Solikhah

CEO Taupasar.

STEMBATEMA, Membangun "Brand Image" Melalui Diferensiasi Kompetensi Industri 4.0

Pemerintah sedang gencar menyuarakan istilah hitz yaitu industri 4.0. Yang menjadi pertanyaan saat ini, mampukah SDM kita beradaptasi dengan era itu? Industri 4.0 adalah “war” keahlian yang sebenarnya untuk Milenial atau Gen Y (kelahiran diatas 1980) dan Gen Z (kelahiaran diatas 1996). Saat itu tiba ketrampilan manusia khususnya untuk industri harus siap digantikan dengan robot, kecuali mereka yang memang siap dan memiliki kompetensi untuk bersaing. Namun sepertinya lebih banyak mereka saat ini lebih tertarik untuk me-ngulik menjadi youtuber, gamers atau selebgram.


Stemba Tema, Credit IG : heri_awan

Tidak ada yang salah, namun jika semua memilih jalur tadi siapa yang akan menyambutnya? padahal revolusi industri 4.0 adalah sebuah keniscahyaan, dimana banyak negara lain sudah memulai persiapannya sejak beberapa tahun lalu. Jadi bagaimana cara mempersiapkan SDM untuk menyambut "war" tersebut? Jika dianalogikan dalam permainan mobile legend yang sedang trend saat ini, selain kerjasama tim (organisasi), setiap individu juga harus menjadi "Hero" yang tangguh, memiliki senjata (item) dan "armor" yang mumpuni  untuk menyambut era tersebut.
Saat ini taupasar.com akan coba membahas salah satu produk (lulusan) yang lebih siap menjadi "Hero" untuk menghadapi persaingan ere industri 4.0. Mereka adalah product dari sebuah brand institusi yang memiliki brand image bagus disegmennya yaitu STEMBATEMA. Sekolah yang bediri lebih dari 40 tahun itu masih dan terus memproduksi produk (hal ini lulusan) terbaik  mereka sehingga kedepan siap mengahadapi revolusi industri 4.0. Lalu apa yang menyebabkan mereka memilki brand image bagus sehingga bisa disebut siap menghadapi industri 4.0?


Stemba Tema : credit IG : herumahendra

Brand image adalah presepsi yang timbul akibat dari proses dan kualitas suatu produk dalam kurun waktu tertentu. STEMBATEMA (SMK N 1 Temanggung) memilki brand image tinggi dan baik sehingga tidak heran julukan sekolah unggulan disematkan untuknya. Proses improvement yang berkelanjutan dan bukti kulitas “keluaran”mengantarkan sekolah ini memiliki brand equity (dalam bahasa sederhana bisa desebut popularitas) tinggi di daerah Temanggung hingga Nasional berkat prestasi akademik dan non akademiknya. 

Brand image yang melekat tersebut terus tumbuh dikarekan adanya diferensiasi yang ditawarkan ke para stakeholder mereka (perusahaan, wali murid dan dunia pendidikan pastinya) sehingga memenuhi kriteria yang mereka diharapkan. Lantas apa diferensiasi yang ditawarkan sekolah yang sudah memiliki ISO 14001 ini?Jika dianalisa pada diferensiasi "produk" (lulusan) nya, maka secara sederhana bisa dilihat dari aspek 7P (sebuah konsep pemasaran). Dan berikut 7P STEMBATEMA yang menurut taupasar.com menjadi diferensiasi yang berkontribusi pada brand image sekolah tersebut.

1. Product

Apa produk dari sebuah sekolah? ya “lulusan”. Jika masuk ke analogi mobile legend tadi maka ini adalah Hero-nya. Tahukah anda jika hingga saat ini STEMBATEMA telah “mencetak” lebih dari 5000 alumni yang tersebar di berbagai daerah nusantara hingga Jepang? Bekal yang cukup saat menempuh pendidikan empat tahun adalah content penting untuk suatu perusahaan mau merekrut seseorang lulusan.


