Solikhah

CEO Taupasar.

Apa Itu Marketing Freelance dan Sales Freelance?

- taupasar.com | Apa Itu Marketing Freelance dan Sales Freelance?

Apa Itu Freelance?

Freelance adalah istilah untuk sebuah aktifitas pekerjaan dimana seseorang tidak memiliki kontrak khusus atau ikatan tetap terhadap suatu instansi atau bisnis. Freelance lebih bersifat work by poject dimana hubungan kerja antara seseorang dan perusahaan hanya dalam ruang lingkup projek yang sedang dikerjakan saja. Seorang yang bekerja freelance disebut freelancer.

Freelancer adalah istilah untuk profesi kerja paruh waktu. Istilah ini sangat sering digunakan dalam industri yang sifatnya proyek. Jadi mereka dipanggil atau digunakan jasanya manakala ada suatu proyek yang berhubungan dengan keahliannya. Freelancer atau pekerja paruh waktu ini sering kita jumpai di event konser, acara TV atau dalam dunia sales maupun marketing.

sales freelance
marketing and sales freelance

Apa perbedaan marketing freelance dan sales freelance?

Banyak sekali dari kita yang menanggap bahwa sales freelance dan marketing freelance adalah dua hal yang sama. Apakah demikian? Jika dilihat lebih spesififik dua hal tadi adalah dua hal yang berbeda. Lalu apa perbedaannya? Akan lebih baik sebelum itu kita juga mengetahui Perbedaan Sales dan Markerting | Definisi, Fungsi dan Tujuan.

Pengetian/ Definisi Marketing Freelance,

Marketing freelance adalah sesorang freelancer yang ikut dalam aktifitas marketing terutama dalam aktifitas promo atau branding. Mereka biasa dikontrak berdasar jam kerja dan jumlah hari. Contoh paling sering kita lihat untuk profesi ini adalah SPG event. Dalam aktivitasnya SPG difokusnkan untuk promosi brand atau produk. Biasanya seorang marketing freelance dibayar berdasar hari kerja atau jam kerja.

Job Deskripsi Marketing Freelance
  1. Melakukan aktivitas promosi langsung sebuah produk baik berupa barang maupun jasa.
  2. Melaksanakan atau menjalankan marketing plan dari perusahaan.
  3. Membuat event atau acara yang bertujuan untuk promosi produk
  4. Mendistribusikan konten marketing baik berupa brosur, katalog produk maupun pesan sosial media.
  5. Membuat catatan feedback atau timbal balik (respon) atas program marketing yang telah dilakukan.
  6. Menerima sekaligus menginformasikan complain atau masukan terkait produk
Pengetian / Definisi Sales Freelance

Sales freelance adalah seorang freelancer yang fokus pada penjualan suatu produk. Mereka biasa mendapatan fee atau insentif dari jumlah produk yang mereka jual. Sales freelance biasa tidak terikat pendapatan tetap karena pendepatan mereka sangat linier dengan total penjualan mereka. Contoh sales freelance yang sering kita jumpai adalah sales kartu kredit, asuransi hingga properti. Apa bedanya dengan sales excecutif ? bisa baca  apa itu Direct Sales Executive | Pengertian dan Hubungannya Dengan Dunia Salesmanship.

Job Deskripsi Sales Freelance
  1. Melakukan penawaran produk ke calon pelanggan atau pembeli
  2. Mencari data base customer sebagai target penjualan
  3. Memberikan sales after service
  4. Memberikan data dan informasi terkait kepuasan pelanggan kepada tim marketing
  5. Menyampaikan informasi terkait promo atau diskon yang akan dilaksanakan.
Apakah seseorang bisa menjadi marketing freelace dan sales freelance dalam waktu yang sama? sangat mungkin jawabnya. Bahkan saat ini kedua fungsi itu sudah lazim untuk digabung. Misalkan dalam sebuah pameran mobil, seorang bisa SPG masuk katagori marketing freelance saat promosi, namun mendapatkan insentif yang kumulatif jika berasil melakukan closing penjualan dimana itu adalah pekerjaan sales freelance sebenarnya.

Apa syarat menjadi sales freelance dan marketing freelance?

