taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Dan Rekomendasi Tempat Jual Beli Barang Antik di Medan

Tips Dan Rekomendasi Tempat Jual Beli Barang Antik di Medan

Kalau sudah mencintai sesuatu, kolektor tidak akan segan berburu sampai ke ujung dunia. Demikian juga dengan kolektor barang antik, sehingga tidak heran kalau di setiap kota mempunyai tempat jual beli barang antik termasuk di Medan.
Tempat Jual Beli Barang Antik
Termasuk salah satu kota dengan penduduk yang berasal dari berbagai suku di Indonesia dan sudah lama menjadi kota besar. Tidak heran kalau Medan menawarkan banyak peninggalan kuno yang unik dan estetik.

9 Tips Berburu Barang Antik di Medan

Apabila Anda berkunjung ke ibukota Sumatera Utara ini, maka tidak afdol rasanya kalau tidak mengunjungi beberapa tempat jual beli barang antik di Medan. Namun sebelum berkunjung perhatikan beberapa tipsnya berikut ini:

1. Menemukan Tempat yang Bagus

Apabila anda tinggal di perumahan yang baru, Anda dapat berkunjung ke sebuah daerah dengan daerah yang mempunyai rumah tua, pasar lelang, penjualan properti atau pasar loak. Disana Anda dapat menemukan benda-benda antik yang menarik.

Setelah itu sering-seringlah berkunjung ke tempat tersebut agar tidak ketinggalan jika ada barang yang baru. Biasanya beberapa toko barang antik juga seringkali menurunkan harga saat barang tidak laku dalam waktu yang cukup lama.

2. Mengetahui Lokasi Penempatan

Sebelum berangkat ke tempat jual beli barang antik di Medan, sebaiknya Anda mendapatkan terlebih dahulu tempat untuk meletakkannya nanti. Sehingga dapat mengukurnya dengan detail agar dapat diperoleh ukuran yang jelas. Hal ini penting agar Anda dapat memilih dekorasi barang antik yang ingin disesuaikan dengan tempat dan ruangan.

4. Memilih Bahan Furniture Antik

Apabila tujuannya memilih barang antik furniture, sebaiknya memilih yang berbentuk kotak seperti lemari, meja dsb. Hindari yang berlapis kain karena membutuhkan biaya perawatan dan perbaikan yang cukup mahal.

5. Pilih Furniture Bertulang Bagus

Ketika mencari furniture, alangkah baiknya kalau memilih yang mempunyai tulang bagus. Laci dapat dikeluarkan dengan mudah dan potongan berbingkai kokoh. Seringkali toko antik melapisi kembali potongan-potongan kain pelapis dengan kualitas yang signifikan dengan harga yang mahal.

6. Memilih Merek Tak Terkenal

Meskipun mendapatkan barang dengan merk terkenal merupakan hal yang baik, namun tidak ada salahnya mencoba yang tidak terkenal. Produsen berbeda pada era yang sama mungkin menawarkan harga yang lebih murah meskipun mempunyai kualitas yang sama.

7. Mencari Kualitas

Tidak semua furniture antik mempunyai kualitas yang baik. karena setiap zaman mempunyai furniture atau barang lain yang dibuat dengan kualitas baik dan buruk. Perhatikan merek-merek terbaik dari setiap zaman dan teliti dengan baik sebelum memutuskan membeli.

8. Menggunakan Cacat Untuk Menawar

Ketika menemukan goresan atau cacat sedikit yang masih dapat diperbaiki, gunakanlah sebagai keuntungan untuk menawarnya.  Sehingga selisih harganya dapat digunakan untuk membiayai perbaikan yang dibutuhkan.

9. Barang Antik Masih Berfungsi

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah barang antik tersebut haruslah masih berfungsi dengan baik sehingga tidak rugi saat sudah dirumah. Usahakan membeli barang antik yang yang mempunyai tujuan fungsional meskipun juga digunakan untuk mempercantik dekorasi rumah.

