Solikhah

CEO Taupasar.

4 Tips Mencari Cari Ruko Murah Untuk Binis

Ruko memiliki peran krusial untuk suatu bisnis, apalgi berbasis off-line. Bagi yang sedang menjalankan usaha tetapi belum memiliki tempat tetap, rumah toko atau ruko bisa menjadi solusi yang tepat. Kebanyakan bangunan ruko di Indonesia terdiri dari dua lantai, dengan lantai bawah digunakan untuk tempat usaha, sedangkan lantai dua dimanfaatkan sebagai tempat tinggal. Namun, ada pula beberapa bangunan ruko yang terdiri dari tiga hingga lima lantai.



Menemukan ruko untuk tempat bisnis sebetulnya tidak terlalu susah mengingat ada banyak unit yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Walaupun begitu, jika Anda memiliki bujet terbatas, cari ruko murah pasti menjadi pilihan utama. Untuk itu, perhatikan beberapa hal penting ini saat kita sedang cari ruko murah. Namun jangan lupakan hal paling dasar yaitu mengkur seberapa sehat keuangan kita.

1. Potensi pasar di lingkungan ruko

Avignon, Kota, Ramai Jalan, Adegan, Kehidupan, Sibuk

Bisnis dan target pasar adalah suatu yang tidak bisa dipisahkan. Apalagi jika bicara soal bangunan fisik. Walaupun mungkin ruko kita berada di kawasan yang kurang strategis, belum tentu akan sepi pengunjung. Untuk itulah kita dianjurkan untuk mencari tahu potensi pasar di lingkungan ruko. Luangkan waktu untuk mengunjungi kawasan ruko tersebut selama beberapa kali untuk mengetahui level keramaian pengunjung.

Pada sesi kunjungan ini, Kita juga bisa memantau apakah sudah ada bisnis serupa yang berdiri lebih dulu. Apabila ada, pelajari hal-hal apa yang bisa menjadi keunggulan bisnis kita jika dibandingkan dengan para kompetitor. Ada dua yang sangat perlu juga jadi catatan yaitu analisa kompetitor bisnis sejenis dan menentukan target pasar kita.

2. Kemudahan akses di sekitar lokasi

Jepang, Perjalanan, Alam, Asia, Tanaman, Arsitektur

Umumnya, apabila sebuah ruko berada di lokasi yang strategis—misalnya di pusat kota—harganya cenderung akan lebih mahal daripada ruko-ruko yang ada di pinggir kota. Jadi, jika memang cari ruko murah, bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan unit bangunan yang lokasinya tidak terlalu strategis. Kabar baiknya, hal ini sebetulnya tidak menjadi masalah yang terlalu besar selama lokasi ruko memiliki akses yang mudah dijangkau.

Cek apakah jalanan menuju lokasi ruko memiliki kondisi yang baik dan bisa dilewati dengan aman serta nyaman oleh kendaraan. Akan menjadi nilai plus lagi apabila jalanan tersebut juga banyak dilewati oleh kendaraan umum. Dengan begitu, calon pelanggan pun bisa mendatangi ruko kita dengan mudah.

3. Kualitas Bangunan dan Fasilitas yang ditawarkan

Pakaian, Boutique, Warna, Desain, Mode, Kemewahan, Pola

Saat kita memutuskan untuk membeli ruko baru, pastikan kita harus mengecek dengan seksama spesifikasi yang ditawarkan. Untuk ruko yang sudah siap pakai kita mungkin bisa langsung memeriksanya saat sedang survei. Namun jika ruko tersebut inden, kita tentunya harus membaca spesifikasi yang tertera di brosur dan informasi yang disampaikan oleh sales.

Selain itu, cari tahu berbagai sarana lain yang bisa kita nikmati, mulai dari lahan parkir untuk pengunjung kita nanti, daya listrik, air, dan dapur. Akan lebih oke lagi jika pihak developer menyediakan fasilitas yang sesuai bisnis kita. Misalnya, untuk usaha coffee shop, fasilitas Wi-Fi tentu diperlukan untuk menambah nilai jual.

4. Cari Ruko Murah? Jangan Lupa Cek Legalitas dan perizinan

Audit, Laporan, Verifikasi, Magnifier, Akuntan

Ketika cari ruko murah, jangan mudah tergiur dengan harga miring yang ditawarkan. Selain kualitas fasilitas, pastikan pula ruko yang akan kita sewa atau beli sudah memiliki legalitas dan perizinan yang jelas.

Hal-hal seperti ini penting untuk diketahui demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama kita menjalankan usaha di ruko tersebut.