taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Hal Penting Dalam Analisis Modal Bisnis Warung Kopi Free Wifi

7 Hal Penting Dalam Analisis Modal Bisnis Warung Kopi Free Wifi


Kopi merupakan minuman yang tidak hanya sebagai pelepas haus dan ngantuk tetapi juga sebagai gaya hidup.

modal usaha warung kopi

Pada awalnya kopi itu hanya dikenal dengan kopi hitam, rasanyapun hanya manis gula saja. Berbeda dengan saat ini, kopi memiliki berbagai varian warna dan rasa, ada rasa cappuchino, moccachino, bahkan saat ini ada rasa pandan dan gula aren.

Sekarang ini kopi selain sebagai minuman juga memiliki nilai seni, dan sebagai gaya hidup. Saat ini nongkrong untuk minum kopi ditambah pelayanan wifi gratis sudah menjadi kebiasaan orang-orang termasuk kaula muda. 

Hal ini bisa menjadi ladang usaha baru buat kamu yang sedang mencari inspirasi usaha keren, dan menguntungkan.

Nah kali ini akan dibagikan 7 hal pentig dan analisis modal bisnis warung kopi free wifi.

7 Hal Penting Dalam Anlisis Modal Binis Warung Kopi


1. Informasi 

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam berbisnis kopi adalah informasi, informasi ini bisa berupa mengenai peracikan kopi, kopi yang banyak diminati oleh orang-orang, tempat strategis untuk usaha coffe shop atau warkop, dll.

- Peracikan kopi

Sebelum memutuskan berbisnis kopi, pastikan bahwa kamu sudah meemiliki infromasi berbagai peracikkan kopi, kemudian tentukan ciri khas menu kopimu, jika kopimu memiliki ciri khas, pelangganmu akan mudah mengenal warung kopimu.

- Kopi yang banyak diminati oleh orang-orang

Survey kopi apa saja yang diminati olehorang-orang juga merupakan hal penting, karena pecinta kopi menjadi target pasarmu, maka itu kamu harus mencari tahu jenis kopi apa saja yang diminati oleh para pecinta kopi.

- Tempat strategis

Informasi selanjutnya yang harus kamu tahu yakni tempat strategis, carilah tempat untuk usahamu yang dimana tempatnya sangat strategis untuk usaha kopimu. Tidak hanya itu, kamu juga harus mencari informasi mengenai desain warung kopi free wifi yang asik dan bikin nyaman.

Informasi ini harus terus di update, cara mendapatkannya kamu bisa membuka saran dan masukan dari pelangganmu, hal ini untuk menjaga usahamu agar berjalan lancar, dan pemasukkan terus mengalir.

2. Modal

7 hal penting dalam bisnis kopi free wifi yang kedua yakni masalah modal, berikut analisis modal bisnis warung kopi free wifi:

1. Sewa tempat RP. 1.000.000 untuk bulan pertama

2. Mesin kopi Rp. 8.500.000

3. Cup sealer Rp. 1.000.000

4. Bahan baku kopi Rp. 3.000.000

5. Peralatan tambahan seperti dekorasi, dapur dan lainnya Rp. Rp. 1.000.000

6. Pasang wifi Rp. 500.000

Total modal awal membuka bisnis kopi free wifi yakni Rp. 15.000.000. Diatas merupakan rincian modal awal untuk membangun bisnis kopi free wifi, tapi jika kamu ingin membuka warung kopi sederhana juga bisa, rincian modal usaha warung kopi sederhana tidak terlalu banyak seperti diatas. Berikut rinciannya

1. Sewa tempat RP. 1.000.000 untuk bulan pertama

2. Kopi sachet Rp. 2.000.000

3. Peralatan tambahan seperti dekorasi, dapur dan lainnya Rp. Rp. 1.000.000

4. Pasang wifi Rp. 500.000

Total modal awal bisnis warung kopi sederhana adalah Rp. 4.500.000.

Diatas merupakan Membuka usaha warung kopi sachet, usaha ini sangat sderhana dan modalnyapun lebih kecil dibandingkan dengan usaha kopi denn mesin kopi diatas.

3. Man/ karyawan

Karyawan adalah salah satu unsu yang sngat penting untuk mencapai tujuan bisnis coffeshopmu. Memilih karyawan yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan dalam bisnis kopimu itu hal yang sangat penting.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh calon karyawanmu adalah memiliki kemampuan sebagai barista, memahami berbagai pengolahan kopi dan jenis kopi.

4. Bahan produksi

7 hal penting dalam bisnis kopi free wifi selanjutnya adalah bahan produksi, seperti yang sudah aku jelaskan dibagian modal, dalam perhitungan modal terdapat bahan baku kopi. Bahan baku kopi tersebut merupakan bahan produksi dalam bisnis cofeeshopmu.

Pilihah bahan baku yang berkualitas dan baik, hal ini akan mempengaruhi cita rasa kopimu dan juga kepuasan pelangganmu. Sebelum itu, kamu harus 

5. Mesin/peralatan

Peralatan disini tidak hanya berupa mesin kopi, melainkan juga peralatan seperti perlatan dapur, meja kursi untuk pelanggan, dan lainnya. Tetapi jika kamu mau membuka usaha warung kopi di desa biasanya hanya perlu meja, kursi, dan perlatan dapur saja.

6. Metode/ cara

Hal penting selanjutnya adalah mengenai metode atau cara , metode atau cara disini berupa metode dalam peracikkan kopi, cara kerja karyawan, misalkan membagi karyawan menjadi dua sift, cara pemasaran bisnis warung kopimu, Cara melayani pelanggan, cara untuk membatasi katasandi wifimu, misalkan satu kali beli kopi dapat menikmati wifi gratis selama satu jam.

7. Pemasaran

Hal penting selanjutnya adalah mengenai pemasaran warung kopimu, jika semua peralatan dan bahan baku sudah siap, saatnya kamu memasarkan warung kopimu dengan cara dipromosikan lewat berbagai media terutama media sosial.

baca juga:




Jangan lupa untuk berbagi tips dan informasi lain seputar kopi di media sosial warung kopimu, informasikan kepada follower di media sosial usaha kopimu bahwa warungg kopimu, memiliki fasilitas free wifi, hal ini merupakan cara biar warung kopi rame.

Buatlah akun media sosial khusus untuk bisnis kopimu, lalu buatlah postingan-postingan menarik mengenai usaha kopimu.

Nah itu tadi 7 hal penting dan analisis modal bisnis warung kopi free wifi, semoga infromasi diatas dapat bermanfaat untuk kamu yang akan berencana untuk membuka bisnis kopi free wifi. Terus gali informasi dan terus semangat, semoga bisnis kopimu berjalan dengan lancar.

Penulis: Leli Ferlina
Editor: Tia
Related Posts