-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Membangun Konten Marketing Berkualitas Untuk Meningkatkan SEO

- taupasar.comMembangun Konten Marketing Berkualitas Untuk Meningkatkan SEO 

Apa itu konten marketing?


Content marketing adalah usaha-usaha pemasaran yang dilakukan dengan cara menyediakan konten yang bermanfaat untuk orang lain dengan tujuan agar mereka mengenal bisnis/usaha kita. Menurut Markpluss inc. konten marketing didefinisikan dengan lebih detail sebagai sebuah informasi yang dibuat oleh marketer untuk menjawab keingintahuan customer terhadap seuatu produk atau jasa.

Membuat Konten Marketing yang Bagus
konten marketing - pixabay

Definisi Konten Marketing

Konten marketing merupakan strategi pemasaran dimana dapat merencanakan, membuat serta mendistribusikan konten yang dapat menarik audiens secara tepat sasaran sehingga dapat membuat mereka menjadi konsumen Anda. Konten marketing juga dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Dengan adanya konten marketing, Anda dapat memperoleh customer potensial yang sesuai, membangun hubungan dengan customer lama Anda serta dapat membuat orang lain yang belum mengetahui merek Anda menjadi tahu akan merek serta produk Anda.

Jenis - Jenis Konten Marketing dan Contohnya


Terdapat beberapa jenis dan bentuk konten marketing :

Foto di sosial media

Dengan adanya sosial media, Anda dapat menjangkau target audiens Anda secara lebih luas. Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram membantu bisnis Anda menjangkau konsumen baru dan membina hubungan dengan pelanggan. Konten dari postingan media sosial Anda memainkan peran penting dalam Bagaimana Anda menggunakan posting media sosial sebagai bagian dari strategi pemasaran konten Anda.

Pos media sosial dapat digunakan untuk membantu pelanggan baru menemukan produk Anda, mengingatkan konsumen pada penjualan dan promosi, dan memberikan prospek dan pelanggan dengan informasi tambahan tentang produk Anda.

Anda dapat menggunakan pos media sosial untuk memulai percakapan dengan konsumen dan melibatkan audiens target Anda. Pastikan Anda memiliki konten promosi dan informasi di seluruh saluran media sosial Anda semenarik mungkin sehingga konsumen Anda baik konsumen lama atau pun baru dapat tertarik melihat konten pos Anda di sosial media

Artikel di Blog

Kualitas sebuah situs web bukan hanya dilihat dari apa yang dijual atau diproduksi saja, tetapi juga apa “isi” dari situs web tersebut. Nah, “isi” ini bisa Anda penuhi melalui artikel-artikel yang ada di dalam blog situs web. Artikel blog ini tentunya akan memberi informasi yang lengkap, edukatif, dan menarik bagi pengunjung. Tidak hanya mengenai situs web Anda saja, artikel blog ini bisa juga digunakan untuk memperkenalkan berbagai produk yang ingin Anda pasarkan.

Infografis

Sebuah artikel yang informatif dan edukatif biasanya mengandung 500-1500 kata. Permasalahannya, tidak semua orang suka dan punya waktu untuk membaca. Maka, salah satu content marketing yang juga harus Anda kuasai adalah infografik. Infografik ini sifatnya harus sangat informatif, mudah dibaca, dan menarik. Infografik tidak hanya mengandung informasi yang singkat jelas dan padat, tetapi juga visual yang eye catching sehingga bisa enak dan mudah dilihat.

Video di YouTube

Jenis content marketing lain yang bisa jadi akan sangat menarik perhatian adalah sebuah video. Tidak perlu video yang dibuat dengan budget tinggi, Anda juga bisa kok membuat video dari alat-alat sederhana seperti kamera digital atau DSLR. Satu hal yang perlu diingat dalam membuat video marketing adalah, seberapa bagusnya gambar dan editing yang Anda buat, tidak akan ampuh kalau pembuatan naskahnya buruk. Sebab, ini bukan hanya masalah pengambilan gambar saja, tetapi juga bagaimana caranya Anda bisa menggiring penonton untuk mau membeli produk di situs web-mu.

Seperti contoh yang ada, konten marketing dari brand Apple yang hanya berdurasi 15 detik, dengan durasi sependek itu, setelah Anda menonton konten tersebut maka Anda dapat langsung mengerti maksud dan tujuan serta produk yang ingin disampaikan oleh brand Apple dengan produk iPad.