10. Atur Dokumen Untuk Barang Antik

Jangan sampai ketinggalan untuk membuat dokumen dari barang antik yang baru saja Anda beli. Karena hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui nilai dari karya tersebut. jaga selalu kualitasnya dengan merawatnya sesuai barang tersebut, sehingga nilainya tetap terjaga.

Demikianlah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat Anda berkunjung ke tempat jual beli barang antik di Medan. Memperhatikan detail yang terbaik akan menghindarkan Anda dari kerugian dalam membeli barang antik.

8 Rekomendasi Tempat Jual Beli Barang Antik Di Medan

Setelah mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan saat berkunjung ke tempat jual beli barang antik, maka sekarang saatnya explorer. Siapa tahu dengan kejelian dan keberuntungan Anda dapat menemukan harta karun yang tak ternilai harganya. Simak rekomendasi tempat jual beli barang antik di Medan berikut ini:

1. Toko Antik Jon Aidil

Tempat jual beli barang antik ini tidak memasang papan nama yang menjadi pengenal bagi para pengunjungnya. Terletak di emperan Jalan Sisingamangaraja Medan, Anda dapat mengenalinya dengan melihat beberapa jam dinding kuno yang tergantung di dinding atas pintunya.

Dari kejauhan, sekilas tempat ini terlihat seperti gudang barang-barang rongsok saja, namun jika sudah masuk ke dalam baru terlihat aslinya. Banyak sekali barang antik yang ditawarkan berjajar rapi di sana, maklum usaha yang dimiliki oleh Jon Aidil ini sudah turun temurun sehingga koleksinya sangat banyak.

Mulai dari jam dinding kuno, radio, lampu klasik, guci sampai dengan piringan hitam dan lukisan Nyi Roro Kidul siap untuk dipinang. Bahkan di tempat ini Anda akan menemukan barang yang umurnya baru puluhan sampai ratusan tahun sekalipun.

Menurut sang pemilik, barang itu dinilai antik jika sudah memasuki usia 300 sampai dengan 400 tahun. Sementara jika sudah lebih termasuk sebagai barang primitif, di tempat ini juga tersedia banyak barang yang sudah termasuk primitif tersebut.

Barang-barang primitif tersebut biasanya nilainya lebih mahal, bukan hanya puluhan bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.  Meskipun demikian menjualnya juga tidak mudah, harus mendapatkan pembeli yang tepat.

Jika Anda penggemar barang antik dan ingin berkunjung ke toko ini maka Anda dapat datang dari arah Simpang Jl.SM Raja dan Jalan Juanda, kemudian lanjut ke arah Masjid Raya Al Mashun atau Yuki Simpang raya. Perhatikan deretan toko toko yang terdapat di sebelah kiri sebelum sampai di Masjid Al Mashun.

Setelah menemukan toko berjendela kayu khas melayu tempo dulu dengan jam dinding kuno tergantung di atas tokonya, artinya sudah sampai. Disini siap-siap saja untuk menemukan benda antik mengejutkan untuk menambah koleksi.

2. Antik Store

Rekomendasi selanjutnya adalah Antik Store yang menawarkan banyak barang-barang jadul yang estetik seperti teko dan setrika jadul. Memberikan penawaran untuk melakukan pengiriman pada hari yang sama membuat pengunjung senang berbelanja di tempat jual beli barang antik di Medan ini.

Anda dapat berkunjung ke tempatnya langsung di Sei Putih Baru. Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Setiap hari buka mulai pukul 09.00, toko ini tutup pada pukul 18.00, dari senin sampai Minggu buka tidak pernah libur.

Anda juga dapat menghubungi Antik Store di nomor teleponnya di (061) 78667653 untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Sebelum datang dari jauh malah barang yang dicari tidak ada sehingga rugi waktu dan tenaga.

3. Jual dan Beli Barang Bekas Medan

Salah satu tempat jual beli barang antik di Medan yang tidak kalah recomended adalah di jalan Bunga Terompet No.14, Padang Bulan Selayang II, Kec. Medan Selayang. Melayani area Medan dan sekitarnya, toko barang antik ini menawarkan berbagai barang antik dari masa lalu.

