Solikhah

CEO Taupasar.

Memahami Definisi dan Penjelasan Bauran Pemasaran atau Marketing Mix (4P) Dalam Manajemen Pemasaran


Istilah bauran pemasaran atau istilah kerennya adalah marketing mix mungkin bukan istilah yang umum digunakan dalam aktifitas sehari – hari. Namun bagi seorang marketer, marketing mix adalah salah satu pengetahuan dasar yang harus diketahui dan dipahami. Lantas sebenarnya apa itu bauran pemasaran atau marketing mix?


marketing mix : pixabay.com

Konsep marketing mix dikenal dengan istilah 4P. Bapak marketing modern Philip Kotler dalam buku manajemen pemasarannya memaparkan bahwa suatu produk atau jasa memiliki komponen penting berupa 4P yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat atau distribusi) dan Promotion (promosi). Konsep ini sekaligus menyanggah beberapa orang yang mengasumsikan bahwa marketing sama dengan promosi.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai masing – masing penjelas “P”, taupasar.com akan mencoba mengilustrasikan 4P dalam yang kehidupan sekitar kita sehingga lebih mudah memahaminya. Bayangkan saja salah satu produk yang sering kita gunakan sehari – hari misalnya handphone atau lebih keren saat ini disebut smartphone. Mari kita bahas 4P dari smartphone entah itu merek Apple, Samsung, Xiomi atau lainnya.

Baca juga : Definisi Marketing dan Penyesuaian Maknanya Dalam Ilmu Pemasaran

Product (Produk)


produk : pixabay.com

Biasanya berupa barang (goods) atau jasa (service) yang diperjualbelikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam analogi di atas yang dimaksud dengan produk adalah smartphone-nya itu sendiri (hardware). Jika diulas lebih dalam maka produk ini nanti bisa lihat dari elemen yang melekat bersamanya seperti merek (brand), fitur, aplikasi, komponen rakitan dan segela sesuatu yang sifatnya terlihat (tangible).

Price (Harga)


price : pixabay.com

“P” yang satu ini lebih mudah dipahami seharusnya. Sudah tidak aneh jika produk yang dipasarkan memiliki harga yang pastinya sama juga dengan smartphone. Kita beli smartphone kita dengan menukan sejumlah uang yang disebut harga. Elemen yang melekan di harga seperti diskon, reward atau cash back suatu istilah yang tidak asing apalagi bagi yang hobi belanja online.

Place (Tempat / Distribusi)


place : pixabay.com

Toko tempat kita membeli (baik online atau offline) smartphon tersebut adalah contoh “place”. Itu mengapa platform jual beli online seperti Shopee, Bukalapak atau Tokopedia menamakan diri market place yang secara harfiah artinya tempat jual – beli. Dalam perkembangannya “place” juga sebagian mengartikan sebagai distribusi. Artinya proses dari mulai produk sudah siap hingga dipajang di etalase itu juga masuk ranah “place”.

Promotion (Promosi)


promotion : pixabay.com

“P” yang terakhir ini adalah “P” yang paling sering dibahas dan didalami oleh para marketer. Dalam era modern promosi memegang peranan penting untuk menciptakan dan menyampaikan competitive advantage. Anda bisa bayangkan brand sepergi OPPO atau VIVO mau membuat acara dengan banyak artis terkenal dan ditayangkan iklannya hampir disemua TV komersial. Aktifitas itu adalah sebagian dari aktiftas promosi.

Saat ini 4P ini bisa dikatakan masih sangat relevan walau mungkin beberapa sudah mulai menajamkannya dengan konsep 4C. Apa itu 4C dalam marketing? taupasar.com akan mengulasnya lebih dalam dalam artikel selanjutnya.