Solikhah

CEO Taupasar.

Penjelasan dan Implementasi Promotion Mix dalam Marketing

taupasar.com | Penjelasan dan Implementasi Promotion Mix  dalam Marketing

Promotion Mix adalah salah satu dasar ilmu pemasaran yang penting. Namun bisa jadi sebagian dari kita lebih sering mendengar marketing mix atau lebih dikenal dengan 4P  ketimbang promotion mix. Lalu apa sebenarnya promotion mix itu?


Promotion Mix bagian dari Marketing Mix

Kata promosi sendiri saat ini memiliki banyak penafsiran. Ada yang menyebut promosi adalah iklan TV. Sebagian lagi menggambarkan promosi adalah potongan harga atau diskon. Disisi lain ada yang meyakini bahwa promosi adalah memberikan informasi yang sebanyak - banyaknya ke calon pelanggan. Mana yang benar? Bisa dibaca lebih jelas soal Promosi ini pada Dasar Marketing Mix dalam illmu pemasaran.

Jika kita bingung memilih definisi paling tepat dari promosi, maka ada satu kata kunci yang bisa kita jadikan acuan yaitu "Komunikasi". Ya, dalam era modern sebuah promosi harus bisa merepresentasikan sebuah komunikasi. Sedernahanya promosi adalah cara kita berkomunikasi dengan customer atau target pasar sehingga pesan atau konten yang telah dibuat bisa diterima dengan baik oleh target pasar kita.

Definisi dan Penjelasan Promotion Mix

Promotion Mix atau Bauran Promosi adalah elemen - elemen pemasaran yang masuk dalam ranah promosi. Pada dasarnya, marketing communication mix terdiri atas empat elemen dasar, kata De Loizer, yang dilanjutkan oleh Kotler, yang kemudian bentuknya dimodifikasi oleh Crosier dan Shimp. Kemudian, konsepsi tersebut dirumuskan oleh Belch tahun 1995 menjadi marketing communication mix, yang terdiri atas empat kegiatan dasar, yaitu  iklan (advertising), personal selling, sales promotion (dan pameran) serta public relation (PR).

Tujuan adanya Promotion Mix adalah membantu penentuan strategi pemasaran dalam ruang lingkup komunikasi dan persuasi ke customer. Artinya promotion mix mengakomodir semua aspek yang berkaitan dengan elemen interaksi pelanggan baik itu sifatnya satu arah (iklan) atau dua arah (personal selling, sales promotion dan PR). Parameter keberhasilan promotion mix tentunya dalah feedback positif dari pelanggan berupa awareness, interaction dan berujung pada sales atau omset.

Elemen Promotion Mix atau Bauran Promosi

1. Iklan atau periklanan (advertising)

Iklan atau periklanan (advertising) adalah media komunikasi pemasaran yang sudah menjadi bagian integral dari masyarakat dan sistem ekonomi manusia. Dalam kehidupan masyarakat yang sudah maju dan kompleks, iklan berevolusi ke dalam sistem komunikasi vital masyarakat, terutama dunia bisnis. Beriklan perlu metode promosi yang seakurat mungkin karena imbasnya sedemikian dahsyat kepada khalayak, baik dalam hal isi pesan maupun penyampaian (Prisgunanto, 2006:73).


Contoh dari iklan sudah pasti sangat banyak mulai dari yang paling umum seperti Iklan TV dan Radio hingga kita iklan yang sudah bisa menyasar audience dengan lebih spesifik seperti sosial media atau web. Perlu dicatat dengan adanya penjelasan ini sekaligus mematahkan anggapan bahwa pormosi itu hanya sekedar iklan. Yang lebih tepat mungkin iklan adalah bagian dari promosi.