Alumni Stemba , credit IG : iast_tangerang

Satu hal yang paling peting jika membahas produk adalah sisi uniqueness (keunikan). Untuk ukuran SMK, sekolah ini memiliki jurusan yang bisa dikatan “langka” dibanding SMK lain yang pada umumnya adalah teknik (mesin maupun elektro) atau ekonomi (adminstrasi, akuntansi atau pemasaran) dan sebagainya. Keahlian pada jurusan TPHP (teknologi pengolahan hasil pertanian), Agronomi dan Analis Kimia tidak banyak dimiliki oleh sekolah SMK lain padahal ilmu dasar keahliannya memiliki peran penting dalam industri modern khusunya bidang pertanian dan makanan saat ini.

2. Price

taupasar.com tidak akan terlalu banyak membahas mengenai biaya. Pada umumnya biaya untuk sekolah masih sangat terjangkau untuk ukuran rata-rata pendapatan daerah yang UMR Tahun 2019’nya sekitar 1,7 juta-an ini. Bukti nyata bahwa sekolah ini memiliki psicology price terjangkau adalah pada tingkat demografi yang beragam. Secara sederhana bisa diartikan sekolah ini memiliki siswa dengan berbagai latar belakang pekerjaan orang tua seperti petani, PNS, pedagang atau lainnya yang tentu saja tingkat pendapatannyapun berbeda-beda.

3. Place

Salah satu diferensiasi yang termasuk siginifikan menurut taupasar.com adalah bagian ini. Place memilki dua arti umum untuk sevice institution yaitu lokasi dan distribusi. Untuk arti pertama tidaklah terlalu panjang dibahas karena memang sejak awal tempat berdirinya di daerah Maron Temanggung. Namun untuk sisi distribusi lulusan, sekolah ini memiliki prestasi menakjubkan. Anda kenal Astra Agro? Nestle? Indofood? Propan? Nutrifood? Garudafood atau Mayora? Sederet brand dan market leader company tersebut adalah saluran distribusi para lulusannya.


Alumni Stembatema, credit IG : ikasteja

Place ini merupakan magnet tersendiri bagi public mengenal STEMBATEMA sebagai sekolah yang memilki channel perusahaan hebat. Siswa mereka pun tidak sedikit yang memutuskan melanjutkan menempuh pendidikan ke perguruan tinggi. UGM, UNDIP, IPB dan sederet nama universitas terkemuka lain menempatkan posisi siswa STEMBATEMA tidak kalah juga soal akademik. Luar biasanya, tidak sedikit pula lulusannya sukses membangun bisnis mereka sendiri. Puncaknya di akhir tahun 2018 para pengusaha "jebolan" STEMBATEMA ini bisa mengadakan pameran dengan skala besar untuk produk - produk dari bisnis yang mereka jalani. 

4. Promotion

Pernah melihat iklan STEMBATEMA di TV? Jangan pernah beranggapan bahwa promosi itu hanya sekedar iklan. Untuk institusi sekelas ini, menjaga brand equity  adalah salah satu hal yang paling penting. Memastikan bahwa image dan presepsi dimasyarakat selalu positif dikombinasikan dengan membangun public relations dengan berbagai insitusi adalah sarana yang efektif dibandingkan dengan sekedar iklan dimedia yang pasti membutuhkan budget tidak sedikit.


Stemba Temanggung , credit IG : ipas_stemba

Aset paling penting dalam aspek ini kami namai ALUMNI. Ya, sekolah ini dikenal memiliki ikatan alumni di berbagai daerah dan bisa dibilang sangat solid. Mulai dari adanya pengurus resmi (nasional) hingga kepengurusan regional (Tagerangan, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Borneo dan lainnya). Jika anda pernah membaca teori marketing 4.0 oleh Hermanwan Kertajaya, anda akan sadar bahwa alumni adalah bagian elemen terpenting mencapai “brand advocated” dan word of mouth suatu institusi. Simple-nya, jika alumninya berkompeten dan berkualitas secara linier kumulatif menjadi alat promosi sekolah dan berujung pada terciptanya brand image yang bagus.

