan sosok orang yang ku kagumi.

Kiranya sudah sekian tahun lamanya, aku menaruh hati dan menyanginya. Tetapi rasa sayang yang ku miliki tersebut hanya bisa kurasakan sendiri. Sakit memang, mencintai orang yang bahkan tak pernah bisa mencintaku. Terlebih ia adalah sahabatku sendiri, rasanya jika aku mengungkapkan perasaan ini, maka hal tersebut hanya akan membuat persahabatan kami hancur.

Sekian tahun berlalu, rasaku kepadanya masih saja sama. Tak pernah ku berniat menyampaikan rasa ini kepadanya, tetapi akupun tak sanggup jika harus menyimpannya terlalu dalam. Suatu hari, aku coba memberanikan diri untuk sampaikan rasa cinta ini. 

Duduk aku berhadapan dengannya, disebuah café favorit kami berdua. Ku pesan secangkir kopi, diapun sama. Sambil menguatkan diri aku mengatakan “gua suka sama lo, bahkan bukan hanya sekadar suka, gue sayang sama lo”. Cemas ku menunggu jawabnya. 

Sampai kata-kata keluar dari mulutnya, terkejut aku ketika mendengar jawaban manis terurai darinya, ia berkata “sebenarnya gue juga sayang sama lo, bukan hanya sekadar sahabat tapi lebih dari itu”. Akhirnya penantian Panjang ku berbuah manis. Kini aku telah menjalani hidup dengannya sebagai sepasang suami istri yang saling mencintai.

3. Penutup

Nah itulah tadi cerita dari Rika yang berhasil menikah dengan sahabatnya sendiri. terimakasih untuk Rika yang telah mau berbagi cerita. Bagi kamu yang juga ingin berbagai cerita, aku tunggu cerita kamu di ceritakamuakukita@gmail.com. Terimakasih dan sampai jumpa di podcast kamu, aku, kita selanjutnya. have a nice day.

Itulah informasi perihal contoh naskah podcast dan juga sejumlah langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya, semoga bisa membantu.


Penulis: Tia

Related Posts