Mulai buka pada pukul 09.00 toko ini tutup pada pukul 17.00 setiap hari Senin sampai dengan Sabtu dan tutup pada hari Minggu. Anda juga dapat menghubungi terlebih dulu untuk menanyakan informasi barang antik yang tersedia melalui nomor telepon di 0852-7514-1250.

4. Pasar Ular Medan

Tempat jual beli barang antik di Medan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pasar Ular. Bahkan dapat dikatakan, tempat ini adalah destinasi wajib untuk dikunjungi para pecinta barang antik saat berkunjung ke Medan.

Anda dapat mengunjungi pasar tradisional yang digelar di pinggir jalan di sepanjang Jalan Sutomo ini karena menawarkan banyak barang kuno dengan harga terjangkau. Lokasi tempat ini berada dekat dengan pasar Sambu yang juga sangat populer.

Sudah mulai beroperasi pada tahun 1990-an asar ini langsung diminati banyak penggemar barang antik dan eksis sampai sekarang. Anda dapat menemukan berbagai barang antik seperti kalkulator, komputer jadul, radio, televisi, video player, ponsel dan lain sebagainya.

Trik berbelanja di pasar ini hanyalah harus berhati-hati saat membeli barang antik, cermati kualitas barangnya agar tidak tertipu barang rusak. Selain itu Anda juga harus jago menawar agar mendapatkan barang dengan harga yang murah.

5. Cendana Antique Gallery

Toko yang memberikan fasilitas pengiriman di hari yang sama ini menawarkan banyak barang antik yang lengkap. Termasuk koin-koin kuno, telepon jadul, keramik, pajangan dan tempat buah dari tembaga atau kuningan yang sangat klasik.

Toko ini disukai pengunjung karena pelayanannya yang ramah dan informatif mengenai barang yang dijualnya. Selain barang di atas, juga terdapat banyak sekali furniture jadul yang sangat estetik untuk dekorasi ruangan.

Anda dapat datang langsung ke alamatnya di jalan Gatot Subroto No.154, Sei Putih Baru. Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Toko ini mulai melayani pengunjung dari hari Senin sampai dengan Minggu tanpa libur. Mulai dari jam 08.00 sampai dengan tutup pada jam 18.00 Anda juga dapat menghubunginya terlebih dahulu di nomor telepon 0812-6550-999.

6. Djadoel Antik

Anda juga dapat datang ke toko Djadoel Antik yang menawarkan berbagai macam barang antik yang cocok untuk dijadikan pajangan rumah. Toko yang dapat dihubungi di nomor telepon 0812-6034-5478 ini beralamat di jalan Wijaya Kusuma No.156, Helvetia Tengah, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan.

7. Putra Art Gallery

Toko ini tidak hanya menawarkan berbagai macam barang antik untuk pajangan saja, namun juga berbagai macam karya seni jadul. Anda dapat datang ke alamatnya di jalan Matahari Raya Perumnas No.3, Helvetia Tengah, Kec. Medan Helvetia.

Anda dapat mengunjungi toko ini mulai dari buka pada hari Senin sampai dengan Minggu pada jam 08.00 sampai dengan jam 18.00. Anda juga dapat menghubunginya terlebih dahulu di nomor telepon 0813-6642-4751 untuk melakukan konfirmasi.

8. Metropolis Collection

Jika ingin mencari barang antik di Metropolis Collection, Anda tidak perlu datang pagi-pagi sekali. Karena tempat yang menawarkan banyak barang jadul dengan kualitas yang cukup baik ini mulai buka pada pukul 13.00 sampai tutup.

Toko yang cukup populer di Medan ini dapat dihubungi melalui nomor telepon di 0853-7276-9857. Jika ingin berkunjung secara langsung, maka Anda dapat datang ke alamatnya langsung di jalan Kapten Maulana Lubis No.8, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan.

Simak informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Demikianlah beberapa tempat jual beli barang antik di kota Medan yang recomended untuk Anda kunjungi. Jangan lupa menerapkan tips-tips yang diberikan diatas agar dapat menghemat budget dan mendapatkan barang antik yang berkualitas.
Related Posts