Membuat Konten Marketing Yang Bagus



Dengan paradigma dan penjelasan tentang konten marketing tersebut maka seharusnya saat membuat sebuah konten marketing kita berangkat dari pertanyaan "apa yang ingin customer ketahui?". Hal ini juga sekaligus menjadi dasar baru dimana selama ini seorang marketer memulai ide konten dari pertanyaan "apa yang ingin kita sampaikan ke customer?'

Baca juga : Bagiaman membangun konten yang berkualitas untuk Milenial dan Gen Z?

Sepintas dua pendekatan tadi mirip, namun jika dilihat dengan lebih spesifik maka keduanya bisa sangat signifikan berbeda. Sebagai contoh mudah untuk membedakannya, yaitu dengan menganalisa apa pernah kita melihat konten yang isinya tidak menjawab apa yang kita ingin ketahui? Misalnya ada iklan mobil yang fokus pada model terkenal padahal sebagian orang menunggu apa kelebihan mobil tersebut dibandingkan dengan mobil lain type sejenis.


Apa hubungan konten markering dengan SEO ?


Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam bisnis berbasis online atau digital, SEO menjadi suatu hal yang penting. Oleh sebab itu kita juga harus paham Apa itu SEO dan SEM dalam digital marketing. Lalu apakah konten itu mempengaruhi SEO?

Sederhananya seperti ini, jika konten yang kita buat berkualitas dan informatif, maka IA (robot Google) akan membacanya dengan lebih mudah. Jika saat dibaca atau di-index masuk dalam katagori unik dan koperhensif maka tidak sulit konten yang kita buat akan sering muncul dipencarian orang. Sebaliknya jika konten yang kita buat kurang berkualitas, maka potensi konten itu bisa diakses banyak orang juga akan sulit.

Tips membangun konten untuk meningkatkan SEO  


Dengan menyadari peranan penting konten dalam SEO, maka sudah pasti kita akan lebih "serius" dalam pengerjaan setiap konten bisnis kita. Berikut 5 hal yang bisa kita jadikan pedoman membangun konten yang baik:

1. Selalu utamakan kualitas konten

Tidak ada orang yang ingin membaca konten yang kualitasnya rendah, Google pun tidak akan mau menaruh konten yang kualitasnya rendah di posisi teratas. Jadi jangan membuat konten yang kualitasnya rendah, semakin banyak konten yang rendah kualitasnya di website kita maka semakin rendah kualitas website kita secara keseluruhan

2. Kuantitas konten tidak terlalu penting

Kuantitas hampir selalu berbanding terbalik dengan kualitas. Kecuali kita punya banyak penulis profesional. Semakin sering kita menerbitkan konten, semakin sulit mempertahankan kualitas. Pastikan apa yang dibahas dalam konten kita tidak sama dengan milik website lain, dan pastikan konten kita unik dan lebih koperhensif.

Baca juga : Bassic Skill untuk digital marketer

3. Google me-rangking halaman, bukan website

Apabila kita punya banyak halaman yang mengincar keyword tertentu maka artinya kita juga akan bersaing dengan diri sendiri. Tetapi umumnya Google hanya menampilkan 1 halaman dari 1 website. Jadi, lebih baik membuat 1 konten dengan kualitas setinggi mungkin daripada membuat 2 konten berbeda dengan topik yang sama persis

4. Konten berkualitas saja belum cukup

Google bisa menentukan apakah artikel relevan dengan apa yang diinginkan tapi mereka tidak bisa langsung membaca artikel untuk menentukan kualitasnya. Karena itu mereka membutuhkan faktor luar: Kepuasan pembaca

5. Penggunaan keyword

Keyword memegang peranan penting dalam SEO. Penggunaan kata kunci dalam artikel bisa merubah suatu konten menjadi pedang tumpul, pedang tajam, atau pedang bermata dua. Tidak untuk semua kata kunci pencarian Google akan me-rangking konten seperti artikel, video, atau foto. Ada pengecualian.

Demikian tadi tips sederhana untuk membangun konten berkualitas sehingga dapat meingkatkan SEO bisnis online kita. Jika ada pertanyaan, silahkan bisa dituliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Referensi : next gilionere
Editor : Sigit Ardho


Related Posts