2. Personal Selling. 

Sarana personal selling memiliki efek langsung pada proses penjualan berdasarkan sales forces. Memang keandalan personal selling yang paling utama adalah mampu mendekatkan pelanggan dengan penjualan lewat penggunaan jalur-jalur distribusi barang dan produk yang ada. Lewat personal selling ini pelanggan akan tanpa sungkan-sungkan menanyakan dan mencari tahu kemampuan produk tersebut dengan leluasa. Mereka juga akan bisa mendapatkan informasi akurat, sisi kebaikan dan keburukan dari produk secara langsung dari konsumen (Prisgunanto, 2006:74).


Apa perbedaan personal selling sama dengan sales force? Jawabannya adalah identik. Mengapa identik? karena secara garis besar aktifitas dan tugasnya mirip sekali namun yang membedakan adalah goalnya. Sales force berfokus pada bagiamana mereka bisa closing target dengan optimal sedang personal selling meitik beratkan pada bagaimana informasi (biasanya dalam bentuk product knowladge) bisa dipahami oleh calon pembeli.

Baca juga : Pengertian dan Jobdesc. Direct Sales Executive

Pernah melihat SPG rokok keliling tempat umum menawarkan produk baru dan minta nomor Hp kita? Nah, itu adalah contoh paling mudah sebuah personal selling. Tugas SPG tadi berbeda dengan sales rokok, karena sales rokok lebih fokus pada bagaimana rokok ini bisa dijual dibanyak toko. Bisa dipahami?

3. Sales Promotion dan Pameran.

 Pada sarana komunikasi pemasaran, sales promotion dan pameran adalah memiliki efek yang singkat sebagai upaya menstimulasi tekanan pada sikap pembelian. Asumsi ini berangkat dari kebiasaan orang yang akan membeli sesuatu barang tidak akan merencanakan sesuatu itu secara mendadak, hal inilah yang akan terjadi pada penjualan lewat sarana ini. Mungkin saja penjualan pada saat promosi atau pameran akan sangat tinggi karena faktor-faktor lain, bukan pada kesadaran pelanggan atau konsumen akan produk tersebut, seperti kebanyakan pengunjung pameran memerlukan barang yang ada demi satu kegunaan, tetapi bukan pada merek yang ditawarkan dalam komunikasi pemasaran (Prisgunanto, 2006:75).




Sales promotion yang dimaksud disini adalah pengenalan produk lewat acara atau lokasi tertentu, Poin utama sales promotion dan pameran adalah memangkas jarak atau mendekatkan produk yang sedang dipromosikan dengan calon pembeli. Tujuan utama aktifitas ini adalah mendapatkan feedback yang cepat dan akurat. Feed back tadi menjadi penting untuk diterjemahkan menjadi data dan informasi di internal perusahaan.

4. Public Relations.

Membina hubungan baik dengan menciptakan pengembangan komunitas (community development) adalah strategi yang sangat jitu dan baik karena sifatnya yang berkelanjutan bagi perusahaan. Walau efeknya lambat, namun proses kenaikan kepercayaan dan penyaluran pesan akan semakin meningkat secara ajek dan konstan.


Bauran atu elemen terakhir ini bisa jadi yang paling hits saat ini, Tidak jarang seseorang bersedia fokus menekuni ilmu ini untuk menjadikannya sebuah profesi. Inti dari PR sendiri sebenarnya adalah "wadah" yang disediakan marketing untuk bisa menampung aspirasi dari pelanggan. Selain itu PR juga menjadi semacam jembatan penghubung antara perusahaan dengan pelanggannya sehingga mempemudah mendapatkan informasi penting dari sudut pandang pelanggan.

Baca juga : Definisi Marketing dan Penyesuaian Maknanya Oleh Para Ahli

Demikian tadi penjelaasan dan pemaparan mengenai Promotion Mix. Jika ada pertanyaan silahkan bisa dicantumkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Jika ingin

Referensi : Komunikasi Pemasaran Terpadu (Prisgunanto, 2006:74)
Penulis : Sigit Ardho
Editor : Sigit Ardho