5. People


Stemba Tema : web resmi Stemba

Filosofi Ki Hajar Dewantra“Ing Ngarso Sung Tolodho” adalah konsep penting membangun people yang berkompeten dalam sebuah institusi. Dengan pengajar yang bekualitas (bahkan ada yang memiliki pengalan pendidikan luar negeri) menjadi garansi bahwa sekolah ini memilki kemampuan "produksi" lulusan dengan kemampuan yang mumpuni. Jurusan yang “antimainstreem” menuntut tenaga pengajar juga memili kempuan khusus. Manajemen yang terstruktur rapi dan dukungan staff profesional adalah hal penting untuk menciptakan iklim edukasi yang kondusif, produktif dan berimbang antara skill, knowladge dan attitude.


Stemba Temanggung : credit IG : ary_hardiantiwijaya

6. Process


Stemba Temanggung, credit IG : azam.zamm

Ini adalah bagian terpenting menurut taupasar.com dari rangkaian bauran yang ada. Sangat menarik melihat sisi ini karena perpaduan antara proses akademik, ketrampilan, pembangunan karakter, organitational dan pengembangan bakat dapat dijumpai di dimensi tempat dan waktu yang sama. Mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan industri didukung intensitas praktek yang cukup adalah modal dasar mendapat lulusan yang kompeten . Dipadukan dengan kesempatan magang diberbagai perusahaan besar dapat melengkapi “senjata” mereka dalam mengahadarp war industry 4.0. Proses inilah yang nantinya akan membentuk “senjata perang” mereka.


Stemba Temanggung ,credit : IG : satualima44

Satu hal yang paling menarik lagi adalah soal pengembangan kreatifitas dan bakat. Dengan segala rutinitas akademik dan pengembangan keterampilan, STEMBATEMA masih memberi ruang cukup untuk para siswanya dalam berbagai aktifitas seperti organiasi OSIS, Pecinta Alam, Kegiatan Rohani, Pramuka, Tim Olah Raga, PBB, Karya Ilmiah, Klub Musik daan Tim P3K. Bersosial, organisasi, leadership dan manajemen, semua itu akan menjadi "armor" (penguat) yang melengkapi senjata yang telah mereka miliki. 

7. Physical Evidence


Stemba Temanggung , credit IG : ady_supriyono

7P terakhir adalah fasilitas. Gedung keren, ruangan belajar yang terstandar, perpusatakaan, tempat ibadah, laboratorium canggih, fasilitas ekstrakulikuler, lahan sekolah yang luas dan masih banyak fasilitas lain dikemas menarik dengan konsep ‘green campus” menjadikan sekolah ini memiliki tempat tersendiri bagi yang pernah berada disana. Semua itu sekaligus menjadi daya tarik lain sehingga tidak heran banyak orang yang tidak belajar disanapun penasaran melihat isi green campus ini.

Satu hal yang patut ditambahkan adalah penuturan dari salah satu rekan taupasar.com seorang lulusan UGM yang pernah berkunjung juga ke STEMBATEMA. Dia mengatakan “saya takjub, kok ada sekolah SMK yang mempunyai laboraorium pangan hampir sekomplit yang dimiliki UGM”. Anda bisa bayangkan UGM? Untuk yang belum pernah melihat atau memasuki sekolah ini bisa lihat melalui web resminya http://www.stembatema.sch.id. Mungkin bagi yang pernah sekolah disana bisa menambakan segala pengalaman yang kalian alami dikolom komentar. Jika perlu share-kan artikel dari taupasar.com ini sebagi referensi bagi perusahaan, calon siswa dan public agar lebih mengenal secara koperhensif sekolah ini. Terimakasih STEMBATEMA dan salam sukses.