  1. Mau bekerja dengan target. Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia sales dan marketing adalah dunia yang berorientasi pada target. Jadi sudah pasti dalam menjalankan pekerjaanya harus ada target yang disepakati di awal sebagai sebuah komitmen.
  2. Flexible dan dinamis. Dalam dunia salas dan marketing dinamika dan adaptasi adalah suatu keharusan. Artinya jika di tengah pekerjaan ada yang perlu dievaluasi atau dirubah maka kita sebagai seorang freelancer tidak bisa terlalu kaku.
  3. Adaptif dan supel. Sudah bukan rahasia jika pekerjaan ini adalah pekerjaan tim. Jadi dalam kesempatan apapun kita harus siap untuk dipasangkan atau dimasukkan ke dalam tim yang berbeda.


Contoh - Marketing Freelance Property atau Sales Freelance Property

Jika anda ingin mencoba peruntungan di dunia properti dengan memulainya dari Marketing Property maka diperlukan tekad yang kuat, anda tidak perlu bergabung dengan agency termana untuk menjadi marketing property. Bahkan anda bisa memulainya dari rumah anda tanpa harus setiap hari berada di lokasi perumahan yang anda coba pasarkan. Keuntungan komisi yang anda dapatkan dengan menjadi Marketing Property berkisar 1% hingga 3% dari harga jual rumah yang anda tawarkan.

Berikut ini Cara Menjadi Marketing Property Freelance yang handal :

1. Pelajari Pengetahuan Yang Berkaitan Dengan Property

Mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan akad jual beli mulai dari bentuk-bentuk sertifikat sangat penting. Pelajari juga hal-hal yang berkaitan dengan pajak dan biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen saat membeli rumah. Biasanya anda bisa memperoleh informasi ini saat mendapatkan Product Knowledge  dari Developer Perumahan. Sebelum menambah pengetahuan tidak ada salahnya anda mencoba berkunjung ke salah satu developer perumahan yang ada di dekat rumah anda dan menanyakan segala hal yang berkaitan dengan cara bergabung menjadi marketing property disana.

Jika anda berencana bergabung menjadi Marketing Property Freelance di Nouka Village, anda cukup datang ke kantor pemasaran dan mengutarakan keinginan anda untuk menjadi marketing property freelance. Jika anda belum mempunyai pengetahuan yang cukup biasanya developer akan menyediakan waktu khusus untuk mengadakan pelatihan terkait pemasaran rumah di perumahan Nouka Village. Jika tidak ada pelatihan anda cukup bertanya banyak hal kepada tim yang sedang piket di lokasi.

2. Pelajari Pengetahuan Berkaitan Dengan Pemasaran


Marketing property sebaiknya mempelajari berbagai macam aktivitas berkaitan dengan dunia pemasaran, mulai dengan cara promosi, cara berkomunikasi dengan calon pembeli dan sebagainya. Pelajari hal-hal yang berkaitan dengan promosi online dan promosi offline. Anda bisa membaca buku untuk meng-upgrade teknik-teknik pemasaran di era digital sekarang.

3. Direct Selling Kepada Lingkaran Pertama Anda

Direct selling adalah cara berjualan kepada konsumen dengan cara tatap muka atau face to face dengan calon pembeli atau cabuy secara langsung. Berdasarkan pengalaman banyak marketing property freelance direct selling paling mudah dilakukan kepada lingkaran pertama. Karena trust yang terjalin lebih tinggi, dan suasana lebih nyaman dan lebih hangat peluang untuk terjual lebih tinggi.

4. Kesabaran dan Ketekunan adalah Kunci sebagai Marketing Property Freelance


Kesabaran dan ketekunan adalah dua hal yang saling berkaitan sama lain dalam memasarkan properti. Dua kata yang mudah terucap namun sulit dipraktekan, banyak orang mulai menyerah dalam awal bulan pertama mencoba terjun sebagai marketing property freelance. Beberapa orang mulai menampakkan hasil setelah mencoba terjun selama 3 bulan pertama, beberapa orang yang lain setelah 5 bulan pertama bahkan ada yang setelah 1 tahun pertama.

Namun semua itu akan terbayar lebih besar dari waktu yang kita habiskan untuk memasarkan property. Tanam dalam benak anda, setiap orang memiliki waktu sukses yang berbeda, yang kita lakukan hanyalah berikhtiar dan niatkan untuk membantu orang menemukan rumah idaman anda.

Menjadi seorang marketing freelance dan sales freelance juga memiliki sisi positif. Selain soal mendapatkan pengasilan yang cukup dan terukur, kita juga bisa memiliki waktu lebih fleksibel. Artinya pekerjaan ini juga bisa dilakukan bagi kita yang masih memiliki aktifitas rutin seperti sekolah, kuliah bahkan ibu rumah tangga.

Penulis : Sigit Utomo
Editor : Sigit Utomo
Related Posts